Desain Teras Depan Dan Belakang Rumah

Desain Teras Depan Dan Belakang Rumah – Sekarang ini banyak sekali rumah yang mempunyai teras di halaman depan dan belakang rumah. Namun terkadang dengan ukuran halaman yang tidak terlalu luas menjadi masalah utama dalam membangun teras. Sebenarnya kondisi seperti bukan menjadi masalah.

Apabila Anda mempunyai sisa lahan yang berada di depan dan belakang rumah, berarti Anda beruntung. Dengan sisa lahan yang tidak terlalu luas tersebut maka Anda bisa membuat teras dengan gaya minimalis yang pastinya bisa menambah keindahan rumah secara menyeluruh.

Teras Rumah

Dengan menggunakan desain teras minimalis, teras yang memiliki ukuran sangat sempit akan terlihat lebih luas dan nyaman pastinya. Disamping itu, teras rumah dengan gaya minimalis juga memberikan kesan modern dan sesuai dengan desain rumah masa kini.

Teras Rumah Minimalis

Pengertian teras rumah sejatinya merupakan bagian paling depan dari sebuah rumah, tetapi sekarang ini pengertian teras rumah tersebut semakin berkembang. Banyak juga yang beranggapan bahwa teras rumah adalah lahan kosong yang lokasinya di rumah baik itu di depan, belakang ataupun samping.

Biasanya para penghuni rumah akan menuangkan semua kreatifitasnya untuk menciptakan teras rumah yang memiliki tampilan indah dan menarik. Jadi meskipun lahan Anda sempit maka Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa menerapkan desain minimalis dengan memadukan nuansa alam sehingga cocok sekali dijadikan sebagai tempat bersantai untuk melepas lelah sambil minum teh saat sore hari.

Baca juga: Harga Rumput Gajah Mini

Pentingnya Fungsi Teras Rumah

Pentingnya Fungsi Teras Rumah

  1. Sebagai Pelengkap Fasad Rumah

Fasad merupakan bagian eksterior suatu bangunan.  Bagian yang dimaksud disini adalah bagian depan, tetapi juga meliputi bagian belakang dan samping bangunan. Maka dari itu, teras rumah merupakan bagian paling penting yang tidak dapat dipisahkan dari fasad. Tanpa kehadiran teras, fasad rumah akan terlihat kurang proporsional.

  1. Penghubung Antara Ruang Indoor dan Outdoor

Pintu depan atau belakang rumah adalah akses utama untuk keluar masuk ke dalam rumah. Tetapi apa yang akan terjadi ketika keluar pintu justru bertemu langsung dengan tanah? Disinilah fungsi utama dari sebuah teras, sebagai penghubung antara ruangan indoor dan outdoor rumah.

  1. Ruang Tamu untuk Tamu

Fungsi ini umumnya dimiliki oleh teras yang berada di bagian depan rumah. Karena berada di bagian depan, teras akan berfungsi sebagai penghubung antara ruang tamu dengan halaman rumah. Tamu yang berkunjung ke rumah Anda sudah pasti akan mengetuk pintu depan rumah terlebih dahulu yang berada di teras depan. Sehingga teras depan rumah secara tidak langsung akan menjadi ruangan ketika tamu menunggu Anda membuka pintu.

  1. Ruang Bersantai Keluarga

Selain teras yang berada di bagian depan dan belakang rumah, ada juga teras di samping rumah yang biasanya digunakan sebagai tempat khusus untuk bersantai bersama dengan keluarga. Terlebih jika rumah Anda berada di lahan hook, terasa yang berada di samping akan memberikan pemandangan yang lebih lapang dari sisi rumah.

Inspirasi Desain Teras Depan dan Belakang Rumah

  1. Desain Teras Rumah Minimalis Clean

Desain Teras Rumah Minimalis Clean

Teras rumah minimalis clean ini menggunakan desain yang simple tanpa dilengkapi dengan detail yang rumit ataupun berlebihan. Meskipun demikian, desain ini sangat indah untuk dipandang dan pastinya jauh dari kesan monoton karena adanya sentuhan natural dari kombinasi dedaunan dan penggunaan dinding batu alam pada bangunan rumah yang dominan warna netral. Dengan begitu maka hunian akan terasa nyaman, asri dan pastinya tidak membosankan.

