Wednesday 23rd of October 2024

Macam Macam Kayu Lunak yang Bisa Dijadikan Bahan Aksesoris Interior Rumah Minimalis

Macam Macam Kayu Lunak yang Bisa Dijadikan Bahan Aksesoris Interior Rumah Minimalis

--

UDBangunan - Kayu merupakan salah satu material yang banyak dijumpai pada beberapa produk hunian, seperti furnitur, interior, eksterior dan kebutuhan konstruksi berat lainnya.

Apalagi material yang tercipta dari alam ini tentunya memiliki segudang keunggulan tersendiri, terutama dari segi tampilan dan kekuatannya.

Baca juga: Pilihan Lantai Outdoor yang Awet dan Anti Licin, Ada 4 Material Terbaik

Baca juga: Inspirasi Desain Atap Transparan untuk Rumah Modern Lengkap Dengan Fungsi Selain Estetika

Pada dasarnya, jenis-jenis kayu terbagi menjadi dua, yaitu Kayu Keras ( Harwood ) hingga Kayu Lunak ( Softwood ) Istilah tersebut tentu tidak mengacu pada tingkat kekerasan dan keawetannya. Melainkan hanya klasifikasi dari jenis-jenis kayu tersebut.

Meskipun kayu keras terkenal dengan segudang keunggulannya dalam hal kekuatan, namun kayu lunak juga tidak kalah bersaing. Untuk itu, mari kita bahas apa saja manfaat dan jenis-jenis kayu lunak berikut ini:

Apa itu Kayu Lunak?

Jika ditanya, apa itu kayu lunak? Kayu lunak adalah kayu yang dihasilkan dari pohon yang memiliki biji yang tidak tertutup oleh daging buah, atau sering disebut juga dengan tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae).

Baca juga: Ukuran Kalsiboard Standar SNI dan Jenis-Jenis yang Cocok Sebagai Dinding Rumah dan Plafon

Pada dasarnya, kayu lunak sering digunakan sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan, kertas dan lain-lain. Namun tak jarang jika beberapa jenis kayu lunak, digunakan untuk bahan interior.

Karakteristik Kayu Lunak

Ciri-ciri kayu lunak yang mudah untuk Anda ketahui adalah kayu lunak memiliki sel dengan ukuran yang lebih lebar atau disebut dengan sel jari-jari.

Inilah yang menjadi ciri khas dari kayu lunak, ciri lainnya adalah tidak memiliki pori-pori pada area kayu sehingga selnya lebih rendah dan memiliki tekstur kayu yang lebih lembut.

Pertumbuhan Kayu Lunak

Dari segi pertumbuhan, kayu lunak memiliki pertumbuhan yang lebih cepat, karena daunnya tidak rontok, sehingga dapat berkonsentrasi pada fotosintesisnya tanpa terganggu.

Memiliki tekstur yang halus dan ringan, kayu lunak lebih banyak digunakan untuk membuat kerajinan tangan atau furnitur.

Jadi, apa saja jenis kayu lunak? Tentu saja, kayu keras dan kayu lunak memiliki jenis kayu yang berbeda, seperti beberapa jenis kayu lunak berikut ini yang bisa Anda gunakan, antara lain:

Source:

Update Terbaru

RELATED POST