Jenis Alat Tukang Kayu / Perkakas Kayu

Posted on

Jenis Alat Tukang Kayu / Perkakas Kayu – Peralatan pertukangan sekarang ini semakin mengalami perkembangan. Sudah banyak sekali alat yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari alat sederhana atau alat yang penggunaannya masih dengan cara manual sampai peralatan modern yang umumnya dioperasikan secara terkomputerisasi.



Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai jenis-jenis alat pertukangan, terutama alat-alat yang biasa digunakan oleh tukang kayu dalam pekerjaan konstruksi dan pembuatan furniture atau mebel. Lebih jelasnya mari simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Harga Berbagai Jenis Kayu Terbaru 2022

Jenis-Jenis Alat Tukang Kayu

Jika dibedakan berdasarkan fungsinya, alat tukang kayu terbagi dalam beberapa jenis, yaitu:

  1. Alat Ukur

Tukang kayu profesional sudah pasti membutuhkan alat ukur ini sebagai peralatan untuk menunjang produkvitas. Alat ukur merupakan sebuah alat yang biasa digunakan untuk melakukan pengukuran panjang. Ada banyak sekali jenis alat ukur yang bisa dipilih, namun yang paling banyak digunakan adalah penggaris. Hal ini karena bagian permukaan kayu umumnya datar sehingga akan lebih mudah jika menggunakan penggaris.



Selain itu, ada juga alat ukur dalam bentuk roll atau yang biasa disebut dengan meteran. Jenis alat ukur yang satu sering digunakan untuk melakukan pengukuran pada kayu yang memiliki ukuran sangat besar.

Baca juga: Desain Kanopi Dari Kayu Model Minimalis

  1. Alat Pemotong (Pembelah) Kayu

Alat yang digunakan untuk memotong atau membelah kayu ini juga tersedia dalam berbagai macam jenis. Jenisnya tergantung dari ukuran kayu yang ingin dipotong dan dibentuk sesuai keinginan. Anda bisa memilih sendiri alat pemotong manakah yang sesuai dengan kebutuhan. Jenis-jenis alat potong atau belah kayu tersebut adalah sebagai berikut:

  • Gergaji

Secara umum, gergaji terbagi dalam dua jenis, yaitu gergaji belah dan gergaji potong. Gergaji belah (rip saw) biasa digunakan memotong kayu yang searah dengan seratnya atau membelah. Gergaji ini mempunyai sudut kemiringan sekitar 60 derajat dan tidak memiliki sisi-sisi yang tajam. Sehingga untuk mata gergaji yang runcing hanya ada di bagian ujungnya, tepatnya 60 derajat.



Sedangkan gergaji potong (crosscut saw) memiliki kegunaan untuk memotong kayu dengan cara melintah arah seratnya. Berbeda halnya dengan gergaji belah, jenis gergaji ini mempunyai sudut mata gergaji mulai dari 30 sampai dengan 45 derajat. Setiap sisinya dibuat sangat tajam dengan tujuan supaya mudah dalam memotong kayu.

  • Gergaji Mesin

Gergaji mesin adalah salah satu jenis alat pemotong kayu yang pada umumnya menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya. Pisau pemotong yang digunakan dalam bentuk piringan baja bergerigi tajam yang dioperasikan oleh mesin. Alat ini juga terbagi dalam dua jenis, yaitu circular saw dan jig saw.

Leave a Reply

Your email address will not be published.