Harga, Ukuran Dan Jenis Scaffolding

Posted on

Ukuran Dan Jenis Scaffolding – Perancah atau yang dalam bahasa inggris disebut dengan scaffolding adalah sebuah konstruksi pembantu pada pekerjaan bangunan gedung.



Perancah baru akan digunakan jika pekerjaan bangunan gedung mencapai ketinggian lebih dari 2 meter karena sudah tidak bisa dijangkau oleh pekerja. Perancah bisa dibilang work platform sementara.

 Jenis Scaffolding

Perancah atau scaffolding merupakan sebuah struktur sementara yang digunakan secara khusus untuk dapat menyangga manusia dan material dalam konstruksi ataupun perbaikan gedung serta bangunan-bangunan yang besar lainnya.

Pada umumnya, perancah atau scaffolding ini berbentuk suatu sistem modular dari pipa atau tabung logam, walaupun juga bisa menggunakan bahan-bahan yang lainnya. Beberapa negara di wilayah Asia seperti RRC dan Indonesia lebih sering menggunakan bambu sebagai perancah.

Scaffolding sendiri dibuat dari pipa-pipa besi yang dibentuk secara khusus sehingga memiliki kekuatan dalam menopang beban yang berada di bagian atasnya. Dalam pengerjaan sebuah proyek, sebenarnya butuh atau tidaknya dalam menggunakan scaffolding ini tergantung dari pemiliki proyek. Hal ini dikarenakan adanya sebuah perbedaan antara biaya menggunakan bambu dan scaffolding.

Scaffolding biasa dimanfaatkan sebagai pengganti bambu dalam pembangunan sebuah proyek. Keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan scaffolding adalah lebih menghemat biaya serta efisiensi waktu pemasangan scaffolding.

Tipe Dasar Scaffolding

Harga Dan Ukuran Berbagai Jenis Scaffolding

Ada tiga tipe dasar scaffolding, yaitu:

  • Supported scaffold, yakni platform yang disangga langsung oleh tiang dan sudah dilengkapi dengan beberapa pendukung lainnya seperti sambungan-sambungan, kaki-kaki, kerangka-kerangka dan juga outriggers.
  • Suspended scaffold, yakni platform yang tergantung langsung dengan tali atau yang lainnya.
  • Aerial Lifts, yakni penopang untuk dapat mengangkat seperti Man Baskets (Keranjang Manusia).

Fungsi Perancah atau Scaffolding

Secara umum, ada dua fungsi perancah yang menjadi alasan mengapa alat yang satu ini dibuat manusia dan biasa disediakan dalam setiap proyek pembangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.