Friday 18th of October 2024

Ukuran Kusen Pintu SNI, Nyaman dan Aman Digunakan Rata Rata Tinggi Orang Indonesia

Ukuran Kusen Pintu SNI, Nyaman dan Aman Digunakan Rata Rata Tinggi Orang Indonesia

--

UDBangunan - Ukuran kusen pintu sangatlah penting. Karena ukuran ini nantinya dapat mempengaruhi saat memasukkan dan/atau mengeluarkan barang. Ukuran kusen pintu ini tergantung dari jenis model pintu yang dipilih.

Seperti yang diketahui, fungsi kusen pintu adalah sebagai tempat meletakkan daun pintu. Selain itu, kusen juga memiliki fungsi untuk menyekat dinding antar ruangan. Ukuran kusen pintu dengan daun pintu harus disesuaikan agar nantinya dapat terpasang dengan baik.

Ukuran Kusen Pintu

Spesifikasi ukuran kusen berikut ini merupakan ketentuan dasar yang harus diperhatikan bagi Anda yang sedang merencanakan pekerjaan pintu dan jendela sebuah bangunan.

Baca juga: Macam Macam Material Dinding Selain Bata Merah yang Murah dan Sama Kuatnya

Baca juga: Urutan Proses Serah Terima Proyek Konstruksi, Mulai dari PHO Hingga Ke FHO

Pada umumnya, ukuran ketebalan kusen tiap sisi adalah 6 cm. Sedangkan bila kusen pintu digabungkan dengan jendela, maka ketebalan yang digunakan menjadi dua kali lipat, yaitu 12 cm.

Adapun beberapa ukuran kusen pintu yang baik harus dibuat sesuai dengan jenis dan modelnya, yaitu:

  • Ukuran Kusen Pintu Daun Tunggal

Pintu daun tunggal merupakan jenis pintu yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Ukuran kusen pintu ini umumnya 80 cm x 210 cm. Namun, ada juga yang menerapkan (90, 20) cm x (210, 240) cm untuk ukuran kusen pintu daun tunggal, sehingga akan terlihat begitu megah dan mewah.

  • Ukuran Kusen Pintu Kupu-Kupu (Ganda)

Desain pintu ini dikenal dengan model pintu kupu-kupu. Ukuran standar kusen pintu jenis ini memiliki ukuran 120 cm x 200 cm. Sedangkan ukuran lain yang dipilih untuk menampilkan rumah yang megah dan mewah bisa menggunakan ukuran kusen pintu double dengan ukuran (150, 180, 210, 240) cm x (210, 240) cm.

  • Ukuran Kusen Pintu Kamar Tidur

Meskipun barang-barang yang ada di kamar tidur tidak sebanyak barang-barang yang ada di ruang keluarga, atau ruangan lainnya, kusen pintu kamar tidur tetap harus diperhatikan ukurannya. Dengan ukuran yang pas, penghuni tidak akan merasa kesulitan saat harus keluar masuk kamar tidur.

Idealnya, kamar tidur memiliki ukuran kusen pintu 80 cm x 200 cm. Ukuran kusen pintu kamar tidur yang standar tersebut tidak cocok untuk ukuran yang besar, agar terlihat lebih minimalis dan simpel.

Source:

Update Terbaru

RELATED POST