Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik


Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik – Mungkin sebagian besar dari Anda masih asing dengan pembuatan pompa air tanpa menggunakan listrik. Karena memang pompa air kebanyakan menggunakn sumber daya listrik. Sekarang ini ternyata sudah berhasil ditemukan cara membuat pompa air yang dimana tidak membutuhkan listrik sama sekali.

Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik

Ada beberapa contoh kondisi yang mengharuskan Anda untuk menggunakan pompa listrik, tetapi pada waktu itu Anda tidak menemukan adanya aliran listrik atau bahkan tidak memiliki aliran listrik. Seperti misalnya dengan kondisi sedang mengalami bencana alam, listrik padam atau hidup di desa terkencil yang tidak teraliri oleh listrik.

Namun kini Anda tidak perlu khawatir lagi jika sedang mengalami kondisi seperti demikian. Kali ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai bagaimana cara membuat pompa air tanpa listrik. Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Harga Pipa PVC Berbagai Ukuran

Metode Membuat Pompa Air Tanpa Menggunakan Listrik

Metode Membuat Pompa Air Tanpa Listrik

  • Menggunakan pompa air dari tenaga surya
  • Menggunakan pompa air manual seperti misalnya pompa dragon
  • Pompa air dengan memanfaatkan tenaga air
  • Pompa air dengan memanfaatkan tenaga angin

Beberapa metode alternatif diatas dapat Anda manfaatkan untuk membuat pompa air tanpa adanya aliran listrik. Namun dalam hal ini tentunya akan dibutuhkan sumber air ataupun dari sumur. Nah, khusus dalam ulasan kali ini kami hanya akan membahas mengenai bagaimana cara membuat pompa listrik tanpa aliran listrik dengan memanfaatkan bantuan dari tenaga air,  yaitu dengan membuat sebuah pompa Ram Hidrolik.

Sejarah Pompa

Pompa hydram hidolik pertama kali ditemukan oleh seorang warga negara Inggris yang bernama Jhon Whitehurst pada tahun 1771. Namun pompa hidrolik Jhon ini tidak aktif sendiri (non-self-acting ram pum). Setelah itu, warga negara Perancis yang bernama B. Montgolfier mulai  menambahkan katup yang bisa membuat pompa air aktif sendiri.

Pada tahun 1809 yang lalu paten pertama Amerika untuk pompa hydram hidrolik telah dikeluarkan bagi J Cerneau and S. S. Hallet di kota New York. Sejak tahun 1800 an pompa hydam hydrolik sudah menyebar secara luas hingga seluruh belahan dunia. Termasuk pula di wilayah negara Indonesia kecuali di kota Bandung, ada yang sudah mematenkan pompa hydram hidrolik beberapa tahun terakhir ini.

Pengertian Pompa Ram Hidrolik

Pengertian Pompa Ram Hidrolik

Menurut North Carolina Cooperative Exstension Service, pompa ram hidrolik adalah sebuah alat yang berupa pompa air sederhana tanpa menggunakan motor untuk dapat menggerakkan pompa dengan laju aliran yang sangat rendah. Pompa ini umumnya menggunakan tenaga air yang mengalir dan langsung mengalirkan air yang dimulai dari aliran sungai ataupun kolam air untuk menuju tempat penyimpanan air ataupun ke titik pembuangan air akhir.

Jadi, dapat dikatakan bahwa pompa ram hidrolik bisa berfungi pada berbagai tempat yang memiliki sumber air yang mengalir secara terus-menerus. Selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai tahapan cara yang perlu dilakukan dalam membuat pompa air tanpa menggunakan listrik, yakni pompa hidrolik.

Anda tidak perlu khawatir untuk masalah alat dan bahan yang harus disiapkan untuk membuat pompa hidrolik. Hanya dengan uang kurang lebih sekitar 500 ribu saja Anda sudah bisa membuat pompa hidrolik ini.

Cara Menggunakan Tenaga Air untuk Pompa Ram Hidrolik

Cara Memakai Tenaga Air untuk Pompa Ram Hidrolik

Sebelum hendak membuat pompa ram hidrolik, ada dua hal yang Anda butuhkan, yakni:

  • Dibutuhkan adanya sumber air yang mengalir secara terus menerus baik itu dari kolam ataupun jenis mata air lainnya dan berada tepat diatas pompa. Sehingga nantinya air tersebut akan mengalir langsung menuju ke bawah dan masuk ke dalam pompa.
  • Dibutuhkan air dalam jumlah yang sangat banyak sekitar 2 sampai 3 galon per menitnya dengan tujuan supaya air bersih bisa terus menerus mengalir hingga ke dalam tempat penyimpanan air.

Cara Instal Pompa Ram Hidrolik

Cara Instal Pompa Ram Hidrolik

Untuk cara mengintal pompa ram hidrolik bisa dibilang cukup mudah yang dimana dimulai dengan cara memasang ram, yakni setidaknya satu setengah kaki dibawah sumber mata air yang ingin digunakan. Kemudian dibutuhkan pipa dengan panjang kurang lebih 10 sampai 15 kaki jauh lebih besar daripada jarak dimana nantinya ia jatuh. Pipa ini merupakan suplai air langsung ke pompa atau yang biasa disebut dengan pipa penggerak.

