Macam Macam Ukuran Scaffolding

Posted on

Macam Macam Ukuran Scaffolding – Proyek konstruksi yang ada di Indonesia semakin lama sudah semakin berkembang. Hal ini tentunya berdampak pada permintaan scaffolding, baik itu berupa sewa scaffolding ataupun pembeliannya.



Maka dari itu, bagi Anda yang bekerja dalam bidang konstruksi bangunan penting sekali untuk mengetahui ukuran main frame pipa scaffoling supaya nantinya bisa sesuai dengan kebutuhan dan apa yang dibutuhkan. Ukuran yang digunakan untuk pipa scaffolding pada umumnya terbagi dalam beberapa jenis.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai ukuran scaffolding secara lengkap. Tetapi sebelum, itu kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai bagian-bagian scaffolding berikut ini.

Baca juga: Harga Sewa Scaffolding

Bagian-Bagian Scaffolding

  1. Soleplate

Soleplate merupakan salah satu bagian scaffolding yang berperan penting pada area tumpuan perancah. Scaffolding harus berpijak kuat pada kondisi tanah yang stabil, ini karena soleplate berada di bagian paling bawah sehingga bersentuhan secara langsung dengan tanah.

Soleplate pada scaffolding memiliki fungsi seperti halnya tapak yang mampu menahan tumpuan pada batang perancah. Selain itu, soleplate juga akan mendistribusikan beban secara merata pada tanah.

  1. Baseplate

Bagian kedua yang dimiliki oleh sebuah scaffolding adalah baseplate. Basplate merupakan bagian yang berada di bagian atas solplate secara sejajar dengan frame tumpuhan  utama. Bagian tersebut berfungsi sebagai tumpuan berbagai tiang penyangga yang dapat menahan beban pekerja yang akan dipikul oleh baseplate.

Leave a Reply

Your email address will not be published.