Harga Dan Ukuran Tangga Aluminium

Posted on

Harga Dan Ukuran Tangga Aluminium – Tangga lipat menjadi salah satu barang penting yang harus dimiliki oleh pemilik rumah. Keberadaan tangga ini akan sangat berguna jika Anda ingin memasang lampu, mengecat rumah ataupun membersihkan tempat-tempat tinggi yang sulit untuk dijangkau.



Salah satu jenis tangga lipat yang paling banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan adalah tangga lipat alumunium. Ukuran yang dimilki juga beragam, namun yang banyak dipilih biasanya ukuran 2 meter. Sedangkan untuk kebutuhan konstruksi maka Anda akan membutuhkan tangga dengan ukuran yang lebih panjang.

Tangga lipat alumunium mempunyai banyak kelebihan, salah satunya yaitu memiliki fungsi ganda. Tangga alumunium yang kuat dapat digunakan dalam posisi lurus atau bisa juga dibentuk menjadi segitiga. Di bagian tengahnya terdapat sebuah komponen yang disebut dengan joint. Komponen ini akan membuat tangga menjadi lebih kuat dan kokoh.

Baca juga: Cara Menghitung Sudut Kemiringan Tangga

Jenis-Jenis Tangga Lipat

1. Strech atau Tangga Lipat Ganda

Jenis tangga seperti ini banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Tangga ini memiliki pijakan di bagian tengah dan tersedia dalam berbagai ukuran. Ukuran panjangnya mulai dari 1,5 meter sampai dengan 6 meter. Stretch biasanya dibuat dari bahan alumunium yang memiliki lebar sekitar 30 sampai 35 cm dengan jarak per anak tangga sekitar 25 sampai 35 cm.



2. Tangga Lipat Teleskopik

Tangga lipat teleskopik (tangga lipat teropong) mempunyai bentuk sesuai dengan namanya, yaitu sama seperti dua buah teropong yang dapat diatur ketinggiannya dengan cara ditarik. Ukuran panjang yang dimiliki juga bervariasi, ada yang bisa menjangkau ketinggian 3 meter dan ada pula yang mampu menjangkau hingga ketinggian 8 meter.

3. Tangga Lipat Pijak

Tangga lipat pijak atau yang dikenal dengan sebutan step ladder ini memiliki ukuran sangat kecil sehingga tidak mampu menjangkau area yang terlalu tinggi. Tangga ini mempunyai beberapa jumlah pijakan mulai dari 1 sampai 4 anak tangga. Material yang digunakan juga barvariasi, seperti plastik, stainless steel, campuran, dan juga alumunium. Tangga ini memiliki tinggi kurang dari 80 cm.

4. Tangga Lipat Hybrid

Berbeda halnya dengan jenis tangga lipat lainnya, tangga ini dibuat secara khusus untuk rumah tingkat berukuran sempit yang ingin menggunakan tangga. Tangga lipat Hybrid Stairs and Ladder ini sangat efisien dan efektif jka digunakan pada bangunan lantai 2 yang mempunyai ruangan terbatas.

5. Tangga Lipat Multifungsi (Scaffolding)

Tangga ini bisa di pakai tanpa perlu disandarkan ke dinding. Bisa  juga dilipat dengan berbagai macam bentuk. Bahkan dapat menjangkau ketinggian hingga 3 – 4 meter dalam posisi terlipat. Namun jika dibentangkan, maka untuk panjangnya bisa mencapai 12 meter.



Baca juga: Cara Menghitung Jumlah Anak Tangga

Bentuk Tangga Lipat

  • Scaffolding, tangga ini mempunyai bentuk seperti papan pijakan yang lebar sehingga sangat mudah untuk digeser.
  • Step ladder, tangga ini memiliki ukuran yang tidak terlalu tinggi atau sekitar 80 cm. Namun bentuknya akan sangat cocok jika digunakan pada aktivitas dalam ruangan. Pijakan tangganya juga cukup stabil.
  • Stretch, memiliki tinggi mulai dari 2 meter sampai 10 meter sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam menjangkau area tinggi. Biasanya digunakan di area outdoor.
  • Tripod, memiliki 3 jenis kaki yang membuatnya selalu stabil meskipun pada medan yang miring. Kakinya mampu menyesuaikan medan dengan cara mengatur tinggi rendahnya posisi kaki.

Cara Membuat Tangga Lipat

Selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai cara membuat tangga lipat. Tangga yang akan dibuat kali ini memiliki tinggi sekitar 2,6 meter. Dengan ketinggian ini maka dapat dipastikan akan mampu menjangkau area atas hingga di ketinggian 4,5 meter. Sedangkan untuk ketinggian plafon rumah pada umumnya adalah sekitar 3 sampai 4 meter.

Peralatan

Sebelum memulai, ada beberapa bahan dan peralatan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, yaitu:

  • Rangka baja jenis canal C 0,75 (3 batang)
  • Baut roofing atau baut rangka baja (150 biji)
  • Engsel pintu (1 set)
  • Bor tangan listrik dan mata bor baut roofing
  • Gerinda tangan listrik
  • Tang
  • Meteran
  • Penggaris siku

Langkah Pembuatan

Jika semua bahan dan alat sudah siap, maka tahap berikutnya adalah memulai proses pembuatan tangga. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama rangka baja dipotong menjadi 2.6 meter sebanyak 4 biji. Dalam hal ini kita akan membuat 2 buah tangga yang kemudian disatukan.
  • Untuk lebar bagian atas bisa dibuat dengan ukuran 35 cm, sedangkan bagian bawah 65 cm.
  • Jumlah anak tangganya bisa dibuat menjadi 6 anak tangga untuk setiap tangga. Anak tangga paling atas berukuran 35 cm, paling bawah memiliki lebar 60 cm.

 

  • Lalu setel anak tangga yang paling atas dan paling bawah. Untuk lebar anak tangga yang lain bisa langsung mengikuti jalur tangga. Jarak antar anak tangga setidaknya harus 40 cm. Anda bisa menggunakan baut roofing atau paku rifet untuk menyambungnya.
  • Jika kedua tangga sudah selesai dibuat maka langkah berikutnya adalah penggabungan. Penggabungannya bisa menggunakan engsel seperti misalnya engsel pintu.

  • Setelah engsel dipasangkan maka tangga bisa langsung ditegakkan. Kemudian atur jarak aman kerengangan antar kedua tangga. Jangan lupa untuk memasang pengunci supaya jarak kerenggangan antar tangga tidak semakin melebar ketika dinaikki. Gunakan rantai kecil atau penahan yang lainnya untuk menguncinya.
  • Jika sudah selesai dibuat dan cukup kokoh maka bisa langsung Anda coba untuk digunakan.
images: polindesmuarakasih.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *