Pengertian Dan Contoh MSDS Di Bidang Industri

Posted on

Pengertian Dan Contoh MSDS Di Bidang Industri – MSDS merupakan material safety data sheet, dimana dokumen ini memiliki fungsi sebagai pengidentifikasi dan berisi prosedur yag mengatur tentang berbagai langkah yang harus dilakukan saat menghadapi bahaya, identifikasi bahaya dan masalah, proses pencegahan sampai menentukan respons yang harus diambil.



Dalam pergerakan bisnis seperti sekarang ini, ada banyak sekali komponen dan aspek yang ada di dalamnya. Komponen dan aspek penting tersebut bisa membuat bisnis terus berkembang dan maju. Selain itu, aktivitas sehari-hari dalam industri juga akan selalu berjalan dengan lancar dan sesuai dengan standar yang ditentukan. Bahkan juga dapat menjamin ksehatan dan keselamatan seluruh pekerja.

K3LH merupakan sebuah prinsip yang dibuat secara khusus oleh pemerintah untuk menjamin keamanan para pekerja dalam dunia industri dan konstruksi. Maka dari itu, pekerja diharapkan untuk selalu mentaati segala macam peraturan yang sudah diberlakukan oleh perusahaan.

Kini memang sudah banyak industri yang memanfaatkan berbagai bahan kimia sebagai salah satu bagian dari bisnis yang dijalankan. Namun dalam hal ini tentu dibutuhkan sebuah sistem keamanan yang baik, salah satunya adalah MSDS.

MSDS (Material Safety Data Sheets) atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan LDKB (Lembar Data Keselamatan Bahan) memiliki fungsi untuk menjadi pendataan material yang ada di dalam bahan-bahan kimia sehingga bisa memperoleh sebuah sistem keamanan yang baik.



MSDS memiliki peran penting dalam industri karena berisi tentang pemakaian zat kimia, pertolongan pertama jika mengalami kecelakaan yang disebabkan oleh bahan kimia itu sendiri, sampai dengan penanganan secara tepat untuk berbagai zat yang berbahaya. Khususnya identifikasi bahaya dari zat kimia yang mudah untuk terbakar.

Berdasarkan penjelasan singkat tersebut, bisa diambil kesimpulan bahwa MSDS (Material Safety Data Sheet) ini penting dan wajib untuk dimiliki.  Pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lebih lengkap mengenai pengertian dari MSDS. Kami juga akan menjelaskan mengenai kepentingan MSDS dalam industri dan berbagai informasi yang ada dalam MSDS itu sendiri.

Baca juga: Harga Sewa Scaffolding

Pengertian MSDS

Pengertian MSDS secara umum adalah sebuah lembar petunjuk yang berisi zat-zat kimia yang ada dan digunakan dalam sebuah industri. MSDS memang menjadi syarat wajib yang harus dimiliki oleh para pelaku industri yang memanfaatkan berbagai zat kimia dalam bisnis mereka. Hal ini karena unsur yang ada di dalam zat kimia tersebut bisa memberikan dampak buruk bagi orang lain jika tidak diperhatikan masalah keamanannya. Untuk bahan kimia yang berbahaya biasa disebut dengan B3.



Supaya terhindar dari berbagai dampak buruk dan bisa mengambil keputusan yang tepat jika mengalami masalah akibat dari zat-zat kimia tersebut, maka MSDS adalah jawabannya. Jika pelaku bisnis memiliki MSDS maka pihak berwenang tidak akan bisa memberikan hukuman. Pihak berwenang atau yang mewajibkan untuk menggunakan MSDS adalah Menteri Tenaga Kerja yang dimana hal ini sudah melalui Keputusan dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. Kep-187/MEN/1999, pada Bab 1 Pasal 1.

Leave a Reply

Your email address will not be published.