Macam Macam Ukuran Scaffolding

Posted on


Jenis pipa yang satu ini sudah banyak digunakan dalam pengerjaan proyek di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Ukuran pipa scaffolding JIS ini mempunyai ukuran diameter kurang lebih sekitar 1.5 inci dengan ketebalan 2.5 mm.



British Standard (BS)

Ukuran scaffolding lain yang  biasa digunakan untuk pengerjaan berbagai konstruksi di Indonesia juga mengacu pada standar British atau yang biasa disebut dengan BS. Pipa scaffolding yang diproduksi oleh standr Jepang (JIS) tentu berbeda dengan standar BS.

Pipa standar BS terbagi dalam berbagai macam jenis yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan proyek konstruksi. Sedangkan untuk masalah diameter pipa yang digunakan sama seperti standar JIS, yaitu 1.5 inci.

Namun untuk ukuran ketebalan yang digunakan tidak sama. Terdapat dua macam ukuran yang jauh lebih besar daripada JIS. Pipa scaffolding ini tersedia dalam ukuran ketebalan 3.2 mm dan 4 mm. Karena memiliki ukuran yang lebih besar maka sudah pasti memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menahan beban ataupun para pekerja.

Scaffolding Set MF 190

Beberapa scaffolding lain yang biasa digunakan adalah berupa full set. Jika dilihat dari segi bentuknya memang mempunyai persamaan, perbedaan yang mencolok bisa dilihat dari ukuran pipanya.

Sebagai contoh, untuk scaffolding set MF 190 biasanya memiliki dimensi yang lebih tinggi daripada yang lain, yaitu pada kisaran 19 cm. Sedangkan untuk dimensi panjangnya mencapai 180 cm dengan lebar 120 cm.

Scaffolding Set MF 170

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *