Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik

Posted on

Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik – Mungkin sebagian besar dari Anda masih asing dengan pembuatan pompa air tanpa menggunakan listrik. Karena memang pompa air kebanyakan menggunakn sumber daya listrik. Sekarang ini ternyata sudah berhasil ditemukan cara membuat pompa air yang dimana tidak membutuhkan listrik sama sekali.



Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik

Ada beberapa contoh kondisi yang mengharuskan Anda untuk menggunakan pompa listrik, tetapi pada waktu itu Anda tidak menemukan adanya aliran listrik atau bahkan tidak memiliki aliran listrik. Seperti misalnya dengan kondisi sedang mengalami bencana alam, listrik padam atau hidup di desa terkencil yang tidak teraliri oleh listrik.

Namun kini Anda tidak perlu khawatir lagi jika sedang mengalami kondisi seperti demikian. Kali ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai bagaimana cara membuat pompa air tanpa listrik. Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Harga Pipa PVC Berbagai Ukuran

Metode Membuat Pompa Air Tanpa Menggunakan Listrik

Metode Membuat Pompa Air Tanpa Listrik

  • Menggunakan pompa air dari tenaga surya
  • Menggunakan pompa air manual seperti misalnya pompa dragon
  • Pompa air dengan memanfaatkan tenaga air
  • Pompa air dengan memanfaatkan tenaga angin

Beberapa metode alternatif diatas dapat Anda manfaatkan untuk membuat pompa air tanpa adanya aliran listrik. Namun dalam hal ini tentunya akan dibutuhkan sumber air ataupun dari sumur. Nah, khusus dalam ulasan kali ini kami hanya akan membahas mengenai bagaimana cara membuat pompa listrik tanpa aliran listrik dengan memanfaatkan bantuan dari tenaga air,  yaitu dengan membuat sebuah pompa Ram Hidrolik.



Sejarah Pompa

Pompa hydram hidolik pertama kali ditemukan oleh seorang warga negara Inggris yang bernama Jhon Whitehurst pada tahun 1771. Namun pompa hidrolik Jhon ini tidak aktif sendiri (non-self-acting ram pum). Setelah itu, warga negara Perancis yang bernama B. Montgolfier mulai  menambahkan katup yang bisa membuat pompa air aktif sendiri.

Pada tahun 1809 yang lalu paten pertama Amerika untuk pompa hydram hidrolik telah dikeluarkan bagi J Cerneau and S. S. Hallet di kota New York. Sejak tahun 1800 an pompa hydam hydrolik sudah menyebar secara luas hingga seluruh belahan dunia. Termasuk pula di wilayah negara Indonesia kecuali di kota Bandung, ada yang sudah mematenkan pompa hydram hidrolik beberapa tahun terakhir ini.

Pengertian Pompa Ram Hidrolik

Pengertian Pompa Ram Hidrolik

Menurut North Carolina Cooperative Exstension Service, pompa ram hidrolik adalah sebuah alat yang berupa pompa air sederhana tanpa menggunakan motor untuk dapat menggerakkan pompa dengan laju aliran yang sangat rendah. Pompa ini umumnya menggunakan tenaga air yang mengalir dan langsung mengalirkan air yang dimulai dari aliran sungai ataupun kolam air untuk menuju tempat penyimpanan air ataupun ke titik pembuangan air akhir.



Jadi, dapat dikatakan bahwa pompa ram hidrolik bisa berfungi pada berbagai tempat yang memiliki sumber air yang mengalir secara terus-menerus. Selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai tahapan cara yang perlu dilakukan dalam membuat pompa air tanpa menggunakan listrik, yakni pompa hidrolik.

Anda tidak perlu khawatir untuk masalah alat dan bahan yang harus disiapkan untuk membuat pompa hidrolik. Hanya dengan uang kurang lebih sekitar 500 ribu saja Anda sudah bisa membuat pompa hidrolik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.