Jenis Kawat Las Listrik Dan Fungsinya

Posted on

Jenis Kawat Las Listrik Dan Fungsinya – Elektroda atau yang biasa disebut dengan kawat las merupakan suatu material yang biasa digunakan untuk melakukan pengelasan listrik dan berfungsi sebagai pembakar yang dapat menimbulkan busur menyala.



Material yang satu ini memiliki jenis yang sangat beragam, yang bisa dipilih sesuai dengan bahan yang ingin dilas. Karena menjadi bagian yang memiliki peran penting dalam proses pengelasan, maka Anda harus mengetahui fugsi dari setiap jenis elektroda ini. Elektroda pada umumnya dibagi menjadi dua macam, yaitu elektroda polos dan elektroda berselaput.

Baca juga: Cara Membuat Rak Dinding Melayang

Elektroda Berselaput

Elektroda berselaput yang digunakan pada las busur listrik memiliki perbedaan komposisi selaput ataupun kawat inti. Pelapisan fluksi pada kawat inti bisa dicegah dengan cara destrusi, semprot atau celup.

Ukuran Standar

Ukuran standar diameter yang dimiliki kawat inti adalah mulai dari 1,5 mm sampai dengan 7 mm. Sedangkan untuk ukuran panjangnya adalah sekitar 350 sampai 450 mm. Beberapa jenis selaput fluksi pada elektroda seperti selulosa, kalsium karbona (Ca C03), titanium dioksida (rutil), kaolin, kalium oksida mangan, oksida besi, serbuk besi, besi silikon, besi mangan dan lain sebagainya yang memiliki persentasi berbeda-beda untuk setiap jenis elektroda.



Tebal

Tebal yang dimiliki oleh selaput elektroda adalah sekitar 70% sampai dengan 50% dari diameter elektroda yang tergantung dari jenis selaput. Saat melakukan pengelasan, selaput elektroda akan ikut mencair sehingga menghasilkan gas CO2 yang bisa melindungi cairan las, busur listrik, dan sebagian benda kerja terhadap udara luar.

Udara luar yang memiliki kandungan O2 dan N bisa mempengaruhi sifat mekanik dari logam las. Cairan selaput yang disebut dengan terak akan mengapung serta membeku melapisi bagian permukaan las yang masih panas. Perlu diketahui bahwa kawat las atau elektroda ini mempunyai kode spesifikasi yang bisa dilihat pada kardus pembungkusnya.

Batang las merupakan potongan kawat yang terhubung ke mesin las. Arus akan diumpankan melalui kawat sehingga bisa menyatukan dua keping logam dengan cukup kuat. 



Baca juga: Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Paling Efektif

Spesifikasi Kawat Las Terbungkus untuk Mild Steel Tertulis dalam AWS A5.1

Sesuai dengan peraturan AWS (America Welding Society), spesifikasi kawat las terbungkus untuk Mild Steel sudah tercantum dalam AWS A5.1. Untuk dua digit yang pertama menunjukkan mengenai kekuatan tariknya dalam Ksi (kilo-pound-square-inch).

  • E6010 = kekuatan tariknya sebesar 60 ksi atau 6000 psi.
  • E7018 = kekuatan tariknya sebesar 70 ksi atau 7000 psi.

Digit yang ketiga merupakan posisi pengelasan

  • Exx1x – Untuk seluruh posisi baik itu posisi flat, horisontal, vertikal ataupun overhead.
  • Exx2x – Hanya untuk posisi yang tertentu seperti flat dan horizontal.
  • Exx3x – Khusus untuk posisi flat.

Untuk elektroda yang memiliki lima digit angka maka tiga angka yang pertama adalah kekuatan tarik.

  • E11010 = kekuatan tariknya sebesar 110 ksi atau 11000 psi

Contohnya adalah E6010

Keterangan:

  • E adalah Elektroda
  • 60 adalah Kekuatan tarik
  • 1 adalah Posisi pengelasan
  • 0 adalah Tipe coatig dan arus

Spesifikasi Kawat K Las Terbungkus untuk Low K Steel Tertulis dalam AWS A5.5

Pada empat digit yang pertama untuk membacanya sama dengan kode untuk mild steel yang diikuti dengan garis (dash) dan huruf serta agka yang merupakan unsur paduan.



  • A ditambahkan dengan unsur carbon molybdenum
  • B ditambahkan dengan unsur kromium molybdenum
  • C ditambahkan dengan unsur nikel steel
  • D ditambahkan dengan unsur manganese molybdenum molybdenum
  • G adalah kode tambahan khusus untuk pemakaian secara general bagi material yang masil belum terindentifikasi.

R akhir kode digunakan untuk mengindentifikasikan masalah ketahanan terhadap serapan uap-uap atau moisture pickup (80% humidity, , 80 °F, 9 jam). Supaya lebih jelas, silahkan perhatikan contoh berikut ini:

  • Kode Kawat Las: E7018-H8R

E7018-H8R disini berarti bahwa kekuatan yang dimiliki adalah sebesar 70 ksi, memiliki kandungan “iron powder iron oxide iron powder iron oxide”, memiliki kandungan sedikit hidrogen atau low hydrogen, ketahanan terhadap uap air dan untuk digunakan dalam pengelasan pengelasan mild steel.

  • Kode Kawat Las: E8018-B2H4R

E8018-B2H4R disini berarti bahwa kekuatannya adalah sebesar 80 ksi, memiliki kandungan iron powder irone oxideyang dipaduk dengan chrome moly dan low hydrogen, ketahanan terhadap uap air dan digunakan untuk mengelas paduan baja chrome moly.

Baca juga: Harga Pagar Besi Hollow Minimalis

Spesifikasi Kawat Las Terbungkus untuk Stainless Steel Tercantum dalam AWS A5.4

Tiga digit yang pertama merupakan nomor tipe AISI dari stainless steel yang diikuti dengan garis serta 2 angka.

  • Angka 15 = lapisannnya memiliki kandungan CaO, TiO2 & arusnya DCRP.
  • Angka 16 = lapisannya memiliki kandungan TiO & K2O & arusnya DCRP atau AC.
  • Angka 17 = lapisannya memiliki kandungan CaO, TiO K2O SiO O SiO2 & arusnya DCRP atau AC. Bead lasnya halus dan pelepasan slagnya cukup mudah.

Contoh: Kode kawat las: Elektrod E 308L-16.

Eelektroda Baja Lunak

Elektroda baja lunak ini memiliki banyak jenis yang dimana perbedaannya hanya terletak pada jenis selaputnya saja. Sedangkan untuk kawat intinya sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *