Kreasi Paralon Pipa PVC Kecil Dan Besar

Posted on

Kreasi Paralon Pipa PVC Kecil Dan Besar – Membuat kerajinan dari bahan pipa paralon bisa dibilang gampang-gampang susah. Dibilang gampang jika ada contoh yang bisa dilihat dan praktekkan secara langsung. Namun akan jadi susah jika kita tidak memiliki alat-alat yang memadai.



Pipa paralon atau yang biasa disebut dengan pipa PVC merupakan salah satu bahan bangunan yang mudah untuk didapat dan memiliki harga yang sangat murah. Jenis pipa yang satu ini dapat dipotong, dilukis, dibor dan direkatkan dengan cukup mudah. Maka dari itu, bahan ini bisa dijadikan sebagai bahan yang paling tepat untuk beberapa proyek DIY.

Baca juga: Cara Menghilangkan Karat Besi Paling Efektif

Mengapa Harus Pipa Paralon?

Kerajinan yang dibuat dari bahan pipa paralon memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan pipa besi ataupun pipa thermoplastik. Berikut ini adalah beberapa hal lain yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan:

  • Pipa pvc murah dibanding kayu atau besi
  • Pvc mudah disambung dan dibelokkan, karena terdapat aneka fitting yang dapat kita pilih, seperti Elbow, T, Sock, dan lainnya.
  • Pvc mudah di dapat
  • Pvc ringan tapi cukup kuat dan terbukti tahan lama, lihat aja pipa pam kalian udah puluhan tahun – bahkan meski kena panas dan hujan masih kuat bukan ?
  • Pvc tahan air, tahan panas, tahan terhadap minyak dan bahan kimia.

Baca juga: Cara Mengatasi WC Mampet

Kreasi Unik dari Pipa Paralon

  1. Tempat Pakan Ternak

Jika Anda memiliki ternak ayam namun lupa untk membeli tempat pakannya maka Anda bisa membuatnya sendiri. Cara membuat tempat pakan ayam dari pipa paralon ini sangat sederhana dan mudah.



  1. Cangkir ATK

Pipa paralon juga bisa Anda manfaatkan menjadi cangkir ATK. Pembuatannya cukup sederhana dan bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan.

  1. Tempat Gantungan Gelas

Tempat penyimpanan gelas berkaki juga bisa Anda buat sendiri dari bahan pipa paralon. Tampilannya sangat unik dan menarik sehingga cocok dijadikan hadiah untuk orang tersayang.



  1. Tempat untuk Menyimpan Hair Dryer

Jika Anda sering lupa dalam menaruh hair dryer maka Anda bisa membuat tempatnya sendiri dengan mudah. Jangan lupa untuk melukisnya supaya lebih unik.

  1. Pot Vertikal Tanaman Strawberry

Salah satu cara yang paling inovativ dan keren bagi Anda yang memiliki hobi berkebun. Anda bisa membuat pot vertikal untuk tanaman strawberry kesayanan. Hal ini juga akan memudahkan saat melakukan panen nantinya.

  1. Kursi Anak-Anak

Kursi anak-anak ini memiliki tampilan unik, ringan dan mudah untuk dibuat. Anda tinggal merekatkan setiap sambungan pipa paralon menggunakan lem yang rekat. Usahakan memilih jenis kain yang cukup kuat supaya mampu menopang berat anak-anak.



  1. Jemuran

Jemuran ini bisa dibuat sendiri dengan cukup mudah dan sangat bermanfaat. Cock sekali untuk Anda yang suka jemur baju.

  1. Vas Bunga

Vas bunga dengan cetak foto yang dibuat dari pipa paralon ini terlihat sangat berkesan. Ide kreasi ini tentunya bisa dijadikan sebagai peluang menarik untuk dijual.

  1. Pot Bunga

Selain vas bunga, pipa paralon juga bisa dijadikan sebagai pot untuk tanaman-tanaman kaktus kesayangan. Tampilannya sudah pasti sangat keren dan Anda tidak perlu mengeluarkan budget lebih hanya untuk membeli pot.

Baca juga: Harga Pipa PVC Per Batang

  1. Tempat Sikat Gigi

Berbeda jika membelinya di toko-toko, tempat sikat gigi yang dibuat sendiri dari pipa PVC atau  paralon sangat unik. Sikat gigi yang Anda miliki juga akan tertata lebih rapi. Tempat sikat gigi seperti ini pastinya juga tidak akan Anda temukan di toko.

  1. Tempat Gantung Perkakas

Anda bisa lebih menghemat tempat dengan kerajinan yang satu ini. Bisa langsung Anda coba sendiri supaya tidak lupa untuk menyimpan berbagai barang perkakas saat dibutuhkan sewaktu-waktu.

  1. Bingkai

Bingkai foto dengan berbagai macam ukuran bisa dibuat sendiri tanpa harus membeli. Kerajinan unik  ini juga bisa dibentuk sedemikian rupa sesuai  keinginan sehingga berbeda  dengan yang  lain.

  1. Gantungan Baju

Gantungan baju ini sangat praktis, murah, dan mudah sekali dalam membuatnya. Dengan adanya gantungan baju seperti dijamin tidak akan berantakan lagi dan tidak sembarangan saat menaruh baju.

  1. Tempat Simpan Perlengkapan Sehari-hari

Sederhana tetapi unik dan pastinya akan membuat hidup  Anda menjadi rapi. Bisa digunakan untuk menyimpan stoking, kaos kaki, sapu tangan, tisu, dan berbagai aksesorir kecil yang lainnya.

Baca juga: Cara Membuat Sumur Bor Manual

  1. Gawang Sepak Bola

Bahan pipa paralon juga bisa digunakan untuk membuat gawang sepak bola. Tentunya untuk anak-anak dan tidak disarankan untuk gawang sepak bola beneran.

  1. Papan Tulis/Papan Etalase

Hanya perlu dilakukan sedikit modifikasi, pipa paralon dapat digunakan untuk membuat papan tulis ataupun papan etalase untuk toko Anda sehingga nantinya akan tampil berbeda.

  1. Gantungan Washi Tape

Washi tape merupakan plakban warna-warni yang biasa digunakan untuk membuat kerajinan DIY. Anda bisa menyimpan koleksi washe tape yang dimilki dengan membuat gantungannya sendiri dari pipa paralon kecil.

  1. Kandang Rambat Tanaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *