Pekerjaan Timbunan Pilihan Dan Pemadatan Tanah

Posted on

Pekerjaan Timbunan Pilihan Dan Pemadatan Tanah – Dalam pekerjaan tanah tentu akan dijumpai yang namanya pekerjaan timbunan dan pemadatan tanah. Kedua jenis pekerjaan ini membutuhkan alat berat untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Beberapa alat berat yang paling umum digunakan adalah sheep foot, smooth drum, bulldozer dan dump truk.



Lalu apa yang dimaksud dengan pekerjaan timbunan dan pemadatan tanah? Untuk mendapatkan jawabannya silahkan simak pembahasan ini sampai akhir.

Baca juga: Pengawasan Teknis Timbunan Dan Pemadatan Tanah

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Timbunan

Timbunan merupakan suatu item pekerjaan yang termasuk bagian dari perkerasan jalan. Pekerjaan timbunan meliputi persiapan lokasi, pengadaan bahan material, penghamparan, pemadatan, pengujian, opname, dan perapian pekerjaan.

Adapun materialnya termasuk material asli atau natural sehingga tidak perlu pengujian JMD dan JMF seperti halnya agregat. Pengujian yang dilakukan hanya untuk mengetahui karakteristik yang dimiliki oleh materialnya. Apakah material tersebut layak untuk digunakan sebagai perkerasan jalan sesuai dengan batas persyaratan kualitasnya.



Baca juga: Klasifikasi Timbunan Pilihan Dari Sumber Galian

Berikut ini adalah metode pelaksanaan pekerjaan timbunan pilihan item 3.2.3:

A. Pekerjaan Persiapan

  1. Pekerjaan persiapan dimulai dengan mengajukan reques program kerja yang meliputi metode kerja, schedule, peralatan, personil kerja, gambar kerja, permohonan untuk menggunakan  material yang ingin digunakan sehingga bisa mendapat persetujuan dari konsultan yang merupakan direksi teknis.
  2. Pengadaan peralatan baik itu alat berat ataupun peralatan pengujian untuk control kualitas berdasarkan spesifikasi standard.
  3. Pembuatan stack out yang digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan pekerjaan. Dalam hal ini mencakup dimensi pembentukan badan jalan dan pemadatan.

B. Tahap Pelaksanaan



  • Material timbunan pilihan yang sudah mendapat perstujuan dari direksi teknik teknis (konsultan pengawas) dan direksi pekerjaan (PU), didatangkan secara langsung menuju lokasi. Biasanya menggunakan dump truck yang kemudian ditumpuk dengan jarak tertentu di lokasi pekerjaan.
  • Timbunan pilihan bisa dihampar dengan menggunakan motor grader. Untuk persyaratan tebal gemburnya sudah pasti harus sesuai kesepakatan.
  • Hasil hamparan timbunan disiram dengan air dalam jumlah cukup. Penyiramnnya dilakukan menggunakan water tanker yang kemudian dipadatkan mengunakan vibrator roller dengan pasing tertentu hingga mencapai tingkat kepadatan yang sesuai rencana.
  • Menguji control kalitas apakah timbunan pilihan sudah sesuai dengan syarat spesifikasi umum.

C. Pekerjaan Akhir

  • Jika timbunan pilihan sudah sesuai dengan kriteria ujian maka bisa langsung dilakukan pengujian kepada direksi. Tujuannya untuk dilakukan proses opname dimensi supaya timbunan pilihan nantinya termasuk dalam progress sehingga bisa dibayarkan.
  • Melakukan pengecekan secara rutin dengan menggunakan metode proff railing test supaya kondisi timbunan pilihan bisa terus terpanta hingga pelak=isan perkerasan jalan selanjutnya.
  • Demobilisasi seluruh peralatan dan pembersihan terakhir.

Baca juga: Cara Menghitung Volume Galian Dan Timbunan Jalan

Catatan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.