Biaya Renovasi Rumah Minimalis Berbagai Type

Biaya Renovasi Rumah Minimalis Berbagai Type – Memiliki rumah pribadi adalah dambaan setiap orang, khususnya bagi mereka yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak. Oleh karena itu, jika Anda sudah memiliki rumah idaman seperti rumah minimalis maka sudah seharusnya Anda menjaga dan merawat dengan sebaik mungkin.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, tentu kondisi rumah sudah tidak sebagus dulu saat pertama kali dibangun. Hal ini dapat Anda lihat dengan cat yang sudah mulai mengelupas, atap yang bocor, dan juga kayu-kayu yang mulai lapuk.

Jika kondisi rumah Anda sudah seperti ini, tentu yang harus Anda lakukan adalah dengan renovasi rumah tersebut. Sama halnya dengan membangun rumah, merenovasi rumah minimalis juga membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Menghitung Rencana Anggara Biaya Renovasi Rumah Minimalis

Menghitung RAB Rumah Minimalis

RAB atau Rencana Anggaran Biaya merupakan dokumen paling penting dalam membuat atau merenovasi bangunan. Untuk rumah dengan desain minimalis, dalam RAB harus memuat perhitungan yang berbasis sistem analisis satuan.

Sementara itu, urutan yang benar dari Rencana Anggaran Biaya (RAB) merenovasi rumah minimalis adalah dengan membuat desain renovasi, rincian bahan material, perencanaan pekerjaan, standar bangunan, dan juga rincian tanggung jawab dalam masing-masing aspek.

Setelah itu, Anda juga harus menghitung volume pekerjaan, daftar gaji dan juga upah tenaga kerja yang profesional dan pekerja lain, analisis item tanggung jawab, dan pengalian masing-masing item yang sama. Jadi, hasil akhir dapat dijadikan sebagai jumlah keseluruhan harga dan biaya.

Baca Juga : Desain Dan Denah Rumah Minimalis Modern

Menghitung Rencana Anggara Biaya (RAB) Renovasi Rumah Minimalis dengan Analisis Harga Satuan

Perlu Anda ketahui bahwa ada 3 jenis bangunan rumah minimalis yang RAB-nya dapat disusun dengan menggunakan analisis harga satuan. Maksudnya adalah biaya renovasi atau bangunnya dapat dibuat berdasarkan hitungan setiap meter persegi.

3 jenis bangunan rumah minimalis tersebut adalah bangunan rumah sederhana, bangunan rumah menengah, dan bangunan rumah yang mewah.

Menghitung (RAB) Renovasi Rumah Minimalis dengan Analisis Harga Satuan

  1. Bangunan Rumah Minimalis Sederhana

Bangunan rumah minimalis sederhana ini terdiri dari berbagai type dengan spesifikasi 1 lantai, dinding terbuat dari bahan bata hebel, atap berbahan dasar genteng metel, lantai rumah keramik kualitas standar, kusen dari alumumium, dan di dalam rumah minimalis sederhana terdapat 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi.

Sedangkan biayanya terdiri dari pondasi rumah sebesar 15%, dinding sebesar 40%, dan juga lantai rumah dengan persentase sebesar 5%.

Pada bagian atapnya, rumah minimalis sederhana mempunyai persentasi pembuatan sebesar 15%, plafon sebesar 4%, jendela dan pintu sebesar 15%, dan instalasi lainnya adalah 6%. Jadi total pengerjaaan adalah 100%.

Dengan persentase 100% ini maka untuk dana yang dibutuhkan dalam tiap meter persegi adalah Rp 275.0000, dan jika untuk ukuran 36 dibutuhkan dana sebesar Rp 99.000.000.

  1. Bangunan Rumah Minimalis Menengah

Spesifikasi yang dimiliki oleh rumah minimalis menengah adalah 1 lantai dengan dinding yang terbuat dari bata hebel, kusen dari bahan kayu miranti, lantai rumah berbahan keramik, dan juga atap rumah berbahan genteng beton.

Rumah minimalis menengah ini umumnya mempunyai 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Untuk persentasi pembangunannya hampir sama dengan rumah minimalis sederhana, tetapi memiliki sedikit perbedaan.

Misalnya strukstur sebesar 20%, pondasi sebesar 10%, lantai sebesar 10%, dinding sebesar 25%, jendela dan pintu sebesar 15%, atap rumah 10%,  plafon sebesar 10%, dan juga keperluan lainnya sebesar 5% sehingga jumlah keseluruhan 100%. Sedangkan untuk biaya per meter persegi sekitar Rp 3.500.000.

  1. Bangunan Rumah Minimalis Mewah

Pada umumnya, spesifikasi rumah minimalis mewah yaitu memiliki 2 lantai, dinding dari bahan bata hebel, bahan kusen terbuat dari kayu miranti, struktur latai beton, lantai dari bahan keramik, atap berbahan genteng beton, serta mempunyai 5 kamar tidur dan 3 kamar kamar mandi.

Sedangkan untuk persentasi biayanya sendiri hampir sama dengan kedua rumah minamalis sebelumnya. Namun tergantung dari kontraktor ataupun pemiliki rumah yang menginginkan spesifikasi agak berbeda. Jadi, untuk biaya per meter persegi sekitar Rp 3.500.000 sampai Rp 5.000.000.

Detail Rencana Anggaran Biaya Renovasi Rumah

contoh detail analisa rab renovasi rumah

contoh detail rab renovasi rumah type 90

contoh detail rab renovasi rumah minimalis

contoh detail rab renovasi rumah

Tips Merenovasi Rumah Minimalis dengan Budget Minim

Tips Merenovasi Rumah Minimalis dengan Budget Minim

Seperti yang sudah kami sampaikan diatas bahwa merenovasi rumah membutuhkan biaya yang cukup mahal dan hal ini sering menjadi permasalah bagi kebanyakan orang. Maka dari itu, jika Anda ingin merenovasi rumah, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk dapat meminimalkan dana yang akan dikeluarkan nantinya, yaitu:

  • Menggunakan struktur utama, yaitu dengan menggunakan struktur bangunan yang sudah ada sebelumnya yaitu balok, kolom, dan pondasi. Dengan demikian Anda tidak perlu mengeluarkan banyak dana untuk membuat struktur yang baru.
  • Menggunakan jasa perencanaan atau arsitek, walaupun bangunan rumah minimalis Anda tidak terlalu luas. Hal ini karena memang arsitek sering dilatih sehingga ahli dalam merencanakan suatu bangunan seperti tempat tinggal.
  • Menggunakan material dengan kualitas bagus namun dengan harga yang cukup murah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bahan bangunan dalam kondisi bekas namun masih sangat layak untuk dijadikan sebagai alternatif paling tepat dalam menghemat biaya renovasi rumah.
  • Jangan menyuruh tukang untuk membeli bahan-bahan bangunan. Sebaiknya Anda membeli bahan-bahan bangunan sendiri. Untuk bisa mendapatkan harga yang lebih murah maka Anda bisa mengajak rekan yang paham mengenai harga material bangunan.

Baca Juga : Warna Cat Rumah Minimalis Yang Bagus

Hal Yang Dipertimbangkan Sebelum Renovasi Rumah

Hal-Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Renovasi Rumah

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk merenovasi rumah, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan supaya hasilnya dapat Anda nikmati dalam jangka panjang!

  1. Rencanakan Lebih Awal

Renovasi rumah minimalis baik itu kondisi ringan ataupun total memag membutuhkan banyak biaya. Maka dari itu, usahakan untuk mulai merencanakan semuanya dari awal. Misalnya saja dengan membuat anggaran renovasi, memilih material bangunan dan menabung supaya Anda tidak merasa kesulitan ketika sudah tiba waktunya untuk melakukan renovasi pada rumah minimalis Anda.

  1. Pahami Karakteristik Lahan

Pahami Karakteristik Lahan Sebelum Renovasi

Karakteristik lahan masing-masing rumah sudah pasti berbeda. Jika rumah Anda sebelumnya selalu bising karena berlokasi tepat di pinggir jalan, maka sebaiknya ketika melakukan renovasi rumah nantinya Anda membuat sebuah jalur masuk yang dipenuhi dengan tanaman hijau untuk meredam suara.

Jika sebelumnya rumah Anda sering kebanjiran, maka Anda harus meninggikan lahan rumah minimalis Anda atau menambahkan penghalang agar ketika banjir tiba rumah Anda tidak kemasukan air.

  1. Memilih Material Terbaik

Pemilihan material bahan bangunan untuk merenovasi rumah minimalis bukan hanya berdasarkan pada keindahan saja, namun juga harus bisa tahan lama. Hal ini bertujuan supaya Anda nantinya tidak perlu melakukan renovasi rumah hingga berulang kali.

  1. Rumah Segala Zaman

Rumah Segala Zaman

Rumah merupakan barang mahal yang mampu bertahan hingga puluhan tahun lamanya. Maka dari itu, Anda harus mempertimbangkan model rumah minimalis yang pas dan sesuai dengan segala zaman.

Dalam hal ini Anda harus menggunakan gaya arsitekstur yang tak penah lekang oleh waktu sehingga nantinya mudah untuk dijual kembali di masa depan, Anda juga harus mempertimbangkan fungsinya. Bisa Anda bayangkan seperti apakah keadaan semua penghuni rumah dalam beberapa tahun ke depan.

Sumber:

Leave a Comment