Cara Menghitung Jumlah Genteng Per m2

Posted on

Menghitung Genteng Atap Limas Dan Pelana – Jika ingin membangun rumah ataupun gedung, tentunya hal penting yang harus diperhitungkan secara tepat adalah penutup atap. Bagian atap memiliki fungsi sebagai pelindung dari berbagai macam cuaca seperti panas, hujan, dingin, debu dan lainnya.



Salah satu jenis penutup atap yang paling umum digunakan adalah genteng. Saat memilih genteng sudah pasti dibutuhkan perhitungan yang tepat. Dengan demikian nantinya Anda bisa mendapat gambar mengenai jumlah genteng yang perlu dibeli.

Baca juga: Perencanaan Konstruksi Atap Rumah

Jenis-Jenis Genteng

Sebelum membahas mengenai cara menghitung kebutuhan genteng untuk rumah, Anda harus bisa memilih genteng yang cocok untuk bangunan yang sedang dibangun. Berikut ini adalah jenis-jenis genteng yang paling umum digunakan di Indonesia.

  1. Genteng Aspal

Genteng aspal merupakan genteng yang memiliki banyak kelebihan seperti tahan terhadap api, kuat dan proses pemasangannya yang terbilang sangat mudah. Namun untuk melakukan pemasangan ataupun perbaikan harus dilakukan oleh tukang yang sudah berpengalaman untuk mendapatkan hasil yang maksimal.



  1. Genteng Beton

Genteng beton adalah jenis genteng yang dibuat dari bahan utama semen yang dicampur dengan agregat kasar dan halus, serta bahan pengikat yang lainnya. Genteng ini bisa sangat awet dan bahkan bisa digunakan hingga 50 tahun lebih.  Sangat cocok untuk digunakan pada rumah minimalis.

  1. Genteng Tanah Liat

Genteng tanah liat merupakan jenis genteng yang paling umum digunakan di Indonesia. Genteng ini memiliki harga yang sangat murah, awet, dan bobotnya sangat ringan. Genteng tanah liat juga dapat menangkal panas secara lebih maksimal sehingga suhu yang ada di dalam rumah akan terasa lebih sejuk.

  1. Genteng Metal

Genteng metal dibuat dari bahan metal yang dipress, sehingga sangat ringan untuk digunakan. Akan tetapi, genteng metal dapat menyerap panas dan terdengar saat berisik ketika dijatuhi air hujan



  1. Genteng Seng

Genteng seng memiliki ukuran yang sangat panjang dengan bobot yang ringan. Namun juga bisa menyerap panas, sehingga untuk penggunaannya harus ditambahkan dengan lembar pemantul panas pada bagian plafon supaya ruangan terasa nyaman untuk ditempati. Sedangkan untuk melakukan pemasangannya, Anda harus menggunakan paku tebal sebagai penguat supaya tidak mudah lepas.

  1. Genteng Asbes

Genteng asbes memiliki bentuk lempengan panjang yang sangat mirip dengan asbes, hanya saja bahannya jauh lebih tebal. Harga genteng asbes terbilang sangat terjangkau dan tidak akan membuat ruangan dalam bangunan terasa panas.

Namun meski demikian, bisa dibilang kurang awet. Sehingga Anda harus menyiapkan budget lebih untuk melakukan pergantian dalam beberapa tahun ke depan.

Cara Menghitung Kebutuhan Genteng

Cara menghitung kebutuhan genteng ini memang penting untuk diketahui, karena selain untuk mengetahui jumlah genteng yang harus dibeli juga bisa dijadikan sebagai acua jenis genteng apakah yang diinginkan.

  1. Menghitung Jumlah Genteng dari Luas Atap



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *