Harga Kalsiboard Untuk Lantai, Kalsifloor


Harga Kalsiboard Untuk Lantai –  Kalsifloor merupakan salah satu material bangunan yang memiliki bentuk seperti papan kuat. Bahan bangunan yang satu ini terbuat dari campuran pasir silika, semen, dan serat selulosa. Semua campuran tersebut diproses secara bersamaan yang kemudian dikeringkan dalam suhu dan tekanan yang sangat tinggi (autoclaving).



Perlu diketahui bahwa pemakaian kalsiboard ternyata tidak hanya untuk plafon ataupun dinding saja. Sekarang ini sudah tersedia kalsiboard untuk lantai atau yang biasa disebut dengan Kalsifloor. Kalsiboard yang digunakan untuk lantai (kalsifloor) ini sudah pasti berbeda dengan kalsiboard untuk plafon ataupun dinding.

Kekuatan yang dimiliki kalsiboard untuk lantai jauh lebih baik karena memang harus mampu untuk menahan beban yang sangat berat. Maka tak heran, jika harganya dipasaran juga jauh lebih mahal.

Baca juga: Harga Kalsiboard (Untuk Dinding)

Mengenal Kalsifloor

Klasifloor merupakan sebuah papan fiber semen yang biasa digunakan sebagai penutup lantai. Papan ini memiliki ukuran ketebalan 20 mm dan sering diaplikasikan pada bangunan rumah, apartemen,  gedung sekolah, gedung, ataupun bentuk bangunan yang lainnya.



Material ini umumnya digunakan sebagai penutup lantai bangunan yang mempunyai beban besar. Selain itu, bisa juga diaplikasikan untuk mezzanine ataupun ruangan tambahan sehingga proses pembangunan akan menjadi lebih cepat.

Bahkan juga diaplikasikan untuk bagian alas dari lantai parket, keramik ataupun vinyl agar terhindar dari gesekan. Kalsifloor di pasaran dijual dengan ukuran lembaran sehingga akan memudahkan konsumen untuk menghitung kebutuhan sesuai dengan luasan lantai.

Kelebihan dan Kekurangan Kalsifloor

Kelebihan Klasifloor

Selain memiliki kelebihan utama yang dapat menahan beban berat, kalsifloor masih memiliki banyak sekali kelebihan lain, diantaranya:

  • Kalsifloor memiliki berat yang terbilang ringan dan sangat fleksibel.
  • Proses pemasangan yang cepat dan mudah untuk dilakukan.
  • Kalsifloor mampu menopang beban hingga mencapai 800 kg.
  • Berat total struktur bangunan akan menjadi lebih ringan. Namun meski demikian tetap tahan terhadap guncangan ataupun gempa.
  • Cukup bersih dan dipastikan tidak akan mengotori lingkungan.
  • Produk kalsifloor 100% bebas material asbes.
  • Memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap air.
  • Proses finishing bisa disesuaikan dengan berbagai macam jenis model.
  • Bagian permukaan kalsifloor sangathalus dan rata.
  • Tahan terhadap serangan rayap.
  • Mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap api.
  • Tahan terhadap perubahan segala macam cuaca.
  • Kedap suara.

Kelemahan Kalsifloor

Meskipun menawarkan banyak kelebihan, kalsifloor juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut ini adalah beberapa kelemahan kalsifloor yang perlu Anda ketahui:



  • Proses pemasangan material kalsifloor hanya bisa dilakukan oleh tukang khusus atau sudah berpengalaman.
  • Dalam proses pemasangannya, akan dibutuhkan rangka bahwa sebagai penopang dan sekrup (kalsiscrew FL) yang nantinya memiliki fungsi sebagai penguat atau penguncinya.
  • Memiliki harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan produk kalsiboard yang lainnya.

Harga Borongan Pasang Kalsifloor Per Meter

Harga borongan pasang kalsifloor pada bangunan bertingkat di setiap daerah sudah pasti tidak sama. Perbedaan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti kondisi lantai pekerjaan, tingkat kesulitan dalam pemasangan dan risiko pemasangan material kalsifloor. Disamping itu, para kontraktor atau pemborong seringkali menawarkan jasa pemasangan kalsifloor lengkap beserta bahan material pemasangannya.

Para pekerja borongan biasanya akan mematok tarif atau harga jasa pasang kalsifloor ukuran 2.400 mm x 1.200 mm x 20 mm sebesar Rp 650.000 untuk per meter perseginya. Harga borongan kalsifloor ini sudah termasuk ongkos tukang, material kalsifloor, besi CNP, besi WF dan juga sekrup sebagai penguncinya. Jadi bisa dikatakan bahwa jumlah tarif tersebut sudah meliputi semua kebutuhan materialnya.

Cara Menghitung Biaya Pasang Kalsifloor

Saat menghitung biaya pasang kalsifloor, Anda harus mengetahui volume atau luas bidang pekerjaan lantainya terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan mengenai perhitungannya berikut ini.

Volume Pekerjaan Lantai

Langkah yang pertama Anda harus menghitung luas atau volume bidang pekerjaan lantai yang ingin dipasangi kalsifloor. Sebagai contoh, jika Anda ingin memasang kalsifloor yang memiliki ukuran standard 2.400 mm x 1.200 mm x 20 mm pada sebuah ruangan sepanjang 12 meter dengan lebar 5 meter, maka cara perhitungannya adalah sebagai berikut ini:



Diketahui :

  • Panjang ruangan : 12 meter.
  • Lebar ruangan : 5 meter.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan lantai : Panjang x Lebar.
  • Volume pekerjaan lantai : 12 m x 5 m = 60 m2.

Biaya Pemasangan Kalsifloor

Langkah berikutnya adalah menghitung biaya pemasangan kalsifloor dengan ukuran 2.400 mm x 12.00 mm x 20 mm pada sebuah ruangan yang memiliki luas 60 meter persegi menggunakan pekerja borongan. Adapun caranya adalah dengan mengkalikan volume pekerjaan lantai dengan harga borongan pasang kalsifloor untuk per meter persegi.

  • Biaya pemasangan lantai : Volume pekerjaan x Harga borongan.
  • Biaya pemasangan lantai : 60 m2 x Rp 650.000 = Rp 39.000.000.

Jadi, jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk memasang kalsifloor 2.400 mm x 1.200 mm x 20 mm pada sebuah ruangan dengan ukuran 12 m x 5 m menggunakan pekerja borongan adalah sebesar Rp 39.000.000. Jumlah tersebut sudah mencakup upah pekerja borongan, pembelian bahan kalsifloor, besi WF, besi CNP dan sekrup.

Tabel Rangka Kalsifloor

Saat melakukan pemasangan maka akan dibutuhkan tabel rangka yang bisa disesuaikan dengan bangunannya. Adapun jarak rangka yang paling umum dijadikan sebagai patokan untuk melakukan pemasangan adalah 120 cm x 60 cm.



Leave a Comment