Jenis Rambu Petunjuk Dan Fungsinya

Posted on

Jenis Rambu Petunjuk Dan Fungsinya – Demi terciptanya lalu lintas jalan yang aman dan nyaman, setiap pengguna jalan diharuskan untuk memahami segala macam aturan lalu lintas. Salah satunya yaitu warna-warna yang dimiliki oleh rambu petunjuk jalan.



Jika Anda sering melewati jalan raya atau tol maka sudah pasti tidak asing dengan yang namanya rambu petunjuk jalan. Rambu-rambu ini mempunyai latar warna biru atau hijau, sedangkan tulisannya berwarna putih. Meskipun mempunyai latar warna yang berbeda, tetapi untuk informasi yang diberikan sama, yaitu berupa daerah yang dituju.

Baca juga: Gaji Dan Prospek Kerja Teknik Sipil

Perbedaan Rambu Petunjuk Jalan Berwarna Hijau dan Biru

Rambu petunjuk sendiri merupakan sebuah rambu yang digunakan untuk memandu para pengemudi ketika dalam perjalanan dan untuk memberikan informasi lainnya yang juga berguna untuk pengemudi.

Perlu diketahui bahwa pemberian warna rambu petunjuk ini ternyata sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia, khususnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2014 yang membahas tentang rambu lalu lintas. Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa setiap rambu memiliki warna yang berbeda. Supaya lebih jelas, mari simak perbedaannya berikut ini.



Rambu Petunjuk Jalan Berwarna Biru

Pada pasal 17 menjelaskan bahwa sebuah rambu petunjuk yang memiliki warna dasar biru, garis tepi putih, lambang putih, kemudian huruf, angka, termasuk kata-kata yang berwarna putih maka berarti rambu perintah.

Selanjutnya pada pasal 20, rambu dengan warna biru yang memiliki ciri serupa juga berfungsi sebagai petunjuk batas wilayah, batas jalan tol, lokasi utilitas umum, rambu pengaturan lalu lintas, dan rambu dengan kata-kata. Seperti misalnya, rambu dengan perintah “Bus dan Truk Gunakan Lajur Kiri” atau “Batas Kecepatan Maksimum 100 Km/jam Minimum 80 Km/jam”.

Ketika menjumpai rambu perintah dengan warna biru yang menunjukkan suatu lokasi, Anda harus tetap berada di jalur yang ditunjuk rambu. Jangan sampai keluar jalur untuk sampai pada lokasi yang dituju. Misalnya saja, ada rambu semacam ini dengan tulisan “Bandung”. Ini berarti bahwa jalan yang Anda pilih akan mengarah langsung ke Bandung, dan tidak ada pilihan yang lainnya.

Rambu Petunjuk Berwarna Hijau

Pada pasal 18 menjelaskan bahwa rambu yang memiliki warna dasar hija, garis tepi putih, lambang, serta huruf dan angka putih, adalah rambu petunjuk yang berguna untuk memandu para pengemudi ketika melakukan perjalanan. Rambu ini juga berguna untuk menunjukkan jurusan wilayah dan lokasi yang tertentu.



Rambu berwarna hijau ini banyak dijumpai di jalan raya atau tol yang berguna untuk menujukkan lokasi dan pada umumnya akan dipasang sebelum kota atau wilayah yang dituju. Seperti misalnya, Bandara Internasional Soekarno Hatta, 25 km”. Hal ini bertujuan supaya para pengguna jalan bisa memilih dengan bebas, ingin melintasi jalur tersebut ataukah tidak.

Rambu Petunjuk Jalan Berwarna Coklat

Selain warna biru dan hijau, ada juga rambu yang memiliki warna coklat. Rambu ini memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan rambu hijau. Namun perbedaannya, rambu  coklat berarti sebagai lokasi atau suatu tempat, bahkan juga sering merujuk pada tempat wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published.