Berbagai Macam Berat Jenis Besi Bangunan

Berat Jenis Besi – Pada artikel ini kami akan membahas mengenai berbagai macam berat jenis besi bangunan secara lengkap dan jelas yang mungkin dapat membantu Anda dalam pembangunan.

Namun sebelum itu, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai bahan besi sebagai bahan bangunan. Mari langsung saja simak ulasan berikut ini.

Besi merupakan sebuah logam yang berasal dari bijih besi atau tambang dan banyak digunakan untuk kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Perlu diketahui bahwa dalam tabel periodik, besi memiliki simbol Fe dengan nomor atom 26.

besi beton

Disamping itu, bahan bangunan besi juga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Besi merupakan sebuah logam yang paling banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Hal ini dikarenakan beberapa hal, yaitu:

  • Ketersediaan besi di kulit bumi bisa dibilang sangat besar
  • Pengolahan besi sangat mudah dan murah
  • Besi memiliki berbagai sifat yang menguntungkan dan mudah sekali di modifikasi.

Besi juga merupakan salah satu unsur kimia yang memiliki nilai tinggi untuk kehidupan manusia. Kebanyakan alat-alat yang berada di sekitar kita dibuat dari bahan dasar besi. Mulai dari alat perangkat dalam bentuk paling kecil seperti jarum hingga yang paling besar seperti pesawat terbang. Keduanya, meskipun sedikit, mengandung bahan baku besi. Lalu, apakah Anda sudah mengetahui apa sebenarnya unsur besi dan manfaatnya? Kenapa manusia sangat membutuhkannya.

Pada jaman dahulu sekitar 1200 sebelum masih, ada suatu jaman yang disebut dengan jaman besi. Di jaman inilah pertama kalinya manusia mulai belajar untuk menggunakan logam besi. Sampai sekarang ini, manusia masih terus belajar untuk menggunakan besi.

Berat Jenis Besi

Jika dilakukan penelitian yang lebih lanjut, besi merupakan salah satu unsur logam yang paling bermanfaat dan banyak digunakan dalam kehidupan manusia. Bahkan sampai kini masih belum ditemukan sama sekali logam sebagai pengganti besi. Menurut sejarah, orang mesir kuno sudah sejak lama menggunakan besi atau lebih tepatnya sejak 4300 sebelum masehi.

Besi dimanfaatkan lebih dari logam yang lainnya untuk memproduksi paduan logam. Paduan besi yang cukup penting adalah besi tempa, besi kasar, besi cor, dan juga baja. Sebenarnya ada beberapa paduan baja, namun kebanyakan memiliki kandungan zat besi sebagai logam utama. Karbon sendiri adalah sebuah elemn paduan paling penting yang dicampurkan langsung dengan besi untuk pembuatan baja.

Berbagai unsur lain yang paling umum dalam baja mencakup mangan, sulfur, fosfor, dan silikon. Baja yang terbuat dari paduan besi sudah pasti sangat kuat dan dijual dengan harga terjangkau. Bahkan dapat dimanfaatkan dalam produksi berbagai macam barang termasuk kapal, mobil, bangunan, dan alat-alat yang lainnya.

Baca Juga:  Harga Pipa Besi Galvanis

Tabel Berat Jenis Besi

Tabel Berat Besi Polos

Pada pembahasan selanjutnya kami akan langsung menjelaskan mengenai berbagai macam berat jenis besi bangunan. Penting untuk Anda ketahui bahwa dalam perhitungan struktur bangunan maupun pembuatan bestat besi tentunya diperlukan data per meter, sehingga nantinya bisa dihitung secara total berat struktur besi yang ingin dihitung atau jumlah besi dalam satuan kilogram yang harus Anda beli untuk pengerjaan suatu proyek pembangunan struktur beton bertulang.

Seperti yang kita tahu bersama bahwa harga besi terkadang mengalami kenaikan secara drastis sehingga biaya pembangunan sudah pasti ikut melonjak. Namun Anda tidak perlu khawatir lagi karena masalah ini bisa dihemat dengan cara melakukan perhitungan berat jenis bahan bangunan yang menggunakan besi. Mungkin jumlah besi akan menjadi sedikit tetapi masih cukup kuat dan akan berfungsi sebagaimana seharusnya.

Berikut ini adalah tabel berat besi yang bisa Anda gunakan untuk menghitung volume besi atau struktur besi.

Tabel berat besi polos (kg)

berat besi polos

Diameter Tulangan (mm) Berat Besi (kg)
6p 0,24
8p 0,40
9p 0,50
10p 0,62
12p 0,89
14p 1,21
16p 1,58
19p 2,23
22p 2,98
25p 3,85
28p 4,83
29p 5,19
32p 6,31
36p 7,99

Tabel berat besi ulir (kg)

besi ulir
Diameter Tulangan (mm) Berat Besi (kg)
6 0,24
8 0,40
9 0,50
10 0,62
12 0,89
14 1,21
16 1,58
19 2,23
22 2,98
25 3,85
28 4,83
29 5,19
32 6,31
36 7,99

Contoh perhitungan volume besi dalam kilogram

Contoh perhitungan volume besi

Contoh: Kita ingin membangun sebuah bagian struktur bangunan yang memerlukan besi dengan diameter 8 dan panjang mencapai 22 meter. Lalu berapa kilogram besi dengan diameter 8 yang harus kita beli?

Diatas sudah diketahui panjang dan diameter besi sehingga kita bisa langsung melakukan langkah yang pertama, yaitu dengan melihat tabel berat besi yang dimana bisa dilihat bahwa berat besi dengan diameter 8 berdasarkan tabel adalah 0,395.

  • Maka untuk volume besi dalam kilogram (kg) = V = 0,395 x 22 = 8.69.
  • Untuk mengetahui jumlah batang maka dapat kita bagi dengan panjang per batang. Apabila jumlah panjang bsi perbuah adalah 11 m maka untuk besi yang kita perlukan yaitu 22/11 = 2 batang.

Jadi, setelah dilakukan perhitungan maka total keseluruhan kg besi yang perlu dibeli adalah 8,65 Kg atau 2 batang. Selanjutnya kita bisa langsung pergi ke toko material bangunan untuk membeli besi yang sesuai dengan kebutuhan. Memang penting sekali untuk membeli besi yang lebih dari jumlah perhitungan. Hal ini bertujuan untuk persediaan jika misalnya kita salah hitung, ada kehilangan, atau bahkan salah potong.

Tabel berat besi yang kami sampaikan diatas nantinya akan sangat bermanfaat terutama bagi Anda yang sekarang ini sedang ingin membangun sebuah rumah atau bangunan dan memerlukan estimasi harga yang lebih akurat dengan tujuan untuk menekan biaya yang tidak terlalu dibutuhkan.

Menghitung Berat Jenis Besi Berbagai Versi

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghitung berat jenis besi, yaitu:

Menghitung Berat Jenis Besi Berbagai Versi

Vb x Bjb = ……..Kg

Vb disini adalah volume besi yang telah diukur dalam satuan m3. Sedangkan Bjb adalah jenis besi yang telah ditetapkan dalam angka 7850 kg/m3. Contoh: apabila ukuran besi yang ingin dihitung sebesar 1 mm x 1 mm dan ketebalannya 1 mm. Jadi untuk beratnya dapat dihitung (1 x 1 x 0.0001) m3 x 7850 kg/m3 7.85.

Berat Besi Tulangan  0.006165 x d2 x L … (Kg)

Besi Tulangan

Diketahui bahwa d merupakan diameter yang ada pada besi dalam satuan mm. Sedangkan L merupakan panjang tulang dalam satuan m. Contoh: jika Anda ingin mengetahui besi yang memiliki diameter 16 dengan panjang 12 meter. Maka untuk berat besi adalah Ø16 = 0.006165  x  162  x  12  = 18.93 kg.

Tebal x 87,44 = Berat (kg)

Rumus ini memiliki fungsi untuk mengukur ketebalan dari suatu besi yang dimanfaatkan dalam pembuatan kapal. Pada umumnya, untuk perhitungan internasional dalam satuan kaki. Sementara untuk ukuran 6 x 20 ft dapat diterapkan langsung.

Seperti misalnya, 40 mm x 87, 44 = 3.497,6 kg. Maka dilakukan perhitungan dengan satuan mm karena hasil akhir yang diperoleh adalah kg sehingga akan jauh lebih besar.

Baca Juga: Harga Plat Besi

Tebal x Lebar x 7850 (kg/m3) x 6 (m) = Berat (kg)

Rumus ini digunakan dalam perhitungan besi dengan bentuk strik. Diatas sudah jelas bahwa yang akan dihitung adalah ketebalan dan lebar besi, lalu dilakukan dengan massa besi yang memiliki ukuran 7850 kg/m3 dan dikalikan 6 meter.

Hasil akhir perhitungan ini adalah dalam satuan kilogram kg). Seperti misalnya 14 x 11  x 7850 (kg/m3) x 6 (m) = 7.253.400 kg  hasil dari suatu besi dengan ukuran strip. Sesuai namanya, besi ini berbentuk pipih agak memanjang yang memiliki ukuran standar 6 meter dengan lebar sekitar 19 hingga 200 mm.

Leave a Comment