Sebelum airnya nanti masuk langsung ke dalam pompa maka perlu dipasang sebuah filter. Hal ini bertujuan agar benda-benda asing ataupun kotoran tidak dapat masuk ke dalam pompa air untuk dapat menghindari malfungsi pompa. Selanjutnya Ada bisa memasang flexible polyethylene tubing dari keluaran pompa air ke tempat penampungan air. Perhatikan dengan baik, jangan sampai ada belokan pipa yang tajam agar kecepatan airnya tidak menjadi terhambat.

Bagaimana Cara Gravitasi Bumi Membuat Pompa Air Bisa Bekerja

Gravitasi Bumi Membuat Pompa Air Bisa Bekerja

  • Air yang berasal dari sumber akan mengalir ke pipa penggerak hingga ada tekanan yang cukup untuk dapat menggerakkan pompa.
  • Ketika valve pembuangan sudah ditutup maka air akan menjadi mengalir mulai dari check valve untuk menuju langsung ke wadah penampungan teknanan udara. Selanjutnya air akan menutup saluran air dan memaksanya agar bisa memberikan tekanan balik, menutup check valve kemudian air akan keluar secara langsung ke pipa keluaran yang kemudian menuju ke tempat penampungan paling akhir.
  • Apabila check valve sudah ditutup maka air yang berada di dalam penggerak akan memantul kembali sesaat dan bisa menciptakan tekanan parsial atau sebagian yang bisa membuka valve pembuangan kembali. Air yang sudah terbuang kemudian akan mengalir keluar dari bagian lubang pembuangan. Air ini dapat Anda arahkan ke tempat lainnya atau bisa juga didiamkan supaya kembali lagi ke sumber utama air.

Cara Kerja Pompa Hidram Mengalirkan Air

Bagian-bagian instalasi pompa ini dapat Anda perhatikan pada gambar di atas. Begini cara kerjanya:
  1. Air dari bak penampungan (a), dialirkan melalui pipa pemasukan (b), dan ke luar melalui lubang katup limbah (c).
  2. Aliran air yang cukup deras ini akan mengangkat katup limbah hingga lubang pengeluaran airnya tertutup.
  3. Penutupan secara tiba-tiba tersebut menimbulkan tekanan dinamik di dalam hidram yang disebut palu air.
  4. Tekanan yang 10 kali lipat gaya tekan statis itu mendorong sebagian air dalam badan pompa ke tabung udara (f), melalui katup pengantar (d).
  5. Adanya tekanan balik dalam badan pompa, setelah efek palu air berakhir, secara singkat menggerakkan air kembali menuju sumbernya. Dan dalam waktu yang bersamaan, udara luar masuk melalui katup udara (e).
  6. Isapan yang terjadi karena tekanan balik ini menyebabkan katup limbah ketarik ke bawah: lubang katup limbah terbuka kembali. Siklus terja di atas berulang kembali.
  7. Dengan adanya katup pengantar, air yang telah didorong masuk ke dalam tabung udara tidak bisa kembali ke tempat semula. Siklus ini terjadi sampai 75 kali dalam semenit. Jalan ke luar satu-satunya, bagi air yang telah didorong ke tabung udara, adalah mengalir melalui pipa pengantar (g), terus dinaikkan ke bak hasil pemompaan (h).

Kelebihan dan Kekurangan Pompa Ram Hidrolik

Kelebihan dan Kekurangan Pompa Ram Hidrolik

Ada banyak sekali kelebihan dan kekurangan yang akan didapatkan jika menggunakan pompa ram hidrolik. Kelebihanya sudah pasti pompa ini tidak membutuhkan adanya aliran listrik. Bahkan untuk masalah perawatannya bisa dibilang jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan pompa air yang memanfaatkan sumber daya listrik.

Namun pompa ram hidrolik juga memiliki kekurangan. Kekurangannya bisa dibilang tidak terlalu fatal dan bahkan dapat diminimalisir. Yaitu, cukup banyak air yang akan terbuang secara percuma dan tidak bisa tersalurkan penuh ke tempat penampungan air. Hal ini tentunya tidak akan menjadi masalah apabila sumber airnya cukup banyak.

Baca juga: Desain Kolam Ikan Minimalis

Demikian informasi yang dapat website kami sampaikan secara lengkap dan jelas megenai cara membuat pompa air tanpa listrik. Langkah-langkah yang kami sampaikan diatas dijamin bisa berhasil jika Anda mengikuti tahapan caranya dengan baik dan benar.

Semoga dengan adanya informasi ini dapat memberikan sedikit wawasan bagi Anda semua untuk membuat sendiri pompa air tanpa adanya aliran listrik. Terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa kembali di pembahasan yang berikutnya.


Leave a Comment