Kapasitas Produksi Molen Manual Dan Truk Molen

Posted on

Kapasitas Produksi Molen Manual Dan Truk Molen – Bagi Anda yang sekarang ini sedang mencari informasi mengenai berapa kapasitas truk molen beton ready mix maka Anda bisa simak artikel ini sampai akhir.



Mengetahui kapasitas molen ready mix memang sangat penting. Hal ini karena adanya perbedaan harga ready mix antara mobil kecil dan mobil besar. Jika misalnya Anda memilih minimix atau molen kecil maka  Anda juga harus paham bahwa sudah pasti harganya akan lebih mahal.

Perlu diketahui bahwa readymix diproduksi oleh batching plant yang kemudian dituang ke dalam mobil molen (Mixer). Pengadukan bahan campuran beton seperti semen, aggregat kasar dan halus umumnya dilakukan di mobil mixer.

Kemudian untuk proses penambahan air akan dilakukan secara terpisah dan dikontrol oleh operator tersendiri (proses slump). Sementara itu, untuk ukuran mobil molen yang biasa digunakan di beberapa industri beton ready mix sangat bervariasi yaitu berkapasitas 3 M3, 7 M3, 9 M3, dan 12 M3.

Baca juga: Analisa Pelaksanaan Pasangan Batu Dengan Mortar

Kapasitas Truk Molen Manual

Kapasitas 1 Truk Molen Kecil (Minimix)



Ukuran mobil yang paling kecil atau minimix dengan kapasitas 3 kubik biasanya dibawa oleh truk jenis engkel. Mobil engkel sendiri memiliki ukuran lebar 2 meter dengan panjang 6 meter dan mempunyai roda depan 2 belakang 4. Untuk tingginya sendiri mencapai 3.14 meter.

Kapasitas 1 Truk Molen Besar (Readymix)

Ukuran mobil yang paling besar memiliki kapasitas 7 kubik. Mobil jenis tronton ini mempunyai roda depan 2 dan belakang 8 sehingga jika ditotal adalah 10. Mobil tersebut memiliki lebar 3 meter dengan panjang 7 meter dan tingginya 4 meter.

Untuk mobil molen yang memiliki kapasitas 9 dan 12 kubik tidak jauh berbeda dengan mobil molen berkapasitas 7 kubik. Perbedaannya hanya pada panjangnya, yang dimana lebih panjang 1 meter jika dibandingkan dengan mobil berkapasitas 7 kubik.



Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Material Bangunan Rumah

Kapasitas Adukan Molen Manual untuk 1 Kubik

Kapasitas adukan molen manual adalah 5 sampai 6 kali untuk bisa mencapai 1 kubik. Jadi bisa dibilang bahwa beton readymix akan lebih efektif mjika dibandingkan dengan pengaduk manual yang sudah pasti akan memakan banyak waktu untuk melakukan pengecoran. Namun kurang cocok jika lokasi proyek tidak bisa dilalui terkecil maupun mobil besar.

Baca juga: Metode Pelaksanaan Beton Pracetak

Perbandingan Antara Cor Manual dengan Truk Molen

Berikut ini adalah perbandingan yang signifikan antara cor manual dengan menggunakan truk molen:

  1. Waktu

Jika dibandingkan dengan cor tenaga manual maka penggunaan truk molen akan lebih menghemat waktu dan jauh lebih efisien. Hal ini karena cor beton sudah disiapkan oleh perusahaan dengan menggunakan mesin pengaduk. Anda hanya perlu mengkonfirmasikan waktu pengecoran sesuai keinginan, sehingga truk molen akan datang dengan membawa cor beton yang sudah diorder.

  1. Tenaga Kerja

Dengan menggunakan truk molen tidak akan membutuhkan banyak tenaga kerja untuk pengecoran. Sebab dengan adanya truk, cor beton cair bisa langsung sampai ke bagian lantai atas hanya dengan cara dipompa. Dalam hal ini hanya dibutuhkan tenaga untuk meratakan saja.



  1. Biaya

Harga cor beton cair biasanya dihitung per m3. Harganya tergantung dari mutu beton yang dipesan. Namun jika menggunakan truk molen akan membutuhkan biaya tambahan untuk menyewa truk pompa dan mesin perata cor beton cair.

  1. Mutu Adukan

Hal penting yang harus diperhatikan dari penggunaan truk molen adalah mutu adukan. Adukan biasanya dicampur bersama takaran yang sudah terukur. Setiap cor beton cair yang dibawa oleh truk molen memiliki kadar campuran yang stabil daripada adukan secara manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published.