Wednesday 23rd of October 2024

Alasan Kenapa Lantai Harus Dicoating Lebih Dahulu, Berikut Pilihan Terbaik dan Mudah Ditemukan

Alasan Kenapa Lantai Harus Dicoating Lebih Dahulu, Berikut Pilihan Terbaik dan Mudah Ditemukan

--

5. Meningkatkan Nilai Properti

Pelapisan lantai tidak hanya memberikan keuntungan jangka pendek, tetapi juga merupakan investasi jangka panjang.

Lantai yang terlindungi dengan baik akan tetap terlihat bagus dan estetis bahkan setelah digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Jika suatu saat Anda berencana untuk menjual rumah Anda, lantai yang terawat dengan baik akan meningkatkan nilai properti secara signifikan.

Baca juga: Tips Memilih Atap Transparan Untuk Dapur, Gunakan Lampu Penerangan Alami

Baca juga: Ukuran Kalsiboard Standar SNI dan Jenis-Jenis yang Cocok Sebagai Dinding Rumah dan Plafon

Dari paragraf di atas, sempet disinggung mengenai jenis pelapis untuk lantai, ternyata ada beberapa jenis yang bisa digunakan, ketahui berikut ini beserta kualitasnya:

Jenis-jenis Pelapis untuk Lantai

1. Pelapis Lantai Self Levelling

Self Levelling Coating dirancang khusus untuk permukaan lantai beton dan bertujuan untuk memperpanjang umur lantai.

Keunggulan utama dari jenis ini adalah kemampuannya untuk meratakan dan mengisi celah-celah kecil pada lantai beton, sehingga lantai tetap awet dan tahan lama.

2. Pelapisan Multi Layer

Pelapisan multi-layer melibatkan beberapa tahap aplikasi, mulai dari pelapisan dasar, dempul, hingga finishing dengan self-leveling.

Lapisan dasar ini lebih tebal dari self-leveling dan idealnya memiliki ketebalan 2000-3000 mikron untuk memberikan hasil yang optimal dan daya tahan yang lebih baik.

3. Mortar Pelapis (Coating Mortar)

Jenis coating ini didesain untuk lantai beton atau mortar, memberikan perlindungan ekstra terhadap cuaca, abrasi, dan korosi.

Dengan bahan resin yang dicampur dengan pengeras dan pasir silika, coating mortar mampu menahan beban berat, sehingga sangat cocok untuk lingkungan dengan lalu lintas tinggi.

4. Pelapisan 3

Jika Anda ingin menampilkan desain yang unik dan estetis, pelapisan 3D adalah pilihan yang tepat. Dengan bantuan self-leveling untuk finishing, pelapisan 3D menciptakan pola lukisan yang hidup. Pilihan warna glossy direkomendasikan untuk menghasilkan efek yang lebih nyata dan mengesankan.

Baca juga: Macam Macam Material Dinding Selain Bata Merah yang Murah dan Sama Kuatnya

5. Pelapisan Anti-Statis

Pelapis anti-statis dirancang untuk mencegah masalah statis yang sering terjadi pada lingkungan industri atau ruangan dengan peralatan elektronik yang sensitif.

Dengan lapisan ini, listrik statis pada permukaan lantai dapat diredam sehingga mencegah risiko sengatan listrik yang berbahaya.

6. Pelapis Serpihan (Flake Coating)

Pelapis flake mengandung serpihan-serpihan kecil yang terbuat dari mika, logam, atau bahan sintetis lainnya, sehingga menciptakan efek visual yang menarik.

Pelapis ini cocok digunakan untuk berbagai ruang, seperti teras, ruang tamu, kamar tidur, dan garasi, sehingga memberikan sentuhan estetika yang berbeda pada lantai.

Itulah beberapa informasi mengenai coating dari beberapa aspek, termasuk fungsi, hingga jenis-jenis yang bisa digunakan.

Source:

Update Terbaru

RELATED POST