Harga Dan Ukuran Metal Plank Scaffolding

Posted on

Harga Dan Ukuran Metal Plank – Metal plank scaffolding atau papan asiba merupakan salah satu peralatan yang memilki peran penting dalam scaffolding. Scaffolding atau perancah sendiri peralatan krusal dalam berbagai macam proyek pembangunan seperti rumah, gedung, ataupun gedung perkantoran.



Scaffolding sangat berguna untuk membantu para pekerja suatu ingin membangun sebuah bangunan yang memiliki ketinggian lebih dari 2 meter. Pemasangan peralatan yang satu ini sifatnya hanyalah sementara dan untuk ketinggiannya dapat diatur bebas sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Ada banyak sekali jenis scaffolding yang sering digunakan dalam proyek pembangunan. Masing-masing jenisnya dibuat dengan cara menggabungkan berbagai macam jenis komponen.  Lalu apa yang dimaksud dengan metal plank? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Macam Macam Ukuran Scaffolding

Pengertian Metal Plank

 



Keberadaaan metal plank pada scaffolding akan membuat proses pengejaan proyek pembangunan bisa berjalan dengan lancar dan aman.  Komponen ini adalah pijakan yang biasa digunakan sebagai tempat berdiri atau bekerja pada scaffolding. Tingkat kebutuhan metal plank dalam suatu proyek sangat bervariasi. Pada proyek dengan skala kecil, biasanya hanya membutukan 1 catwalk.

Metal plank pada scaffolding memiliki lebar sekitar 0,5 meter dengan panjang mencapai 1,8 meter. Cara pemasangannya sangat variatif dan bisa disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Anda bisa menempatkan komponen ini di antara 2 main frame maupun ladder frame. Penempatan komponen ini memang bisa memberikan kemudahan dan keselamatan bagi para pekerja.

Komponen  ini harus dibuat dari bahan yang kuat dan kokoh. Adapun bahan yang sering digunakan dalam pembuatan metal plank adalah baja berkualitas. Baja yang kokoh akan membuat metal plank mampu menopang beban berat. Tidak hanya menahan para pekerja saja namun juga berbagai macam peralatan dalam proyek konstruksi.

Baca juga: Harga Sewa Scaffolding 1 Set

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Metal Plank



Metal plank pada scaffolding memiliki fungsi utama untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Sehingga penting sekali untuk memilihnya secara cermat. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, yaitu:

  1. Tingkat Kekuatan

Pastinya Anda sudah paham mengenai metal plank dan fungsinya di tempat proyek konstruksi. Supaya fungsinya dapat dimanfaatkan secara maksimal, metal plank harus mempunyai ketahanan yang cukup tinggi dalam menahan beban berat.

Material baja bisa dijadikan pilihan utama jika Anda ingin mencari metal plank. Perhatikan juga masalah tingkat ketebalan dan cermati bagian pengait. Pastikan bahwa pengait tersebut nantinya tidak mudah terlepas maupun patah.

  1. Kenyamanan

Hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan saat memilih metal plank adalah tingkat kenyamanan dalam pengunaannya. Jika penggunaannya merasa kurang nyaman maka sangat berpotensi untuk menimbulkan kecelakaan kerja. Apalagi jika komponen tersebut memiliki ukuran yang terlalu kecil dengan bagian permukaan yang licin.

  1. Keselamatan

Hal penting selanjutnya adalah keselamatan. Penggunaan metal plank harus dibarengi dengan perlengkapan keselamatan lain seperti pagar pelindung di bagian tepi. Pagar pelindung memiliki kegunaan untuk mencegah terjatuh atau tergelincirnya para pekerja ketika bekerja.

Baca juga: Harga Dan Ukuran Scaffolding Lengkap

Kelebihan Metal Plank



Leave a Reply

Your email address will not be published.