Pekerjaan Pondasi Batu Kali Beserta Gambar

Pondasi Batu Kali – Pondasi yang biasa digunakan untuk rumah atau bangunan memiliki jenis yang sangat beragam. Tetapi dari sekian banyaknya jenis pondasi, yang paling populer dan banyak digunakan adalah pondasi batu kali.

Hal ini karena pondasi batu kali terkenal sangat kokoh, tahan lama, dan bisa ditemukan dengan mudah dipasaran.

Pondasi Batu Kali

Pondasi batu kali juga  mempunyai karakter yang berbeda dengan jenis pondasi rumah yang lainnya. Nah, pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan mengenai pondasi batu kali sehinga Anda bisa memilih pondasi yang tepat untuk huniah Anda.

Untuk selengkapnya mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Karakteristik Pondasi Batu Kali

  1. Meminimalisir Kebocoran

Karakteristik Pondasi Batu Kali Meminimalisir Kebocoran

Karakteristik pertama yang dimiliki oleh pondasi batu adalah kemampuannya dalam meminimalisir segala jenis kebocoran. Jika rumah Anda dibangun dengan menggunakan pondasi batu kali maka lingkungan akan lebih sehat dan terjaga karena memang terhindar dari kebocoran seperti banjir, gas, dan sulit sekali terkena serangan jamur.

  1. Karakteristik Konstruksi Sederhana dari Pondasi Batu Kali

Karakteristik Konstruksi Sederhana dari Pondasi Batu Kali

Pondasi batu kali juga mempunyai karakter konstruksi yang lebih sederhana daripada jenis pondasi yang lainnya. Dengan demikian maka untuk proses pengerjaan pondasi batu kali akan lebih praktis.

Dalam pengerjaannya, bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat pondasi batu kali tidak terlalu banyak sehingga Anda bisa lebih menghemat pengeluaran.

Bahkan kebutuhan untuk penggunaan alat berat pun dapat diminimalisir sehingga pondasi jenis cocok sekali untuk digunakan bagi Anda yang mempunyai budget terbatas.

  1. Dapat Memperkuat Masa Bangunan

Pondasi Batu Kali Dapat Memperkuat Masa Bangunan

Jenis pondasi batu kali sudah banyak digunakan sebagai pembuatan bangunan sudah sejak dulu. Hal ini karena memang mempunyai karakter yang awet dan mampu tahan lama jika dibandingkan dengan jenis pondasi yang lainnya.

Maka tak heran jika jenis pondasi ini sangat efektif untuk membuat struktur bangunan yang ada diatasnya semakin kuat dan kokoh.

  1. Penggunaan Pondasi Batu Kali bagi Bangunan yang Tahan Gempa

Penggunaan Pondasi Batu Kali bagi Bangunan yang Tahan Gempa

Karakter lain pondasi batu kali adalah memiliki daya tahan yang sangat tinggi terhadap guncangan seperti gempa. Pondasi batu kali ini juga bisa digabungan dengan teknik pemasangan bore pile atau strauss pile.

Hal tersebut bertujuan supaya daya tahan bangunan terhadap guncangan bisa menjadi semakin kuat dan mampu meredam getaran yang berasal dari dalam tanah maupun lingkungan di sekeliling bangunan.

  1. Penggunaan Pondasi Batu Kali pada Kondisi Tanah yang Stabil

Penggunaan Pondasi Batu Kali pada Kondisi Tanah yang Stabil

Meskipun mempunyai banyak sekali kelebihan, tetapi pondasi batu kali ini tidak dapat diaplikasikan pada semua jenis tanah. Pondasi batu kali hanya bisa digunakan pada kondisi tanah yang stabil.

Jika tidak maka saat terjadi pergeseran tanah maupun akar pohon dapat menimbulkan masalah seperti misalnya struktur dinding yang akan mengalami keretakan.

Maka dari itu penggunan pondasi batu kali harus disesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi tanah di lingkungannya.

Baca Juga: Pondasi Rumah 2 Lantai

Kelebihan Pondasi Batu Kali

Pondasi batu kali memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan jenis pondasi batu yang lainnya. Adapun kelebihan pondasi batu kali adalah sebagai berikut:

  • Proses pemasangan yang jauh lebih mudah.
  • Cepat sekali dalam melakukan proses pengerjaan sehingga akan lebih menghemat waktu.
  • Lebih terjangkau, karena mudah sekali untuk mendapatkan batu kali.
  • Tahan lama, pondasi batu kali mampu bertahan lama jika dibuat dengan komposisi yang benar.

