Partisi / Sekat Pembatas Ruangan Minimalis

Pembatas Ruangan Minimalis – Partisi adalah sekat yang digunakan untuk membatasi antara satu ruang dengan ruang yang lainnya. Meskipun memiliki fungsi dasar yang sama, tetapi partisi berbeda dengan dinding pembatas.

Perbedaan antara partisi dengan dinding pembatas yaitu partisi dapat dipindahkan dengan mudah dan diatur tata letaknya sesuai dengan keinginan Anda sendiri. Sedangkan dinding terbatas tidak dapat dipindahkan apalagi diatur.

partisi ruangan gantung

Nah, berbicara masalah partisi, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai partisi atau sekat pembatas untuk rumah minimalis. Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Fungsi Partisi Ruangan Minimalis

Keberadaan partisi di sebuah interior memiliki tujuan utama untuk membedakan antar satu ruang dengan ruangan lainnya supaya mempunyai fungsi yang berbeda. Untuk lebih jelasnya berikut ini kami akan menjelaskan fungsi partisi untuk rumah minimalis, yaitu:

partisi ruangan alumunium

  • Memisahkan Dua Ruangan

Sebuah ruangan yang dipisahkan langsung oleh partisi atau sekat pembatas, maka sudah pasti nilai fungsionalnya berbeda antara satu dengan lainnya. Dalam hal ini biasa diaplikasikan pada interior rumah minimalis yang menggabungkan antara ruang tamu dengan ruang tengah, atau bisa juga ruang keluarga dengan ruang makan.

Maka dari itu, sebelum membeli sebuah partisi untuk ruangan minimalis Anda maka Anda harus menentuukan terlebih dahulu fungsi utama dari ruangan tersebut.

  • Memberikan Privasi untuk Sisi Ruangan Lain

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa desain interior yang menggabungkan antara ruang tamu dengan ruang tengah sudah pasti akan membutuhkan sebuah partisi untuk dapat memisahkannya. Karena kegiatan yang dilakukan dalam ruangan tertentu, tentu akan berbeda dengan kegiatan yang dilakukan di tempat yang lain.

Tanpa adanya sebuah partisi maka kedua ruangan ini tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal. Maka disinilah Anda diharuskan untuk mengupayakan privasi baik keluarga maupun tamu dalam ruangan masing-masing.

  • Sebagai Elemen Penghias Ruangan

Selain difungsikan untuk memisahkan ruangan, partisi juga bisa digunakan sebagai penghias ruangan. Dalam hal ini Anda bisa memasang partisi yang memiliki desain menawan atau bisa juga memasang berbagai hiasan pada partisi tersebut.

Dengan adanya partisi yang memiliki tampilan menawan inilah yang bisa dijadikan sebagai dekoratif interior rumah minimalis Anda.

Baca Juga:  Sofa Minimalis Harga Di Bawah 2 Juta

Inspirasi Model Sekat Ruangan Minimalis

  1. Sekat Ruangan Sederhana Rangka Kayu

Sekat Ruangan Sederhana Rangka Kayu

Untuk bisa membuat sekat atau pembatas ruangan minimalis yang menarik sebenarnya tidak membutuhkan biaya yang mahal dan rumit. Salah satu ide yang dapat Anda contoh adalah dengan memanfaatkan papan kayu sederhana yang kemudian dirangkai menjadi rangka sekat.

Meskipun terksesan sederhana dan terbuka, tetapi sekat ruangan yang satu ini akan terlihat cantik jika Anda tambahkan dengan berbagai ornamen menarik seperti misalnya tanaman-tanaman kecil.

  1. Sekat Batang dari Batang Bambu

Sekat Batang dari Batang Bambu

Untuk menciptakan kesan natural, batang bambu bisa dijadikan sebagai alternatif paling tepat untuk membuat partisi. Anda bisa menyusun batang bambu secara rapi maupun secara acak dengan sudut kemiringan dan diameter yang berbeda untuk dapat menciptakan berbagai macam gaya dan suasana ruang.

Bisa Anda kombinasikan sekat ruang tersebut pada ruangan yang bergaya interior oriental untuk keselarasan visual yang sangat menarik. Partisi dari batang bambu ini juga bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat untuk interior ruangan yang mempunyai konsep natural.

