Analisa Satuan Harga Pekerjaan Plesteran Dan Acian

Posted on

Analisa Satuan Harga Pekerjaan Plesteran Dan Acian  – Pekerjaan plesteran dan pekerjaan acian adalah bagian dari pekerjaan dinding yang memiliki fungsi sebagai pelapis dan dapat melindungi dinding dari rembesan air ataupun dari segala macam cuaca. Selain itu, juga dapat menambah kekuatan dan memperhalus permukaan dinding.



Pekerjaan plesteran biasanya dilakukan setelah pekerjaan dinding yang dibuat dari pasangan bata merah atau batako sudah selesai dilakukan. Baru setelah itu bisa dimulai pekerjaan acian yang merupakan lapisan akhir dari struktur dinding.

Baca juga: Analisa Pelaksanaan Pasangan Batu Dengan Mortar

Sebelum memulai pekerjaan plesteran, bagian dinding yang ingin dipasangi plesteran maka harus dibasahi atau disiram air terlebih dahulu selama 2 jam. Tujuannya supaya dinding tersebut memiliki tingkat kelembaban yang baik.

Bahan yang digunakan untuk pekerjaan plesteran adalah pasir yang dicampur dengan adukan semen dalam jumlah tertentu sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan bahan yang digunakan dalam pekerjaan acian adalah semen yang dicampur dengan air dalam komposisi atau perbandingan tertentu.

Cara Menghitung Volume Pekerjaan Plesteran dan Pekerjaan Acian

Satuan yang digunakan untuk menyatakan volume pekerjaan plesteran dan acian dinding adalah meter persegi (m2). Sehingga cara yang digunakan untuk menghitung volume kedua pekerjaan ini bisa dibilang sangat mudah. Dalam hal ini Anda harus menghitung volume pekerjaan dinding terlebih dahulu.



Baca juga: Menghitung Kebutuhan Pasir Dan Paving Block

Apabila volume pekerjaan dinding sudah diketahui maka langkah selanjutnya untuk menghitung volume pekerjaan plesteran adalah mengkalikan dua volume pekerjaan dinding. Ini karena pekerjaan plesteran diterapkan di kedua sisi dinding bangunan.

Volume Pekerjaan Plesteran = 2 x Volume Pekerjaan Dinding

Namun jika Anda menginginkan sesuatu yang berbeda, seperti misalnya ingin melakukan plester pada salah satu sisi dinding dan membiarkan sisi dinding yang lainnya terekspose, maka untuk volume pekerjaan plesteran sama seperti volume pekerjaan dinding.

Volume Pekerjaan Plesteran = Volume Pekerjaan Dinding

Sementara itu, untuk volume pekerjaan acian maka besarnya volume pekerjaan acian sama seperti volume pekerjaan plesteran.

Volume Pekerjaan Acian = Volume Pekerjaan Plesteran

Contoh Perhitungan Volume Semen dan Pasir Untuk Plesteran dan Acian

Menghitung Kebutuhan Pasir dan Semen untuk Pekerjaan Plesteran

Berikut adalah tabel koefisien kebutuhan bahan untuk pekerjaan plesteran:



Dari tabel tersebut diketahui koefisien koefisien untuk berbagai komposisi perbandingan campuran. mulai dari pekerjaan plesteran dengan perbadingan campuran 1 ; 1, campuran 1 : 2, campuran 1 : 3, hingga plesteran dengan campuran 1 : 4.

pada contoh perhitungan kali ini kita menggunakan koefisien plesteran campuran 1 : 4. dari tabel tersebut didapat koefisien pasir adalah 0,024 m3 dan semen 6,24 kg untuk setiap m2 pemasangan plesteran dengan tebal 15 mm.

Leave a Reply

Your email address will not be published.