Rumus Menghitung Kuda Kuda Baja Ringan

Posted on

Rumus Menghitung Kuda Kuda Baja Ringan – Kuda kuda termasuk dalam struktur framework yang memiliki peran penting dalam konstruksi atap bangunan. Hal ini karena perannya sebagai penopang beban atap dan memberikan bentuk atap rumah.



Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan kuda kuda. Salah satunya adalah baja ringan yang digunakan sebagai pengganti kayu karena dinilai sangat praktis dan efisien.

Mengingat fungsinya yang sangat vital, perhitungannya pun harus dilakukan secara tepat supaya atap selalu kokoh dan tidak ambruk. Maka dari itu, jika Anda berencana untuk menggunakan baja ringan sebagai kuda kuda, maka penting sekali untuk menghitung total kebutuhannya.

Nah, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara menghitung kuda kuda baja ringan untuk semua jenis atap bangunan. Silahkan langsung saja simak pembahasan berikut ini.

Baca juga: Rumus Menghitung Tinggi Atap Rumah

Rumus Menghitung Kuda-Kuda Baja Ringan



Saat mencari total kebutuhan kuda kuda baja ringan, maka dibutuhkan rumus perhitungannya. Disamping itu, dengan mengetahui kebutuhan kuda kuda baja ringan ini maka Anda bisa memperkirakan jumlah biaya pembangunan.

Sebelum memulai perhitungan, Anda harus mencari terlebih dahulu ukuran panjang dan lebar rumah. Ada 3 macam rumus yang digunakan dalam perhitungan kuda kuda bajaa ringan. Rumus-rumus tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Rumus Ketinggian Atap

Rumus yang digunakan untuk menghitung ketinggian atap yaitu lebar bangunan dikalikan setengah kemudian dikalikan dengan tangen sudut atap.

½ x lebar bangunan x tan a (kemiringan sudut atap)



  1. Rumus Kemiringan Atap

Rumus yang digunakan untuk menghitung kemiringan atap yaitu lebar bangunan dikalikan setengah kemudian dikalikan dengan cosinus sudut kemiringan.

½ x lebar bangunan x cos a (kemiringan sudut atap)

  1. Overstek

Dalam perhitungan overstek, rumus yang digunakan tidak berbeda jauh dengan rumus menghitung kemiringan atap. Tetapi yang digunakan adalah panjang dari overstek yang diinginkan. Jadi rumusnya adalah sebagai berikut:

panjang overstek x cos a (kemiringan sudut atap)

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Atap Spandek

Contoh Perhitungan Kuda-Kuda

Untuk memudahkan Anda dalam memahami materi ini, berikut ini kami akan memberikan contoh perhitungan kuda kuda baja ringan. Sebagai contoh, ada sebuah rumah  yang memiliki ukuran 8 m x 15 m dengan sudut kemiringan mencapai 30 derajat. Sedangkan untuk oversteknya adalah 80 cm.

Dalam pembuatan kerangka atap baja ringan, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengukur ketinggian atap. Dengan rumus seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya sehingga didapatkan tinggi atap:



Menghitung Ketinggian Atap Rumah

T (tinggi): ½ x lebar bangunan x tan a (kemiringan sudut atap)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *