Biaya Renovasi Rumah Minimalis Berbagai Type

Posted on

Biaya Renovasi Rumah Minimalis Berbagai Type – Memiliki rumah pribadi adalah dambaan setiap orang, khususnya bagi mereka yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak. Oleh karena itu, jika Anda sudah memiliki rumah idaman seperti rumah minimalis maka sudah seharusnya Anda menjaga dan merawat dengan sebaik mungkin.



Namun seiring dengan berjalannya waktu, tentu kondisi rumah sudah tidak sebagus dulu saat pertama kali dibangun. Hal ini dapat Anda lihat dengan cat yang sudah mulai mengelupas, atap yang bocor, dan juga kayu-kayu yang mulai lapuk.

Jika kondisi rumah Anda sudah seperti ini, tentu yang harus Anda lakukan adalah dengan renovasi rumah tersebut. Sama halnya dengan membangun rumah, merenovasi rumah minimalis juga membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Menghitung Rencana Anggara Biaya Renovasi Rumah Minimalis

Menghitung RAB Rumah Minimalis

RAB atau Rencana Anggaran Biaya merupakan dokumen paling penting dalam membuat atau merenovasi bangunan. Untuk rumah dengan desain minimalis, dalam RAB harus memuat perhitungan yang berbasis sistem analisis satuan.



Sementara itu, urutan yang benar dari Rencana Anggaran Biaya (RAB) merenovasi rumah minimalis adalah dengan membuat desain renovasi, rincian bahan material, perencanaan pekerjaan, standar bangunan, dan juga rincian tanggung jawab dalam masing-masing aspek.

Setelah itu, Anda juga harus menghitung volume pekerjaan, daftar gaji dan juga upah tenaga kerja yang profesional dan pekerja lain, analisis item tanggung jawab, dan pengalian masing-masing item yang sama. Jadi, hasil akhir dapat dijadikan sebagai jumlah keseluruhan harga dan biaya.

Baca Juga : Desain Dan Denah Rumah Minimalis Modern

Menghitung Rencana Anggara Biaya (RAB) Renovasi Rumah Minimalis dengan Analisis Harga Satuan

Perlu Anda ketahui bahwa ada 3 jenis bangunan rumah minimalis yang RAB-nya dapat disusun dengan menggunakan analisis harga satuan. Maksudnya adalah biaya renovasi atau bangunnya dapat dibuat berdasarkan hitungan setiap meter persegi.

3 jenis bangunan rumah minimalis tersebut adalah bangunan rumah sederhana, bangunan rumah menengah, dan bangunan rumah yang mewah.



Menghitung (RAB) Renovasi Rumah Minimalis dengan Analisis Harga Satuan

  1. Bangunan Rumah Minimalis Sederhana

Bangunan rumah minimalis sederhana ini terdiri dari berbagai type dengan spesifikasi 1 lantai, dinding terbuat dari bahan bata hebel, atap berbahan dasar genteng metel, lantai rumah keramik kualitas standar, kusen dari alumumium, dan di dalam rumah minimalis sederhana terdapat 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi.

Sedangkan biayanya terdiri dari pondasi rumah sebesar 15%, dinding sebesar 40%, dan juga lantai rumah dengan persentase sebesar 5%.

Pada bagian atapnya, rumah minimalis sederhana mempunyai persentasi pembuatan sebesar 15%, plafon sebesar 4%, jendela dan pintu sebesar 15%, dan instalasi lainnya adalah 6%. Jadi total pengerjaaan adalah 100%.

Dengan persentase 100% ini maka untuk dana yang dibutuhkan dalam tiap meter persegi adalah Rp 275.0000, dan jika untuk ukuran 36 dibutuhkan dana sebesar Rp 99.000.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published.