Cara Membuat Time Schedule Dan Contohnya

Posted on

Contoh Time Schedule Proyek Konstruksi – Dalam melakukan proyek konstruksi tentu tidak boleh sembarangan. Semua harus dilakukan secara terukur dan terarah. Supaya tujuan tersebut bisa tercapai maka dibutuhkan sebuah time schedule.



Time schedule ini biasanya memiliki bentuk yang menyerupai kurva “S”. Lalu bagaimana cara membuat time schedule yang baik dan benar? Kali ini kami akan menjelaskan cara membuat time schedule secara lengkap dan jelas. Tetapi sebelumnya kami akan membahas mengenai time schedule terlebih dahulu. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca juga: Pelaksanaan Pekerjaan Saluran Irigasi

Pengertian Time Schedule

Time schedule atau yang biasa disebut dengan jadwal pelaksana merupakan sebuah alat pengendali prestasi pelaksanaan proyek secara menyeluruh. Sehingga dalam proses pelaksanaannya, proyek tersebut nantinya bisa berjalan dengan lancar dan tepat waktu. Dengan adanya jadwal pelaksana ini maka setiap orang yang terlibat dalam proyek bisa mengetahui kapan waktu selesainya pekerjaan, waktu yang dibutuhkan pekerjaan (durasi kerja) dan perkiraan waktu selesainya pekerjaan.

Sistem penjadwalan ini banyak digunakan dalam berbagai hal, baik itu pembangunan gedung, rumah, kantor, jalan raya, jembatan, dan konstruksi lainnya yang melibatkan banyak orang serta mempunyai batas waktu. Secara umum, jadwal pelaksanaan ini disajikan dalam bentuk bar chart dan network planning.

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.