  1. Sekat Ruangan Natural dengan Dahan Pohon

Sekat Ruangan Natural dengan Dahan Pohon

Siapa sangka bahwa sisa-sisa dahan dan ranting pohon yang seringkali dianggap sampah ternyata dapat dimanfaatkan sebagai sekat ruang yang menarik. Anda bisa menyusun secara rapat dahan-dahan ramping di pot tanaman panjang sehingga akan menciptakan kesan yang lebih privat antar ruang. Sekat ini dapat Anda letakkan di dekat sofa yang berfungsi untuk memisahkan antara ruang tamu dengan ruang keluarga.

Untuk memberikan kesan yang lebih terbuka, Anda bisa menggunakan dahan pohon dengan ukuran lebih besar dan kemudian menatanya lebih longgar untuk menjadi sekat ruangan.  Sekat ruangan yang terbuat dari dahan pohon ini juga sangat cocok untuk digunakan pada ruang-ruang yang mempunyai gaya natural.

  1. Box Kayu sebagai Sekat Ruang Praktis

Box Kayu sebagai Sekat Ruang Praktis

Salah satu cara paling mudah dan praktis dalam menciptakan sekat ruangan yang sangat praktis adalah dengan memanfaatkan box kayu yang kemudian disusun secara rapi menjadi lemari. Jika tekstur kayu yang dimiliki oleh box tidak cocok dengan interior ruangan maka Anda bisa memberikan warna.

  1. Tirai Dekoratif sebagai Sekat Ruang Fleksibel

Tirai Dekoratif sebagai Sekat Ruang Fleksibel

Cara paling sederhana yang bisa dilakukan untuk memisahkan sebuah fungsi ruangan adalah dengan menggunakan tirai atau gorden menjadi sekat ruang. Kombinasikan warna dan lapisan tirain, mulai dari warna tirai, tirai transparan, sampai dengan tirai berpola supaya bisa menciptakan sekat ruangan yang terlihat elegan walaupun tidak membutuhkan banyak biaya. Model sekat ruangan semacam ini juga akan membuat ruangan terasa lebih luas.

  1. Sekat dari Bingkai Jendela Bekas

Sekat dari Bingkai Jendela Bekas

Bingkai jendela yang sudah tidak digunakan juga dapat Anda sulap menjadi sekat yang menarik. Sekat ruangan dari bingkai jendela bekas akan menciptakan kesan tetap terbuka tetapi tetap memberi batas dari fungsi dalam setiap ruang. Supaya lebih menarik Anda bisa mengecat sekat ruangan ini dengan warna yang sesuai dengan gaya interior Anda.

Baca Juga: Harga Gorden Jendela Minimalis

Tips Memilih Partisi Ruangan Minimalis

Sebelum memutuskan untuk membeli partisi maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya nantinya tidak salah pilih. Berikut ini kami akan memberikan tips dalam memilih partisi ruangan minimalis:

partisi ruangan

  1. Anggaran

Anggaran merupakan hal paling penting yang harus Anda siapkan sebelum membeli sebuah partisi. Dalam hal ini Anda tidak hanya menyiapkan anggaran pembelian saja tetapi juga pemasangan. Selanjutnya Anda bisa mengukur ruangan yang akan dipasang partisi. Pengukuran dilakukan dengan tujuan untuk dapat mengukur besar kecilnya ukuran sekat yang ingin dibeli.

  1. Sesuaikan dengan Desain Ruangan

Model partisi yang akan dibeli tentu harus disesuaikan dengan konsep ruangan rumah. Sebaiknya jangan sampai terlalu norak ataupun berlebihan karena Anda akan membuat sebuah ruangan menjadi minimalis dari segi fungsional ataupun visual.

  1. Menentukan Jenis Material

Pemilih jenis material juga menjadi  hal penting untuk diperhatikan sebelum akhirnya Anda membeli penyekat ruangan. Ada dua macam partisi yang bisa Anda pilih yaitu partisi permanen dan partisi non permanen.

Keduanya dapat disesuaikan dengan budget ataupun keinginan Anda sendiri. Contoh material partisis yang permanen adalah dari tembok dan gypsum, sedangkan yang non permanen adalah dari bambu atau kayu jati.

  1. Material Finishing

Tips yang terkahir adalah dengan memperhatikan material finishingnya, apakah sudah pas dengan desain ruangan Anda atau tidak. Jika semuanya sudah diatasi maka Anda bisa beralih ke urusan yang lainnya yaitu menyesuaikan dengan furniture ruangan yang lainnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pembatas ruangan. Semoga bermanfaat, termakasih sudah mengunjungi website kami.

Leave a Comment