Metode Perbaikan Tanah Secara Fisik Dan Kimiawi

Posted on

Metode Perbaikan Tanah Secara Fisik Dan Kimiawi – Tanah merupakan hal penting yang harus diperhatikan untuk mendirikan sebuah bangunan atau konstruksi. Mengapa? Karena tanah akan menjadi tempat dari fondasi bangunan tersebut berpijak.



Jika tanah yang digunakan mempunyai daya dukung yang kurang baik atau labil maka dapat dipastikan konstruksi nantinya bisa hancur saat tanah mengalami perubahan yang diakibatkan oleh gempa ataupun perubahan sifat dan bentuk tanah.

Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui beberapa metode yang biasa digunakan untuk memperbaiki tanah yang labil menjadi tanah yang mempunyai daya dukung teknik, memenuhi spesifikasi teknik, aman dan layak digunakan untuk mendirikan suatu bangunan.

Dalam dunia konstruksi, perbaikan tanah terbagi dalam dua metode, yaitu perbaikan tanah secara tradisional dan perbaikan tanah tanah dengan cara yang mekanis atau maju. Berikut adalah ulasan selengkapnya mengenai kedua metode tersebut.

Baca juga: Pengukuran Luas Tanah

Metode Perbaikan Tanah Secara Tradisional

Metode perbaikan tanah secara tradisional dilakukan dengan cara memberikan pupuk organik untuk meningkatkan kesuburan tanah. Namun juga bisa melalui pembentukan agregat dalam kondisi stabil, aerasi, dan sistem drainase tanah yang baik.



Infiltrasi air hujan ke dalam tanah bisa berlangsung secara maksimal, sehingga run-off akan menjadi berkurang dan dapat mengurangi erosi. Bahan organik juga akan membuattanah memiliki kemampuan yang cukup baik dalam menahan air (water holding capcity), sehingga ketersediaan air untuk tanaman juga semakin banyak.

Pengolahan tanah secara tradisional pada umumnya juga berhubungan dengan berbagai kegiatan lain seperti penyebaran benih atau penanaman bibit, perlindungan pada tanaman, dan masa panen. Jika membahas mengenai sejarah pengolahan tanah maka perkembangan dalam tujuan dan metode pengolahan tanahnya juga diikuti dengan perkembangan desain baik dari segi bahan ataupun alatnya, seperti misalnya alat bajak sawah.

Metode Perbaikan Tanah yang Maju atau Mekanis

Metode perbaikan tanah yang modern / maju juga biasa disebut dengan energi. Metode ini biasa dilakukan terhadap tanah timbunan. Adapun untuk jenis tanahnya bisa berupa butir halus ataupun berbutis kasar.

Pemadatan bisa dilakukan dengan cara: gilasan, tumbukan, getaran, kombinasi a-c dan b-c.



Energi gilasan, tumbukan, dan getaran berperan penting untuk mendorong udara, air dan tanah mulai dari rongga atau pori-pori tanah. Selain itu, juga dapat memampatkan rongga berubah semakin kecil. Proses memampatkan tanah kemudian akan mengubah susunan butiran menjadi lebih kompak.

Cara gilas dan tumbukan hanya cocok digunakan untuk tanah kohesif atau berbutir halus.

Sedangkan cara gilasan dana getaran akan lebih cocok untuk tanah non-kohesif atau berbutir halus.

Alat pemadat kombinasi gilasan dan getaran adalah smoot wheel roller, lebih cocok untuk tanah dengan butiran kasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *