Desain Railing Tangga Minimalis Dan Harganya

Railing Tangga Minimalis Sekarang ini sudah banyak sekali rumah minimalis yang memiliki tampilan modern. Untuk dapat memenuhi gaya di zaman modern ini sebagian orang tidak hanya sekedar membangun rumah saja, tetapi juga memiliki tujuan untuk mencipatkan kenyamanan dan keindahan pada arsitekturnya.

Bagi rumah dengan desain minimalis memang sangat sulit sekali untuk memberikan kesan yang mewah. Hal ini dikarenakan ukuran rumah minimalis yang tidak terlalu besar. Namun Anda tidak perlu khawatir lagi karena hal ini bisa Anda atasi dengan menerapkan sistem tingkat dua lantai.

Desain Railing Tangga Minimalis Dan Harganya

Untuk dapat naik turun dari satu lantai ke lantai yang kedua atau sebaliknya maka sudah pasti Anda akan membutuhkan tangga. Nah, pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai desain railing tangga minimalis dan harganya. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Fungsi Railing Tangga

Railing tangga yang dipasang di dalam rumah tentu memiliki banyak fungsi. Fungsi railing tangga minimalis adalah sebagai pengaman sehingga dapat mencegah resiko jatuh ketika terpeleset naik tangga. Selain itu, railing tangga juga memiliki nilai estetika. Pada saat dipasang maka interior rumah Anda akan terlihat semakin indah dan bahkan bisa memberikan kesan yang mewah. Tidak bisa dipungkiri bahwa railing tangga juga mempunyai fungsi ganda sebagai penghias rumah.

Jenis-Jenis Railing Tangga

Jenis Railing Tangga

Berdasarkan bahan material yang digunakan, railing tangga dapat dibedakan menjadi beberapa macam yaitu:

  • Railing tangga kayu: Jenis railing tangga ini mempunyai karakteristik sangat kuat, mudah untuk dibentuk, dan bobotnya ringan. Railing tangga kayu banyak digunakan sebagai railing tangga minimalis untuk memberikan kesan yang natural dan sederhana.
  • Railing tangga metal (besi, alumunium, dan stainless): Jenis material yang banyak digunakan untuk railing tangga yang memiliki banyak pilihan model yang dapat disesuaikan dengan desain interior.
  • Railing tangga beton: Mempunyai karakteristik yang kuat dan mudah untuk dibentuk sehingga dapat disesuaikan dengan model yang Anda inginkan.
  • Railing tangga batu alam: Memberikan kesan alami, mewah, dan elegan sehingga sangat cocok untuk diaplikasikan pada rumah yang memiliki tema klasik.
  • Railing tangga kaca: Menggunakan bahan material kaca sehingga bisa mencipatkan kesan rumah yang modern dan bersih. Pemasangan railing tangga kaca biasanya dikombinasian dengan bahan material lainnya seperti kayu, metal, dan lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Railing Tangga

Berdasarkan dari bahan material yang digunakan, setiap jenis railing tangga sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, yaitu:

Railing Tangga Kayu

  • Kelebihan: Menciptakan kesan yang alami dan eksentrik. Selain itu, memiliki bobot yang ringan dan mudah untuk dibentuk sesuai dengan keinginan atau kebutuhan Anda sendiri.
  • Kekurangan: Penggunaan bahan material kayu sekarang ini dibatasi karena sangat langka. Harganya pun tergolong cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

Railing Tangga Beton

  • Kelebihan: Fleksibel dan mudah untuk dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Hargnya pun juga jauh lebih terjangkau.
  • Kekurangan: Proses pembuatan atau pemasangannya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Railing Tangga Kaca

  • Kelebihan: Menciptakan kesan yang bersih dan sangat elegan.
  • Kekurangan: Sangat beresiko untuk mengalami keratakan dan pecah.

Railing Tangga Metal (Besi, Alumunium, dan Stainless Steel)

  • Kelebihan: Kuat dan memiliki harga yang murah. Selain itu, sangat cocok untuk diterapkan pada semua tipe rumah seperti minimalis, modern, ataupun klasik.
  • Kekurangan: Sangat rentan terhadap korosi sehingga dibutuhkan perawatan secara rutin agar tetap awet.

Railing Tangga Batu Alam

  • Kelebihan: Dapat menciptakan kesan yang elegan, estetik, dan mewah.
  • Kekurangan: Harganya yang cenderung cukup mahal.

