Rumus Kemiringan Tangga Dan Contoh Soal

Posted on

Setiap komponen pada sebuah tangga memang diharuskan untuk memiliki ukuran yang pas dan bisa melengkapi antar satu sama lain. Meskipun terlihat mudah, jika penentuan kemiringan tangga kurang pas juga akan membuat pengguna merasa kurang nyaman ketika menaikinya. Sehingga penting juga untuk mengetahui ukuran ideal pada setiap komponen sebuah tangga.



Berikut ini adalah ukuran ideal pada beberapa komponen tangga yang perlu Anda ketahui:

  1. Desain Tangga

Sekarang ini sudah banyak sekali desain tangga yang dapat dipilih sesuai keinginan. Namun jika rumah atau bangunan Anda memiliki ukuran lahan yang sangat terbatas maka sangat dianjurkan untuk membuat tangga bertipe L jika dibandingkan dengan tipe U.

Hal tersebut karena tangga tipe U biasanya membutuhkan ukuran yang lebih luas, setidaknya dengan ukuran lebar paling minimal 1,5 meter. Sedangkan untuk tangga tipe L hanya membutuhkan lahan dengan ukuran lebar mulai dari 60 sampai 70 cm.

  1. Jarak Datar Antar Tangga

Jarak datar anak tangga memiliki fungsi sebagai pijakan kaki. Ukuran jarak datar anak tangga yang paling ideal adalah 25 sampai 30 cm. Dimana ukuran tersebut sangat sesuai dengan ukuran kaki orang dewasa, yaitu 20 sampai 24 cm. Meskipun demikian, disarankan untuk memasang ukuran 30 cm pada pijakan anak tangga. Tujuannya tak lain demi kenyamanan dan keamanan.

  1. Ukuran Anak Tangga

Anak tangga juga biasa disebut dengan trap, yang dimana memiliki ukuran ideal mulai dari 15 sampai 20 cm. Namun sangat tidak disarankan untuk memasang anak tangga yang memiliki ukuran lebih dari 20 cm. Hal ini penting untuk diperhatikan karena nantinya akan membuat Anda merasa sangat lelah ketika menaiki tangga.

  1. Sudut Kemiringan Tangga

Ukuran sudut paling ideal yang direkomendasikan untuk kemiringan tangga adalah di bawah 45 derajat.

Baca juga: Desain Teras Rumah Minimalis

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai cara menghitung kemiringan tangga. Cara tersebut memang cukup mudah dan bisa Anda terapkan sendiri. Semoga informasi yang telah kami sampaikan kali ini bisa membantu Anda dalam membangun tangga dengan ukuran yang pas dan sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.