Harga Kalsideck Dan Cara Memasangnya


Cara Pasang Kalsideck – Jika membahas mengenai material bangunan, salah satu jenis material yang tak pernah lekang oleh zaman adalah kayu. Material ini bisa digunakan di dalam ruangan (indoor) dan luar ruangan (outdoor).  Sekarang ini sudah banyak sekali jenis material kayu yang bisa dipilih untuk bangunan, salah satunya adalah dek.



Dek sendiri bisa dipasang di teras, sekitar kolam renang, ataupun di sekitaran bangunan rumah utama. Dengan menggunakan kayu sebagai dek maka dapat menampilkan kesan yang beragam, tergantung dari selera Anda sendiri apakah natural, minimalis, ataukah simple. Bahkan kesan mewah sekalipun juga bisa ditampilkan.

Hal penting yang harus diperhatikan dalam pengaplikasian dek adalah perawatannya. Dek yang dipasang di luar ruangan (outdoor) tentu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung, bahkan juga rentan terpaan udara dan air. Jika dibiarkan begitu saja dan tidak dilakukan perawatan dengan tepat maka secara perlahan tampilan dek akan menjadi kusam dan memudar.

Dek yang dibuat dari bahan kayu memang membutuhkan lapisan (coating) tersendiri untuk membuatnya kuat dan memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap air. Sebagaimana kuatnya kayu, jika terkena air ataupun diserang rayap maka akan menjadi rusak.

Maka dari itu, penting sekali untuk melapisi dek dengan coating dan finishing yang sesuai. Perawatan lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pemolesan (polish) secara rutin selama satu tahun sekali. Tujuannya tak lain untuk menjaga kilap, kebersihan, dan membuat material dek tahan terhadap goresan.



Namun hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan produk material kayu terbaik dari KALSI, yaitu kalsideck. Kalsideck bisa dijadikan sebagai pengganti kayu untuk dek lantai yang menawarkan lebih banyak keunggulan. Dengan menggunakan kalsideck maka Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah perawatannya. Produk ini tahan terhadap air, kelembaban, dan juga terik matahari diluar ruang.

Kalsideck merupakan produk dari PT Etex Building Performance Indonesia yang memiliki harga bervariasi tergantung dari variannya. Produk ini tersedia dalam dua macam varian yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan atau keinginan, yaitu kalsideck 20 meranti dan kalsideck 20 meranti VL. Masing-masing varian tersebut sudah pasti memiliki perbedaan tersendiri. Berikut ini adalah sedikit pembahasan mengenai kedua varian tersebut.

Baca juga: Harga Kalsiplank Per Lembar

Varian Kalsideck

Kalsideck 20 Meranti



Kalsideck 20 meranti merupakan sebuah papan fiber semen pengganti kayu dek lantai yang memiliki ukuran ketebalan 20 mm. Tekstur kayu meranti ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada interior dan eksterior rumah, apartemen, dan bangunan-bangunan umum.

Pengaplikasian kalsideck 20 meranti dilakukan dengan memasang sekrup kalsiscrew FL pada rangka baja (desain yang harus sesuai dengan beban hidup dan parameter yang lainnya). Kelebihan yang ditawarkan oleh kalsideck 20 meranti adalah kuat, handal, besih, fleksibel, 100% bebas asbes dan sistem pemasangan yang mudah untuk dilakukan.

Kalsideck 20 Meranti VL

Kalsideck 20 meranti VL merupakan papan pengganti kayu dek lantai dengan ukuran ketebalan 20 mm bertekstur kayu meranti yang juga cocok untuk aplikasi interior ataupun eksterior pada rumah, aparteman, dan bangunan-bangunan umum. Berbeda dengan varian sebelumnya, kalsideck 20 meranti VL ini sudah dilengkapi dengan sebuah fitur khusus, yaitu profil V-Line (garis tali air memanjang) yang bisa menambah kesan artistik.

Varian kalsideck yang satu ini  juga bisa diaplikasikan dengan cara memasang sekrup kalsiscrew FL pada rangka baja (desain yang disesuaikan dengan beban hidup dan parameter yang lainnya. Untuk penyelesaian akhir usahakan menggunakan produk yang sesuai (contoh: cat dari bahan dasar air atau minyak yang digunakan khusus untuk penggunaan eksterior).

Kalsideck 20 meranti VL ini juga memiliki beberapa kelebihan, yaitu kuat, handal, bersih, fleksibel, 100% bebas asbes, dan sistem pemasangannya yang sangat mudah dilakukan. Selain itu, kalsideck 20 meranti VL ini juga mempunyai daya tahan terhadap benturan, anti air, dan tahan terhadap serangan raya sehingga dipastikan akan selalu awet.



Ukuran Standar Kalsideck

Kalsideck memiliki beberapa ukuran yang bisa dipilih bebas sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah ukuran standar kalsideck yang paling umum digunakan:

Produk Tebal (mm) Lebar(mm) Panjang (mm) Berat (kg)
KalsiDeck 20 Meranti 20 200 2440 14.50
KalsiDeck 20 Meranti Vline 20 200 2400 14.50

Pemasangan Kalsideck

  1. Petakan terlebih dahulu area yang akan dipasang kalsideck
  2. Untuk area outdoor, gali tanah sesuai ukuran yang akan digunakan untuk dipasang rangka kalsideck
  3. Lapisi tanah dengan batu kerikil atau pasir agar air tidak tergenang
  4. Lanjut dengan memasang kalsideck secara langsung
  5. Rapikan dimensi papan kalsideck dan lakukan penyekrupan dengan dilakukan marking terlebih dahulu agar pemasangan sekrup lurus dan rapi
  6. Deskripsi atau penjelasan lebih lengkap seperti jarak antar kalsideck, jarak dengan tembok, jarak maksimal overstek ada di video.

Harga Kalsideck

Jika Anda sekarang ini sedang membangun rumah ataupun merenovasi rumah, maka penggunaan produk kalsideck untuk keperluan interior ataupun eksterior merupakan pilihan yang tepat. Dengan beragam produk kalsideck Anda bisa mendapatkan tampilan motif interior yang sama seperti kayu jati ataupun kayu meranti dengan harga yang lebih terjangkau.



Leave a Comment