Menghitung Kebutuhan Pasir Dan Paving Block

Posted on



  • Bata Beton mutu A di atas disyaratkan kuat tekan minimal 35 MPa dan rerata 40 MPa hal ini setara dengan K430 hingga K490.
  • Bata Beton mutu B diatas disyaratkan kuat tekan minimal 20 MPa da rerata 20 MPa hal ini setara dengan K208  hingga K245.
  • Bata Beton mutu C diatas disyaratkan kuat tekan minimal 12,5 MPa dan rerata 15 MPa hal ini setara dengan K153 hingga K184.
  • Bata Beton mutu D diatas disyaratkan kuat tekan minimal 8,5 MPa dan rerata 10 MPa hal ini setara dengan K104  hingga K122.

Dari sisi ketebalan, paving mempunyai 3 macam ukuran ketebalan, yaitu 6 cm,  8 cm dan 10 cm. Kuat tekan bata beton (paving block) tidak ditentukan dari ketebalan, tetapi dari komposisi bahan/material penyusunnya.

Baca juga: Harga Paving Block Per Biji Dan Per Meter

Macam Jenis Paving Block

Paving block yang dijual di pasaran terbagi dalam beberapa jenis berbeda yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Adapun jenis-jenis paving block yang paling umum digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Model Paving Block Cacing

Paving block cacing banyak digunakan karena memiliki kelebihan yang bisa dipasang dimana saja. Bahkan pola pemasangannya juga tidak berbeda jauh dengan model paving bata. Hanya saja memiliki kelemahan yang tidak dapat digabungkan dengan jenis lain.

  1. Paving Block Trihex

Paving block trihex bisa dibilang merupakan salah satu model paving yang sangat rumit. Pemasangannya hanya bisa dipang dengan menggunakan satu pola saja. Namun meskipun demikian, hasil akhirnya akan terlihat sangat cantik.

  1. Paving Hexagon Segi Enam

Bentuk dari paving hexagon segi enam adalah hexagonal yang memiliki enam sisi yang sama. Model paving yang satu ini cocok sekali untuk digunakan di area taman atau halaman yang cukup luas. Terlebih jika diberi nama yang beragam maka akan terlihat sangat indah. Kelebihan yang dimiliki oleh paving ini yaitu mudah dipasang, kokoh, dan mampu tahan lama.

  1. Paving Hexagon Segi Delapan

Paving hexagon segi delapan tidak berbeda jauh dengan paving segi enam. Namun memiliki lebih dua sisi sehingga bentuknya terlihat polos dan seperti lingkaran. Proses pemasangannya biasa digabung dengan paving kotak yang memiliki ukuran kecil sehingga bisa mengunci rapat.

  1. Paving Batu Ubin Besar

Paving batu ubin besar yang memiliki pola tak beraturan ini terlihat natural, Penggunaannya sangat cocok di area taman yang dikombinasikan dengan tanaman hijau segar.

Baca juga: Desain Teras Depan Dan Belakang Rumah

  1. Paving Block Bata

Jika dinding rumah Anda menggunakan batu bata, maka akan sangat cocok sekali jika memasang paving block model bata ini. Dengan adanya warna yang sama maka rumah Anda akan nampak rapi dan indah jika dipandang mata. Proses pemasangannya juga mudah dan praktis.

  1. Paving Block Batu Berwarna

Paving block batu ini memiliki yang terlihat seperti keramik dengan harga mahal. Kombinasi warna yang dimiliki juga sangat cantik sehingga cocok untuk di pasang di area taman pribadi.

  1. Paving Block Rumput

Berbeda dengan jenis paving block pada umumnya, model ini memiliki lubang yang dijadikan sebagai tempat tumbuhnya rumput yang baru. Model paving blok ini biasa dipasang di area taman berukuran luas.

  1. Paving Block 3D

Leave a Reply

Your email address will not be published.