Desain Konstruksi Rumah Sarang Walet

Posted on

Untuk bisa membuat rumah walet dalam kondisi lembab, Anda harus menggunakan cat tembok dengan warna hitam pada bagian luar bangunan.  Tujuannya adalah untuk menyerap hawa panas yang berlebihan sehingga tidak akan menganggu produksi burung walet.



  1. Suhu Rumah Walet

Burung walet tidak boleh dipelihara dalam ruangan yang memiliki suhu panas. Suhu rumah burung walet yang ideal yaitu 27 sampai dengan 29 derajat celcius. Suhu tersebut juga sesuai dengan suhu yang ada di habitat asli burung walet.

Jika suhunya lebih dari itu maka burung walet akan menghasilkan air liur yang memiliki kualitas buruk. Seperti mudah retak, hancur, keropos dan bahkan akan membuat burung walet susah bertelur. Namun jika suhunya terlalu rendah, akan membuat burung walet menjadi kedinginan hingga mudah sakit. Jika dibiarkan begitu saja produksi air liur tidak akan bisa optimal dan bisa menyebabkan terjadinya kematian.

  1. Membuat Satu Pintu Masuk

Cara membuat burung walet sederhana yang selanjutnya adalah membuat sebuah pintu masuk. Pintu ini menjadi bagian penting sebagai akses masuknya burung walet ke dalam rumah.

  1. Memasang Ventilasi Udara

Langkah berikutnya adalah memasang ventilasi udara yang tepat. Pemasangan ventalasi udaran ini juga bisa disesuaikan dengan lokasi rumah yang sedang dibanding. Jika dibangun pada dataran rendah maka untuk jumlah venitlasi udarannya harus semakin diperbanyak sesuai dengan kebutuhan.

Namun jika dibangun pada dataran tinggi, ventilasi dapat dibuat dengan jarak 4 meter supaya suhunya tidak terlalu dingin. Pastikan juga bahwa lubang-lubang udara sudah ditutup dengan kain jaring atau bisa juga kain hitam di setiap sisinya. Setidaknya satu meter per satu lubang supaya oksigen masih bisa masuk ke dalam.

  1. Ukuran Gedung Walet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *