Desain Kanopi Dari Kayu Model Minimalis


Desain Kanopi Dari Kayu – Kanopi merupakan aksesori dari rumah dalam bentuk struktur yang dimana fungsinya hampir sama dengan genteng. Biasanya kanopi menempel pada dinding kemudian di sisi yang lainnya diberi penyangga. Selain itu, kanopi juga dapat menggantung di bagian teras rumah yang tidak mempunyai atap permanen.



kanopi kayu

Kanopi sendiri terbagi menjadi dua macam jenis. Jenis pertama memiliki ukuran yang cukup lebar dan luas. Kanopi ini biasanya dipasang di depan bangunan yang juga besar. Selanjutnya ada kanopi model minimalis yang memiliki ukuran lebih kecil meskipu  secara fungsi ataupun kerangka tida memiliki perbedaan yang signifikan.

Selain itu, jenis kanopi juga dibedakan menurut bahan dasar yang digunakan dalam pembuatannya. Ada kanopi besi baja, kanopi kain, kanopi polycarbonate, kanopi UPVC dan kanopi kayu. Dari beberapa jenis kanopi tersebut, yang paling banyak dipilih adalah kanopi kayu. Hal ini tak lain karena kanopi tersebut memiliki banyak sekali kelebihan jika dibandingkan dengan jenis kanopi yang lainnya.

Baca juga: Model Kanopi Kaca Minimalis

Fungsi Kanopi Kayu

Kanopi kayu memang memiliki banyak kelebihan, namun sebelum membahas kelebihannya kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai fungsi kanopi kayu, yaitu:

Fungsi kanopi kayu



  1. Sebagai Pelindung

Kanopi kayu memiliki fungsi utama sebagai pelindung teras ataupun halaman rumah dan garasi luar dari panas matahari secara langsung ataupun dari siraman air hujan. Selain itu, kanopi rumah juga dapat melindungi dari benda-benda yang bisa saja jatuh dari ketinggian rumah, maupun dari daun-daun tua dan juga tangkai yang sudah jatuh berjatuhan karena tertiup angin. Dengan demikian maka halaman rumah dan garasi akan selalu terjaga kebersihan dan keamanannya.

  1. Menciptakan Suhu Udara dan Suasana yang Lebih Teduh

Selain sebagai pelindung, kanopi rumah juga berfungsi untuk menyaring dan juga menyerap panas dari cahaya matahari secara langsung. Sehingga cahaya silau ataupun panas yang akan masuk ke halaman rumah bisa difilter terlebih dahulu oleh kanopi. Apalagi jika kanopi rumah didesain sedemikian rupa hingga seperti atap yang dapat menutupi rumah dengan baik maka dapat dipastikan udara akan terasa lebih sejuk dan tidak akan panas saat siang hari.

  1. Dapat Mempercantik Tampilan Luar Rumah

Anda bisa membuat teras dan halaman rumah Anda terlihat lebih menarik dan terlindung karena adanya rangka kanopi minimalis yang sudah didesain dengan sebaik mungkin sesuai dengan fasad rumah Anda. Dengan demikian maka tampilan rumah Anda akan nampak lebih elegan, lebih indah, dan pastinya jauh berbeda dengan rumah tanpa penggunaan kanopi.

  1. Sebagai Pelengkap Desain Eksterior

Jika Anda merasa kurang puas dengan bangunan luar di rumah Anda atau Anda ingin mempunyai desain eksterior rumah yang lebih unik maka dengan menggunakan rangka kanopi seunik mungkin merupakan pilihan yang tepat. Dengan memasang kanopi maka desain eksterior rumah minimalis Anda akan terasa lebih lengkap dan modern.



Kelebihan Kanopi Kayu

Kelebihan Kanopi Kayu

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan kanopi kayu:

  • Proses pemasangan kanopi kayu tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama dan mudah dalam proses pemasangannya jika dibandingkan dengan lainnya seperti kanopi galvalum.
  • Secara harga, kanopi kayu jauh lebih murah dengan kualitas yang tak kalah baiknya.
  • Penggunaanya fleksibel, bahan dari kayu memang terkenal sangat mudah untuk dibentuk sehingga Anda bisa mendesain sendiri seperti apakah kanopi yang Anda inginkan.
  • Memberikan kesan alami, penggunaan kanopi kayu dapat memberikan kesan alami pada desain rumah. Sehinga Anda akan merasa lebih nyaman saat melihatnya.

Kekurangan Kanopi Kayu

Kekurangan Kanopi Kayu

Selain mempunyai banyak kelebihan diatas, ternyata kanopi kayu juga memiliki kekurangan. Adapn kekurangan kanopi kayu adalah sebagai berikut:

  • Mudah terbakar, kayu merupakan bahan yang mudah sekali terbakar oleh api. Hal ini tentunya bisa berbahaya saat api sudah berkobar dan melahap kanopi rumah Anda dari bahan kayu. Secara otomatis akan sangat sulit sekali dipadamkan.
  • Mudah dimakan rayap, kanopi kayu juga rentan dimakan oleh rayap. Jika sudah dimakan oleh rayap maka kayu pada kanopi tersebut akan melapuk dan nantinya akan mudah sekali rusak.
  • Mengembang dan menyusut, pada dasarnya bahan kayu memang mudah sekali mengembang ketika banyak mengandung air dan bisa menyusuk jika sudah kering. Hal ini nantinya akan membuat sambungan antar kayu pada kanopi menjadi renggang dan tidak kuat.

Inspirasi Desain Kanopi Kayu Minimalis

Bagi Anda yang sedang mencari referensi kanopi kayu untu dipasang di rumah, mari simak inspirasi gambar desain kanopi kayu berikut ini!

  1. Kanopi Kayu dengan Rangka Besi

Kanopi Kayu dengan Rangka Besi



Kanopi ini dipadupadankan dengan dinding kayu eksterior pada hunian rumah dan semakin dipercantik dengan adanya tanaman hias, kesan natural yang terasa kental sehingga bisa membuat istirahat Anda terasa lebih nyaman saat di halaman rumah. Disamping itu, dengan penggunaan sekat pada kanopi akan membuat suasana di teras rumah menjadi lebih cerah serta bebas pengap.

  1. Kanopi Kayu Ruang Outdoor

Kanopi Kayu Ruang Outdoor

Jika Anda ingin menciptakan space tambahan sebagai tempat untuk bersantai maka Anda bisa menggunakan desain ini. Pada kanopi rumah ini, susunan bahan kayu lebih dominan warna cokelat muda sehingga terlihat lebih mencolok. Selain itu Anda juga bisa memasang dekorasi tambahan seperti tanaman hias gantung untuk semakin menyempurnakan tampilan kanopi kayu ini.



Leave a Comment