Kekurangan Pondasi Batu Kali

  • Tidak cocok untuk digunakan rumah 2 lantai, sehingga diharuskan untuk mengganti pondasi jika ingin merenovasi rumah.
  • Memang mudah didapatkan, tetapi di beberapa tempat yang tertentu sangat sulit sekali didapat. Jadi pastikan bahwa di wilayah Anda terdapat batu kali jika Anda memang ingin membuat pondasi dari batu kali.
  • Karena di beberapa wilayah yang tertentu susah untuk memperoleh batu kali, maka secara otomatis harga di wilayah tersebut juga akan semakin mahal.

Metode Pelaksanaan Pondasi Batu Kali

Pengerjaan Pondasi Batu Kali

Pondasi batu kali termasuk dalam kategori jenis pondasi dangkal. Ada beberapa tahap dalam proses pengerjaan pondasi batu kali, yaitu:

  1. Pekerjaan persiapan
  2. Pekerjaan galian
  3. Pekerjaan urugan pasir
  4. Dan pekerjaan pemasangan pondasi batu kali

Pekerjaan Persiapan

Pekerjaan persiapan ini meliputi perencanaan urutan galian, urutan untuk memasang pondasi batu kali, tempat yang digunkan untuk penimbunan tanah hasil galian sementara sebelum hendak diangkut dari site dan tempat untuk menimbun batu-batu kali sebelum dilakukan pemasangan.

Pekerjaan Galian

Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam pekerjaan galian adalah sebagai berikut:

  1. Menyiapkan beberapa alat yang dibutuhkan.
  2. Melakukan penggalian tanah yang memiliki ukuran lebar sama dengan pondasi batu kali pada bagian bawah dengan kedalaman yang telah disyaratkan.
  3. Menggali bagian sisi-sisi miringnya sampai mendapatkan sudut kemiringan yang tepat.
  4. Buanglah sisa tanah galian secara langsung ke tempat yang sudah ditentukan.
  5. Silahkan lakukan pengecekan pada posisi, kedalaman, lebar, dan juga kerapiannya yang sesuai dengan rencana.

Pekerjaan Galian

Rencana Galian Pondasi

Pekerjaan Urugan Pasir

Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam pekerjaan urugan pasir adalah sebagai berikut:

  1. Pasir urug harus diratakan pada dasar galian dan kemudian disiram untuk memperoleh kelembaban yang optimal untuk pemadatan.
  2. Pasir urug tersebut dipadatan dengan menggunakan alat stamper.
  3. Jika perlu silahkan ulangi langkah satu dan langkah dua sampai mendapatkan tebal pasir urug seperti yang sudah direncanakan.

Pekerjaan Urugan Pasir

Pekerjaan Urugan Pasir

Pekerjaan Pemasangan Pondasi

Pada pekerjaan pemasangan pondasi batu kali ada dua tahap, yakni pembuatan profil dan pemasangan.

Pembuatan profil:

  1. Pasanglah patok batu untuk melakukan pemasangan profil (2 patok untuk masing-masing profil).
  2. Pasanglah bilah batu pada kedua patok tersebut yang dimana harus setinggi profil.
  3. Profil harus dipasang dengan tegak lurus dan untuk bidang atas profil diatas. Titik tengah profil harus tepat berada di tengah-tengah galian yang sudah direncakan dan bidang atas profil sesuai dengan peil pondasi.
  4. Lakukan pengikatan profil tersebut pada bilah datar yang dipasang diantara kedua patok. Jika perlu bisa dipaku supaya lebih kuat.
  5. Pasang patok sokong, secara miring pada bagian tebing galian pondasi kemudian diikatkan dengan profil, sehingga nantinya akan menjadi semakin kuat dan kokoh.
  6. Cek kembali ketegakan atau posisi profil dan juga ukurannya. Segera lakukan perbaikan jika misalnya ada yang tidak tepat, begitu pula peilnya.

Baca Juga: Harga Batu Kali Per Kubik

Pemasangan Batu Kali:

  1. Siapkan berbagai macam alat dan bahan yang diperlukan.
  2. Lakukan pemasangan benang pada bagian sisi luar profil untuk setiap beda tinggi sekitar 25 cm dari bagian permukaan urugan pasir.
  3. Siapkan bahan adukan untuk bisa melekatkan batu-batu kali tersebut.
  4. Susunlah batu-batu kali diatas lapisan pasir urug tanpa bahan adukan (aanstamping) dengan tinggi kurang lebih 25 cm kemudian isikan pasir kedalam celah batu kali tersebut sampai benar-benar tidak terlihat rongga antar batu. Jika sudah maka siram pasangan batu kosong tersebut dengan menggunakan air.
  5. Naikkan benang pada 25 cm selanjutnya dan lakukan pemasangan batu kali dengan adukan, sesuai dengan ketinggian benang. Untuk bidang luar pasangan tersebut diharuskan rata.Pembuatan Profil Batu Kali

Pembuatan Profil Batu Kali

Pondasi Batu Kali

Pondasi Batu Kali

Leave a Comment