Baca Juga: Cara Menghitung Jumlah Anak Tangga

Desain Railing Tangga Minimalis

Railing tangga sekarang ini mempunyai desain yang sangat unik dan beragam. Berikut ini adalah beberapa desain railing tangga minimalis yang menarik:

  1. Railing Tangga Kaca

Railing Tangga Kaca

Material kaca menjadi bahan favorit untuk digunakan sebagai railing tangga pada rumah minimalis. Anda tidak perlu khawatir akan masalah keamanan pada jenis railing tangga ini. Hal ini karena pegangan tangga kaca ini akan memberikan tingkat keamanan yang sama halnya dengan pegangan kayu ataupun baja. Namun dengan syarat Anda menggunakan bahan material kaca berkualitas.

  1. Railing Tangga Kaca dengan Bingkai Kayu atau Logam

Railing Tangga Kaca dengan Bingkai Kayu atau Logam

Pegangan tangga kaca dalam rumah minimalis juga dapat dikombinasikan dengan kayu ataupun bahan logam seperti baja atau stainless steel. Dengan menambahkan bingkai tersebut maka bisa memberikan kesan sangat kokoh dan indah.

Bagi Anda yang menyukai gaya minimalis modern, desain railing tangga kaca dengan bingkai kayu atau logam ini sangat cocok untuk digunakan. Tetapi jika rumah Anda memiliki gaya kontemporer maka Anda bisa mengkombinasikan pegangan tangga kayu dengan bingkai logam.

  1. Railing Tangga Kayu

Railing Tangga Kayu

Pengangan tangga dengan bahan dasar kayu cocok sekali untuk semua tipe rumah mulai dari minimalis, klasik, hingga modern. Perawatannya pun sangat mudah, Anda cukup melapisinya dengan pernih untuk menjadi perlindungan. Sedangkan dalam sehari-hari, Anda hanya perlu untuk membersihkan debu di permukaan.

  1. Railing Tangga Minimalis Modern

Railing Tangga Minimalis Modern

Railing tangga minimalis modern merupakan solusi yang tepat bagi Anda yang memiliki luas ruangan sangat terbatas. Pegangan tangga dengan bahan dasar besi yang memiliki bentuk spiral ini sangat menarik perhatian. Sementara untuk pegangan tangga kecil (slim rounded) yang mengikuti bentuk tangannya akan membuat akses naik dan turun tangga menjadi nyaman.

  1. Railing Tangga Rustic

Railing Tangga Rustic

Dalam desain interior, gaya rustic merupakan gaya yang paling banyak digemari. Gaya rustic lebih mengutamakan bahan material alami yang dirancang sederhana tetapi sangat kokoh. Tidak hanya dalam interior perabotan saja, namun juga pada aplikasi pegangan tangga rumah minimalis. Warna cokelat kayu akan memberikan kesan alami. Meskipun dikombinasikan dengan bahan logam dalam railing tangga, tetap akan memberikan kesan homey.

  1. Railing Tangga Stainless Steel dengan Kabel Baja

Railing Tangga Stainless Steel dengan Kabel Baja

Pada rumah yang memiliki lahan terbatas dengan gaya minimalis, pegangan tangga dengan bahan material baja merupakan pilihan yang paling tepat. Anda bisa menggunakan material kabel baja pada pegangan untuk menciptakan sentuhan yang halus pada desain tangga baja.

Namun pegangan tangga dengan menggunakan kabel baja sangat dibutuhkan perawatan dan pemeliharaan secara intens. Anda harus pastikan bahwa kabel baja dipasang dengan sangat kuat. Gunakanlah air tawar atau pembersih yang digunakan khusus untuk stainless steel supaya kabel baja bisa tetap bersih.

Harga Railing Tangga Minimalis

Spesifikasi Satuan Harga (Rp)
Railing Tangga Besi M2 250.000-750.000
Railing Tangga Putar Unit 2.850.000-5.000.000
Railing Tangga Tempa M2 400.000-700.000
Railing Tangga Stainless M2 900.000 – 2.500.000
Railing Tangga Pipa Plat Bawah Unit 610.000
Pegangan Tangga Kayu Kamper M 40.000

Beberapa Hal yang Dapat Mempengaruhi Harga Railing Tangga Minimalis

railing tangga minimalis

Railing tangga minimalis kini memang banyak digunakan dirumah, selain berfungsi menjadi pengaman juga sebagai ornamen yang dapat mempercantik tangga. Harga railing tangga yang beredar di pasaran sangat bervariasi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti berikut ini:

  • Harganya dipengaruhi oleh kualitas dari railing tangga minimalis itu sendiri.
  • Bahan material yang digunakan, terbuat dari bahan kayu, besi, ataukah lainnya.
  • Desain dan model yang digunakan pada railing tangga minimalis.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai “Desain Railing Rangga Minimalis dan Harganya”. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment