Desain Taman Depan Dan Belakang Rumah

Desain Taman Depan Dan Belakang Rumah –  Keberadaan sebuah taman di halaman rumah memang bisa membuat hunian terlihat lebih asri, indah, dan segar. Maka tak heran jika banyak sekali orang yang membuat taman di halaman rumahnya, baik itu di didepan ataupun di belakang rumah.

Namun yang menjadi masalah adalah ukuran lahan yang memiliki ukuran tidak terlalu luas.

Desain Taman Depan Dan Belakang Rumah

Sebenarnya lahan dengan ukuran sempit tidak menjadi masalah karena Anda masih bisa membuat taman rumah minimalis. Dalam pembuatan rumah minimalis dibutuhkan tips dan trik yang tepat sehingga taman masih tetap terlihat indah dan asri. Anda pun bisa memilih sendiri mana yang lebih cocok untuk dipilih apakah lebih cocok taman depan atau taman belakang rumah.

Lokasinya yang berbeda, taman depan dan taman belakang rumah mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri. Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai perbedaan kedua taman tersebut.

Taman Depan Rumah

Taman Depan Rumah

Pembuatan taman di halaman depan rumah tidak harus selalu di area terbuka. Bagian dari teras rumah yang mempunyai atap dapat disulap menjadi taman depan rumah yang terlihat sangat cantik dan menarik dengan penataan pot bunga yang cantik di teras rumah. Meskipun tidak memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan luas, Anda masih bisa mempunyai taman rumah yang terlihat menawan.

Salah satu kelebihan mempunyai taman depan rumah adalah taman bisa membuat desain eksterior rumah terlihat semakin indah dan menarik jika dipandang dari luar. Namun untuk masalah konsep, trik, desain dan juga penataan taman harus selalu diperhatikan supaya hasil dari pembuatan taman terlihat maksimal dan cantik.

Baca juga: Harga Batu Koral Putih Dan Hitam

Taman Belakang Rumah

Taman Belakang Rumah

Taman belakang rumah bisa digabungkan menjadi satu dengan bagian dalam rumah. Dengan demikian maka kehadiran taman di halaman belakang rumah akan membuat suasana di dalam rumah terasa menyegarkan. Supaya desain taman belakang rumah terlihat semakin indah maka Anda bisa melengkapi taman dengan kolam ikan dan air mancur.

Bisa juga dengan menambakan pembatas-pembatas yang tepat di sekitarnya. Meskipun sempit dan sederhana, tetapi kehadiran taman belakan rumah tersebut dapat menciptakan efek yang segar pada ruangan di dalam rumah.

Manfaat Taman di Depan dan Belakang Rumah

Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan jika membangun taman di halaman depan dan belakang rumah. Adapun manfaat yang bisa Anda dapatkan membuat taman di halaman rumah adalah sebagai berikut:

  • Menambah Keindahan Rumah

Daya kreatifitas dengan tambahan sentuhan nilai seni membuat lahan yang tidak begitu luas pun bukan menjadi penghalang bagi kita untuk berkreasi dengan menambahkan beberapa jenis tanaman. Justru lahan dengan ukuran sempit akan membuat perawatan taman bisa menjadi lebih maksimal. Dengan menambahkan kreatifitas serta sentuhan seni di halaman rumah, secara otomatis maka keindahan akan menjadi utuh sehingga nilai estetik rumah semakin meningkat.

  • Mewujudkan Rumah Sehat

Kehadiran rumah di halam rumah akan memberikan manfaat kesehatan bagi penghuni rumah. Dengan banyaknya tanaman maka jumlah pasokan oksigen akan semakin bertambah. Banyaknya pasokan oksigen otomatis bisa membuat sirkulasi udara menjadi bersih dan sehat. Hal tentunya penting sekali bagi mereka yang tinggal di area perkotaan dengan tingkat polusi udara yang sangat tinggi.

  • Tempat untuk Relaksasi

Dengan memiliki halaman rumah maka Anda bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk relaksasi. Dengan memandang berbagai macam jenis tanaman dan bunga, bisa dijadikan sebagai saran untuk bisa mengendorkan syarat serta mengurangi ketegangan.

Supaya manfaat taman rumah sebagai tempat untuk relaksasi bisa lebih maksimal maka dalam pembuatan taman minimalis di halaman rumah harus dilakukan secara teliti mungkin. Mulai dari menentukan tema yang ingin digunakan hingga menentukan berbagai macam jenis tanaman yang tepat.

Baca juga: Harga Rumput Sintetis

Inspirasi Desain Taman Minimalis untuk Mempercantik Rumah

  1. Taman Pembatas Jalan Setapak

Taman Pembatas Jalan Setapak

Desain taman halaman ini cocok sekali untuk menggabungkan dua rumah secara terpisah atau antara satu ruangan dengan ruangan yang lainnya. Supaya terlihat semakin indah dan rapi maka taman bisa Anda tambahkan dengan pembatas dari tembok beton. Usahkan untuk memilih tanaman yang memiliki ukuran sedang tetapi bisa tumbuh tinggi yang nantinya juga bisa dijadikan sebagai peneduh jalan setapak.

  1. Pilih Tanaman yang Serba Hijau untuk Menciptakan Nuansa Lebih Segar

Pilih Tanaman Serba Hijau untuk Nuansa Lebih Segar

Desain taman halaman rumah seperti ini memang bisa membuat ruang gerak terasa semakin sempit. Namun efek yang diberikan bisa membuat nuansa rumah di sekitar rumah terasa lebih segar. Meskipun lahan yang untuk taman yang Anda miliki tidak terlalu luas, tetapi jika Anda tambahkan dengan tanaman seperti ini maka dijamin pemandangannya terlihat lebih indah.

  1. Taman di Pinggir Agar Terasa Lebih Lapang

Taman di Pinggir Agar Terasa Lebih Lapang

Jika Anda sekeluarga senang melakukan aktivitas di area taman, desain taman minimalis yang satu ini bisa Anda jadikan sebagai inspirasi yang tepat. Tanaman bisa Anda fokuskan di pinggi taman menempel secara langsung ke pagar sehingga area tengah taman dapat dijadikan sebagai ruang bebas untuk beraktivitas.

  1. Taman dengan Suasana Perkemahan

Taman dengan Suasana Perkemahan

Apabila Anda ingin menghadirkan suasana perkemahan di rumah maka Anda bisa menggunakan desain taman yang satu ini. Desain taman minimalis ini akan terlihat semakin menarik karena sudah dilengkapi dengan bangku dan juga wadah api unggun. Halaman rumah Anda bisa Anda lengkapi dengan taman yang menggunakan gaya desain ini.

  1. Taman Minimalis dalam Dak Beton

Taman Minimalis Dalam Dak Beton

Jika Anda tidak ingin kerepotan maa Anda memisahkan antara area yang ditumbuhi rumput dengan area yang digunakan secara khusus untuk menanam tanaman. Tips ini  dijamin bisa mempermudah pekerjaan Anda.

Hal ini dikarenakan tanah yang berasal dari tempat penyimpanan tanaman dijamin tidak akan mengotori area rumputnya. Anda pun tidak akan mengalami kerepotan dalam masalah pembersihan lahan rumput, lahan rumput masih bisa digunakan sebagai arena bermain.

Baca juga: Desain Kolam Ikan Minimalis

Tips Desain Taman Minimalis

Jika Anda ingin menerapkan desain minimalis di taman halaman rumah maka ada beberapa hal yang penting diperhatikan, yaitu:

Tips Desain Taman Minimalis

  • Memilih Jenis Tanaman yang Akan Ditanam

Mengingat taman yang ingin dibuat merupakan taman minimalis dengan lahan sempit maka jangan sampai menempatkan tanaman dalam jumlah banyak. Jenis tanaman yang digunakan sebaiknya mempunyai ukuran kecil tetapi dengan berbagai macam warna supaya taman terlihat indah dan menarik.

  • Mengatur Jarak Tanaman

Meskipun tanaman yang Anda tanaman berukuran kecil, tetapi jangan sampai Anda memaksakan penanamanya. Gunakan tanaman secukupnya saja sesuai dengan luas lahan taman yang Anda miliki. Penanaman tanaman juga harus diberikan dengan sedikit jarak supaya taman terlihat rapi dan jauh dari kesan sempit.

  • Buatlah Paving Taman

Pembuatan paving taman ini sangat penting supaya tanaman Anda nantinya tidak terinjak oleh keluarga ataupun tamu yang berkunjung ke rumah. Selain dapat melindungi taman, keberadaan paving juga memiliki fungsi sebagai pembatas supaya taman terlihat lebih rapi dan tanahnya tidak akan bercecaran ke lantai depan rumah Anda.

Leave a Comment