Pekerjaan Pondasi Batu Kali Beserta Gambar

Posted on

Pondasi Batu Kali – Pondasi yang biasa digunakan untuk rumah atau bangunan memiliki jenis yang sangat beragam. Tetapi dari sekian banyaknya jenis pondasi, yang paling populer dan banyak digunakan adalah pondasi batu kali.



Hal ini karena pondasi batu kali terkenal sangat kokoh, tahan lama, dan bisa ditemukan dengan mudah dipasaran.

Pondasi Batu Kali

Pondasi batu kali juga  mempunyai karakter yang berbeda dengan jenis pondasi rumah yang lainnya. Nah, pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan mengenai pondasi batu kali sehinga Anda bisa memilih pondasi yang tepat untuk huniah Anda.

Untuk selengkapnya mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Karakteristik Pondasi Batu Kali

  1. Meminimalisir Kebocoran

Karakteristik Pondasi Batu Kali Meminimalisir Kebocoran



Karakteristik pertama yang dimiliki oleh pondasi batu adalah kemampuannya dalam meminimalisir segala jenis kebocoran. Jika rumah Anda dibangun dengan menggunakan pondasi batu kali maka lingkungan akan lebih sehat dan terjaga karena memang terhindar dari kebocoran seperti banjir, gas, dan sulit sekali terkena serangan jamur.

  1. Karakteristik Konstruksi Sederhana dari Pondasi Batu Kali

Karakteristik Konstruksi Sederhana dari Pondasi Batu Kali

Pondasi batu kali juga mempunyai karakter konstruksi yang lebih sederhana daripada jenis pondasi yang lainnya. Dengan demikian maka untuk proses pengerjaan pondasi batu kali akan lebih praktis.

Dalam pengerjaannya, bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat pondasi batu kali tidak terlalu banyak sehingga Anda bisa lebih menghemat pengeluaran.



Bahkan kebutuhan untuk penggunaan alat berat pun dapat diminimalisir sehingga pondasi jenis cocok sekali untuk digunakan bagi Anda yang mempunyai budget terbatas.

  1. Dapat Memperkuat Masa Bangunan

Pondasi Batu Kali Dapat Memperkuat Masa Bangunan

Jenis pondasi batu kali sudah banyak digunakan sebagai pembuatan bangunan sudah sejak dulu. Hal ini karena memang mempunyai karakter yang awet dan mampu tahan lama jika dibandingkan dengan jenis pondasi yang lainnya.

Maka tak heran jika jenis pondasi ini sangat efektif untuk membuat struktur bangunan yang ada diatasnya semakin kuat dan kokoh.

  1. Penggunaan Pondasi Batu Kali bagi Bangunan yang Tahan Gempa

Penggunaan Pondasi Batu Kali bagi Bangunan yang Tahan Gempa

Karakter lain pondasi batu kali adalah memiliki daya tahan yang sangat tinggi terhadap guncangan seperti gempa. Pondasi batu kali ini juga bisa digabungan dengan teknik pemasangan bore pile atau strauss pile.



Hal tersebut bertujuan supaya daya tahan bangunan terhadap guncangan bisa menjadi semakin kuat dan mampu meredam getaran yang berasal dari dalam tanah maupun lingkungan di sekeliling bangunan.

  1. Penggunaan Pondasi Batu Kali pada Kondisi Tanah yang Stabil

Penggunaan Pondasi Batu Kali pada Kondisi Tanah yang Stabil

Meskipun mempunyai banyak sekali kelebihan, tetapi pondasi batu kali ini tidak dapat diaplikasikan pada semua jenis tanah. Pondasi batu kali hanya bisa digunakan pada kondisi tanah yang stabil.

Jika tidak maka saat terjadi pergeseran tanah maupun akar pohon dapat menimbulkan masalah seperti misalnya struktur dinding yang akan mengalami keretakan.

Maka dari itu penggunan pondasi batu kali harus disesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi tanah di lingkungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *