Friday 18th of October 2024

Ukuran Kalsiboard Standar SNI dan Jenis-Jenis yang Cocok Sebagai Dinding Rumah dan Plafon

Ukuran Kalsiboard Standar SNI dan Jenis-Jenis yang Cocok Sebagai Dinding Rumah dan Plafon

--

UDBangunan - Ukuran kalsiboard dan daya tahannya yang cukup lama membuat material konstruksi ini mampu digunakan sebagai penutup dinding, plafon, dan juga partisi lainnya. Kalsiboard banyak digunakan sebagai bahan konstruksi alternatif pengganti asbes dan gypsum karena memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh keduanya.

Ada berbagai jenis dan ukuran kalsiboard yang bisa Anda gunakan sebagai material penutup dinding, plafon, hingga lantai rumah. Nah, apakah Anda tertarik untuk mempertimbangkan penggunaan kalsiboard di rumah? Jika iya, yuk ketahui dulu ukuran dan jenis kalsiboard yang beredar di pasaran, untuk menghindari kejadian salah pilih jenis material yang satu ini.

Baca juga: Ukuran Kusen Pintu SNI, Nyaman dan Aman Digunakan Rata Rata Tinggi Orang Indonesia

Baca juga: Urutan Proses Serah Terima Proyek Konstruksi, Mulai dari PHO Hingga Ke FHO

Varian Ukuran Kalsiboard yang Cocok untuk Berbagai Bangunan

Ukuran kalsiboard standar memiliki panjang x lebar, yaitu 244 cm x 122 cm. Sedangkan ketebalan kalsiboard memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung jenisnya.

Semakin riskan menerima beban, maka semakin tinggi pula ketebalannya. Misalnya saja kalsiboard plafon memiliki ketebalan 3 mm - 4 mm, ketebalan kalsiboard dinding memiliki ketebalan 6 mm - 12 mm, dan ukuran kalsiboard untuk lantai memiliki standar ketebalan 20 mm.

Kalsiboard dapat digunakan sebagai material alternatif yang tepat untuk menggantikan kayu, gypsum, triplek, parket, dan lain-lain.

Kalsiboard saat ini sudah mudah didapatkan di toko-toko bangunan. Daya tahan dan ukuran kalsiboard yang presisi dan kuat sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis bangunan. Berdasarkan fungsinya, kalsiboard dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut.

  1. Ukuran kalsiboard Tipe KalsiDeck

Kalsideck merupakan kalsiboard yang biasa digunakan untuk aplikasi floor deck. Material penyusunnya merupakan kombinasi antara kayu hutan dengan fiber semen sehingga menghasilkan tekstur terbaik.

Jenis kayu yang biasanya digunakan adalah kayu meranti. Ukuran calsiboard ini umumnya memiliki panjang 240 cm dan lebar 20 cm. Sedangkan ketebalannya adalah 20 mm.

  1. Ukuran Kalsiboard Jenis KalsiPlank

Jenis calsiboard selanjutnya adalah calciplank, yaitu calsiboard untuk aplikasi papan pelapis dinding. Bentuk dari calsiboard jenis ini terinspirasi dari papan kayu alami yang telah diproses.

Ketebalan dari calciplank sendiri cukup bervariasi mulai dari 8mm, 9mm, dan 10mm yang membuat papan ini cukup kokoh, kuat, dan fleksibel. Sedangkan ukuran panjang dan lebarnya adalah 300x20 cm atau 300x30 cm.

  1. Ukuran Kalsiboard Jenis KalsiClad

Kalsiclad adalah jenis papan kalsiboard yang digunakan untuk aplikasi dinding luar. Kebanyakan digunakan untuk gedung perkantoran atau ruko.

Kelebihan dari kalsiboard jenis ini adalah memiliki insulasi termal yang baik, daya tahan yang tinggi, serta mudah dalam pemasangan dan perawatan. Ukuran standar kalsiboard jenis Kalsiclad ini adalah panjang 244 cm dan lebar 122 cm. Sedangkan ketebalannya adalah 12 mm.

Baca juga: Susunan Struktur Organisasi Proyek Konstruksi dan Tugas Setiap Divisi

  1. Ukuran Kalsiboard Tipe KalsiFloor

Jika Anda ingin menampilkan lantai dengan desain kontemporer, maka memiliki kalsiboard bisa menjadi solusi alternatif.

Ukuran kalsiboard Kalsifloor tipe ini memiliki standar panjang 240 cm dan lebar 120 cm. Sedangkan ketebalan Kalsifloor adalah 20 mm.

  1. Ukuran Papan Kalsiboard Tipe KalsiCeiling

Sesuai dengan namanya, kalsiboard ini berfungsi sebagai penutup atap. Kelebihan dari kalsiboard ini adalah tahan lama dan fleksibel, sehingga memudahkan proses pemasangannya. Ukuran standar dari calciceiling adalah panjang 244 cm, lebar 122 cm, dan tebal 4 mm.

Source:

Update Terbaru

RELATED POST