Harga Dan Cara Pasang Kalsiclad


Harga Dan Cara Pasang Kalsiclad – Jika Anda ingin mendirikan sebuah bangunan, tentunya harus mempertimbangkan masalah desain interior ataupun eksterior. Namun kebanyakan orang pada umumnya lebih mengutamakan penataaan ruang interior dibandingkan eksterior. Padahal, bagian luar bangunan juga penting untuk diperhatikan.



Desain interior bangunan harus bisa mengepresikan sifat bangunan yang terkait, sedangkan untuk desain eksterior akan semakin mempertegas ekspresi yang ingin disampaikan oleh bangunan tersebut dan bisa membuat tampilan luar bangunan menjadi semakin menarik.

Maka dari itu, Kalsi sekarang ini sudah menawarkan Klasiclad yang merupakan sebuah papan fiber yang cocok untuk dipasang pada dinding luar bangunan supaya terlihat eye-catching.

Baca juga: Harga ACP Seven

Varian dan Ukuran Kalsiclad

Perlu diketahui bahwa kalsiclad tersedia dalam dua varian, yaitu kalsiclad 10 dan kalsiclad 12. Kedua varian tersebut tentu memiliki banyak perbedaan dengan ukuran yang berbeda juga. Sebelum membahas lebih jauh, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai kedua varian kalsiclad tersebut. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Kalsiclad 10



Kalsiclad merupakan sebuah papan fiber semen dengan ukuran ketebalan 100 mm yang memiliki fungsi untuk menutup dinding bagian luar. Produk ini didesain secara khusus untuk mendukung bangunan yang menerapkan sistem konstruksi ringan yang sangat fleksibel dan modern pada bagian fasad atau dinding luarnya. Dalam hal ini, kalsiclad bisa dijadikan sebagai salah satu solusi terbaik.

Pemasangan kalsiclad 10 harus pada rangka baja yang sesuai (dengan dimensi, desain, ketebalan, dan jarak yang sudah ditentukan). Disamping itu, juga diharuskan untuk memperhitungkan masalah parameter seperti beban mati, beban angin, tinggi gedung, dan juga tingkat resiko gempa.

Apabila papan dinding dipasang di bagian luar, maka sambungan harus dibiarkan secara terbuka (visible joint) atau tertutup (flush joint) dengan menggunakan sealant khusus sebagai penahan perubahan segala macam cuaca dan pergerakan kelembaban. Sangat disarankan  untuk menggunakan sealant polyurethane yang sudah dilengkapi dengan perlindungan terhadap sinar UV dan sealant yang bisa dicat. Adapun ukuran standar kalsiclad 10 adalah sebagai berikut:

TEBAL LEBAR PANJANG BERAT
10 1220 2440 43.46
10 1200 2400 42.05
10 1200 2700 47.30
10 1200 3000 52.60

Kalsiclad 12



Kalsiclad 12 merupakan papan fiber semen dengan ukuran ketebalan 12 mm. Varian ini juga sangat cocok untuk diaplikasikan sebagai papan dinding luar. Namun berbeda dengan varian 10 mm, kalsiclad 12 mm jauh lebih tebal sehingga memiliki daya tahan yang lebih kuat dan tahan terhadap benturan.

Kalsiclad 12 seharusnya dipasang pada rangka baja yang sesuai (desain, dimensi, ketebalan, dan jarak yang direkomendasikan). Untuk parameter seperti beban angin, beban mati, tinggi gedung dan tingkat resiko harus diperhitungkan sebaik mungkin. Ketika memasang papan fiber papan dinding luar, sambungan harus dibiarkan terbuka (visible joint) atau tertutup (flush joint) yang juga harus menggunakan sealant khusus yang dapat menahan perubahan cuaca dan pergerakan kelembaban. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan sealant polyurethane yang memiliki perlindungan terhadap sinar UV dan sealant yang bisa dicat. Berikut ini adalah ukuran standar lalsiclad 12:

TEBAL LEBAR PANJANG BERAT
12 1220 2440 52.15
12 1200 2400 50.46
12 1200 2700 56.80
12 1200 3000 63.10

Aplikasi Papan Kalsiclad

Kreatifitas Tanpa Batas untuk Fasad Bangunan

Area fasad dalam suatu bangunan memang harus didesain semenarik mungkin agar menjadi daya tarik yang utama. Agar desain fasad memiliki daya tarik menarik maka dibutuhkan desain yang unik dan berbeda. Seperti pada proyek hotel berikut ini, yang dimana papan kalsiclad sudah didesain khusus hingga membentuk pattern ukiran khas pulau dewata yang sangat unik.

Karena keunggulannya, tak heran jika jenis desain ukuran seperti ini nantinya dapat diakomodasi dengan sempurna. Semua ini dapat terjadi karena kalsiclad termasuk dalam jenis papan medium density yang sangat kuat dan fleksibel. Hal ini  tidak berlaku pada papan yang memiliki kandungan asbes yang sudah pasti bisa pecah karena bersifat getas.

Selain mengaplikasikan fasad yang rata dan monoton, Anda juga bisa menambahkan garis-garis diagonal yang acak dengan papan fiber semen ini. Sehingga bisa memberikan nilai estetika lebih pada bangunan Anda. Apalagi papan kalsiclad juga memiliki kelebihan yang mampu tahan lama dan minim perawatan. Proses finishing akhir pengecetannya juga terbilang sangat mudah, dan bisa diaplikasikan dengan cat tahan cuaca dengan berbagai macam warna yang bisa dipilih sesuai selera. Anda bisa mewujudkan semua ini dengan papan kalsiclad 10 atau kalsiclad 12.



Untuk Merubah Tampilan Fasad Bangunan

Tampilan fasad bangunan menjadi daya tarik yang paling utama dari suatu bangunan, terutama pada bangunan komersial seperti gedung kantor, mall, bangunan pendidikan, ruko, dan lain sebagainya. Belakangan ini, fasad bangunan yang modern minimalis sedang menjadi trend. Untuk mendukung konsep tersebut maka dibutuhkan material yang tepat, aman, kuat, ramah lingkungan, dan pastinya mudah diaplikasikan.

Dalam hal ini, material yang aman untuk fasad berarti tidak menimbulkan dampak bahaya nantinya. Seperti misalnya jika terjadi kebakaran maka tidak akan mudah kolaps terbakar ataupun membahayakan orang yang ada di sekitarnya. Kuat berarti bahwa material tersebut harus mampu menahan kuat angin saat diaplikasikan di ketinggian. Ramah lingkungan berarti material tersebut harus sudah memenuhi standar tinggi spesifikasi bangunan hijau. Sedangkan mudah diaplikasikan berarti bahan bangunan tersebut harus mempunyai desain modular yang cukup mudah untuk dibentuk ataupun dipasang dengan mengikuti desain.



Leave a Comment