Metode Pelaksanaan Pekerjaan Saluran Drainase

Posted on

Untuk Tenaga Kerjanya adalah :



  • Tenaga Administrasi : 1  OH

Waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan ini sesuai dengan analisa teknis adalah 180 hari = 24 minggu.

  1. Papan Nama Proyek

Papan nama proyek biasanya dilakukan pengesetan pada printing grafika dan diprint untuk dijadikan sebagai spanduk yang dipasangkan pada tiang kayu penyangga dengan baik. Dalam papan nama ini berisi tentang identitas proyek, dan harus dipasang terlebih dahulu sebelum memulai pekerjaan.

Sedangkan untuk patok yang merupakan penunjuk arah umumnya terbuat dari material kayu dan diberikan tanda khusus sebagai penunjuk arah. Pada sebuah papan nama proyek biasanya berisi:

  1. Nama Kegiatan
  2. Sumber Dana
  3. Nilai Pekerjaan
  4. Nama Kontraktor Pelaksana
  5. Nama Konsultan Pengawas
  6. Nama Instansi
  7. Nama Consultant Perencana
  8. Nama Subtansi atau Dinas

Untuk Tenaga Kerjanya adalah:

  • Pekerja : 2  OH

Waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan ini sesuai dengan analisa teknis adalah 2 hari = 1 minggu.

Baca juga: Metode Pelaksanaan Pekerjaan Saluran Irigasi

II PEKERJAAN SALURAN

  1. Galian Tanah

Pekerjaan galian tanah dilakukan secara open cut oleh para tukang gali dengan tingkat kemiringan 1 : 0,5. Pengukur akan menambahkan patok-patok panduan dan tingkat kedalaman yang perlu dicapai. Material yang merupakan hasil dari galian akan ditempatkan disamping galian untuk melakukan penimbunan kembali. Untuk jarak penempatan hasil galian harus benar-benar aman supaya tidak terjadi longsor ataupun masuk kedalam lubang galian.

Jika hasil galian tersebut berlebih dan tidak bisa dimanfaatkan kembali maka bisa langsung dimuat ke dumptruk untuk dibuang di luar areal. Bak dumptruck tersebut harus ditutupi dengan menggunakan terpal atau plastik supaya tanah yang dimuat tidak berceceran. Hal ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya dampak buruk pada lingkungan yang disebabkan oleh kegiatan galian.

Adapun untuk urutan metode pelaksanaannya adalah sebagai berikut:

  • Pengukuran dilakukan untuk menentukan titik ukur terhadap titik elevasi galian tanah
  • Tukang akan memberikan sebuah tanda pada hasil pengukuran dengan menggunakan patok kayu yang sudah diberi warna cat.
  • Tukang akan memasang patok dan benang sebagai acuan galian.
  • Tanah akan digali sesuai dengan acuan patok dan benang yang sudah dipasang sebelumnya.
  • Kedalaman galian tanah bisa diperiksa dengan menggunakan survey equipment atau alat ukur manual.
  • Jika dalam galian tanag terdapat genangan air maka harus disediakan sebuah pompa agar air bisa dikuras, sehingga nantinya tidak menganggu proses pekerjaan.
  1. Timbunan Tanah Didatangkan

Pekerjaan penimbunan atau urugan tanah dalam proyek ini meliputi timbunan tanah yang didatangkan dari luar dan hasil galian. Tanah yang didatangkan dari borrow area memiliki kualitas yang bagus, bersih dari berbagai kotoran dan akar-akar kayu. Dalam hal juga harus disetujui oleh pengawas lapangan dan owner berdasarkan spesifikasi teknik.

Pekerjaan penimbunan ini juga harus memperhatikan masalah kesehatan dan keselamatan kerja serta dampak lingkungan atau Environmental Apect, khususnya ketika transportasi material timbunan. Tanah timbun yang didatangkan dari luar atau borrow pada umumnya akan diangkut dengan dumptruk.

Bak dump truk memang harus ditutupi dengan menggunakan terpal plastik. Lokasi yang dilewati oleh dump truck juga harus dijaga dari debu yang bisa saja ditimbulkan dari hasil transport tersebut. Caranya adalah dengan menyediakan tenaga pembersih dan penyiraman jika nantinya terkena debu.

Tanah timbunan yang didatangkan bisa di hampar ke area timbunan, selanjutnya para pekerja akan meratakan secara menyeluruh hingga ke bagian sudut area timbun. Untuk ketebalan timbunnya bisa disesuaikan dengan gambar kerja. Jika sudah maka bisa langsung dilakukan pemadatan tanah supaya padat dan tidak kosong. Tukang akan memeriksa ketebalan timbunan apakah sudah sesuai dengan gambar kerja atau belum.

  1. Beton Cor Dinding Saluran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *