Jenis Pondasi Tiang Pancang Berbagai Ukuran

Posted on

Pondasi Tiang Pancang –  Pondasi adalah bagian dari konstruksi bangunan yang memiliki peran penting untuk dapat meningkatkan kekuatan dan ketahanan suatu bangunan. Ada banyak sekali jenis pondasi yang digunakan untuk konstruksi bangunan.



Namun jenis pondasi yang biasa digunakan adalah tiang pancang yang berfungsi untuk meneruskan beban bangunan sampai bagian tanah paling keras yang letaknya cukup jauh dari permukaan tanah.

 Pondasi Tiang Pancang

Pondasi tiang pancang sendiri terdiri dari berbagai macam jenis yang dimana setiap jenisnya memiliki kelebihan masing-masing. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai pondasi tiang pancang. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Pondasi Tiang Pancang

Tiang pancang adalah bagian dari pondasi yang memiliki fungsi untuk dapat menyalurkan beban dari konstruksi dan struktur bangunan menuju ke dalam lapisan tanah paling dalam yang letaknya sangat jauh dibawah permukaan sehingga bangunan nantinya akan menjadi semakin kokoh dan tahan lama.

Praktik pemancangan biasanya dilakukan pada posisi tegak lurus ke dalam tanah. Tetapi disamping itu, ada pula teknik pemancangan miring seperti pada dermaga karena sangat dipengaruhi oleh tekanan ke arah samping dari kapal maupun perahu.

Kegunaan Pondasi Tiang Pancang

Sebagai salah satu jenis pondasi yang terkenal kuat dan kokoh, pastinya tiang pancang mempunyai beberapa kegunaan yang lainnya seperti:

pondasi tiang pancang

  1. Dapat Menahan Beban Konstruksi dengan Baik

Pondasi tiang pancang bisa digunakan untuk menopang beban konstruksi dari permukaan tanah menuju ke bagian dalam tanah dengan melalui lapisan tanahnya. Pondasi tiang pancang mempunyai kemampuan dalam mengirim gaya vertikal dan gaya lateral.

  1. Bekerja Seperti Pondasi Tapak

Sama halnya dengan pondasi tapak, jenis pondasi yang satu ini bisa digunakan untuk menahan gaya dorongan yang berasal dari dalam tanah. Disamping itu, pondasi tiang pancang juga mampu menahan kaki-kaki tiang bangunan supaya nantinya tidak terjadi gagal guling.

  1. Mengontrol Getaran Pada Pondasi

Bisa digunakan untuk memadatkan tanah yang berada di bagian bawah pondasi serta mengontrol amplitudo getaran dan juga efek alami dari mesin pemancang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.