  1. Desain Teras Rumah Minimalis Kayu

Desain Teras Rumah Minimalis Kayu

Dalam penerapan desain minimalis memang selalu mengutamakan fungsi, namun selain itu juga harus meningkatkan penampilan bangunan utama rumah supaya terlihat modern.  Seperti misalnya dengan penggunaan desain teras rumah ini yang lebih dominan dengan penggunaan kayu. Mulai dari lantai kayu bagian dalam rumah sampai depan, keduanya akan terlihat serasi karena dikombinasikan dengan dinding yang juga terbuat dari kayu.

  1. Desain Teras Rumah Minimalis dengan Taman Rumput

Desain Teras Rumah Minimalis dengan Taman Rumput

Meskipun rumah Anda memiliki ukuran kecil, bukan berarti Anda tidak bisa menerapkan desain teras rumah yang indah dan menarik.  Anda bisa menerapkan desain teras ini yang didominasi oleh taman rumput dan juga tanaman hijau di sekelilingnya. Desain ini cukup ditambahkan dengan kursi teras dan meja outdoor sudah bisa digunakan sebagai tempat berkumpul keluarga yang sangat menyenangkan.

  1. Desain Teras Rumah Minimalis Bernuansa Tropis

Desain Teras Rumah Minimalis Bernuansa Tropis

Desain teras minimalis yang bisa contoh selanjutnya ini bernuansa tropis. Pembagian area pada desain teras rumah minimalis yang tepat akan memberikan keleluasaan bagi penghuni rumah dalam melakukan berbagai kegiatan. Di salah satu sisinya bisa Anda tambahkan dengan set kursi untuk menjalankan rutinitas sehari-hari seperti sarapan atau hanya sekedar membaca koran.

  1. Desain Teras Rumah Minimalis Belakang Rumah

Desain Teras Rumah Minimalis Belakang Rumah

Jika Anda ingin membuat teras rumah minimalis di belakang rumah maka Anda bisa menggunakan desain ini. Desain ini bisa dikreasikan dengan melalui banyak elemen yang berbeda untuk menciptakan tampilan yang sangat indah dan mempesona.

Desain teras ini ditutupi oleh dinding yang cukup tebal sehingga penghuni rumah bisa dengan bebas melakukan berbagai kegiatan. Selain itu, dengan menambahkan meja teras, beberapa tanaman, dan juga penerapan kayu semakin memberikan kesan yang ciamik.

Baca juga: Harga Paving Block

Tips Desain Teras Rumah Minimalis

Meskipun teras rumah Anda menggunakan desain minimalis yang sederhana, tetapi Anda juga harus selalu memperhatikan keadaan teras rumah. Anda harus pandai dalam mengkombinasikan interior atau ekterior teras rumah minimalis Anda. Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips untuk teras rumah minimalis Anda.

  1. Furnitur

Furnitur

Pilihlah furnitur yang mempunyai konsep sama, atau setidaknya tidak jauh berbeda dengan furniture yang terdapat di dalam rumah Anda. Perhatikan juga masalah ukurannya. Jika ukuran teras rumah Anda sempit maka sebaiknya gunakan furnitur yang memiliki ukuran kecil. Jangan sampai terlalu banyak menggunakan furnitur, terlebih furnitur tersebut tidak mempunyai fungsi yang jelas.

  1. Lampu

Pencahayaan Teras Rumah

Meskipun mendapatkan cahaya yang cukup pada siang hari, penataan juga penting dilakukan supaya posisi dan juga bentuk bangunannya strategis sehingga nantinya teras tidak akan kekurangan cahaya. Sebab, jika teras tidak memiliki penyinaran yang cukup maka akan terkesan sangat gelap dan sempit. Anda bisa menggunakan beberapa lampu sehingga saat malam hari kondisi teras rumah Anda selalu terang.

  1. Tanaman

Penting sekali untuk menaruh beberapa tanaman di teras supaya suasana bisa lebih hidup dan segar. Untuk tanaman yang besar bisa Anda tempatkan dalam pot yang ukurannya besar dan taruh di lantai. Sedangkan untuk tanaman yang memiliki kecil bisa digunakan untuk mempermanis meja saja.

  1. Tembok dan Keramik

Tembok Teras Rumah

Bagian tembok dan keramik teras rumah juga harus disesuaikan dengan desain teras rumah. Namun desain minimalis  biasanya menggunakan warna-warna yang netral pada bagian tembok dan juga lantainya. Untuk warna-warna netral yang cerah bisa menggunakan warna krem, putih dan abu muda.

Leave a Comment