Ukuran Tinggi Tangga Dan Lebar Tangga Yang Nyaman

Posted on

Ukuran Tinggi Tangga Dan Lebar Tangga Yang Nyaman – Dalam pembangunan anak tangga memang dibutuhkan pengukuran dan perhitungan secara tepat. Hal ini penting untuk diperhatikan karena jika terjadi kesalahan dalam pengukuran akan membuat pengguna merasa tidak nyaman ketika menaiki tangga. Selain itu, ukuran tangga yang salah juga berdampak pada pemborosan biaya nantinya.



Maka dari itu, Anda harus mengetahui mengenai beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menentukan ukuran tangga seperti lebar tangga, tinggi anak tangga (Optrade), lebar anak tangga (Aantrade), dan juga bordes. Nah, berikut ini adalah informasi secara lengkap mengenai ukuran tangga tersebut.

Baca juga: Harga Dan Ukuran Tangga Aluminium

Baca juga: Menghitung Volume Bekisting Tangga Yang Benar

Ukuran Tinggi dan Lebar Tangga yang Nyaman

  1. Cara Menentukan Lebar Tangga

Lebar tangga ditentukan dengan cara menyesuaikan jumlah orang atau pengguna tangga yang akan melintasi tangga tersebut dalam waktu bersamaan. Seperti misalnya:

  • Untuk pengguna tangga yang hanya dominan 1 orang, maka lebar tangga bisa dibuat dengan ukuran mulai dari 70 cm sampai 90 cm.
  • Untuk pengguna tangga 2 orang baik itu searah maupun berlawanan arah, lebar tangga bisa dibuat sekitar 120 cm sampai 150 cm.
  • Untuk pengguna tangga 3 orang atau lebih (massal), lebar tangga dibuat dengan ukuran 180 cm atau lebih.

Catatan: Saat menentukan lebar tangga juga harus memperhitungkan mobilitas barang yang akan melalui tangga tersebut seperti lemari, tempat tidur, meja dan lain sebagainya. Sedangkan pada gedung umum, biasanya untuk transportasi barang menggunakan sebuah khusus atau bahkan disediakan lift khusus barang.



Baca juga: Rumus Kemiringan Tangga Dan Contoh Soal

  1. Cara Menentukan Tinggi Anak Tangga (Optrade)

Tinggi anak tangga atau Optrade ditentukan dengan cara melihat faktor kenyamanan para pengguna tangga (manusia) ketika melangkah naik ataupun turun pada tangga tersebut. Pengguna tangga dalam hal ini bisa saja anak kecil, remaja ataupun orang dewasa yang mempunyai tinggi badan dan jangkauan panjang kaki yang berbeda. Bisa dikatakan bahwa tinggi optrade yang nyaman dan ideal adalah relatif.

Dalam penentuan Optrade, bisa diambil patokan yang paling nyaman sekitar 15 cm sampai dengan 19 cm. Ukuran ini akan sangat nyaman jika digunakan untuk remaja atau orang dewasa yang memiliki tinggi 150 cm atau lebih. Namun sangat disarankan bahwa tinggi Optrade yang maksimal adalah 19 cm dan jangan sampai lebih.

Baca juga: Cara Menghitung Jumlah Anak Tangga Yang Benar

  1. Cara Menentukan Lebar Anak Tangga (Aantrade)



Lebar anak tangga (Aantrade) merupakan bidang atau lebar anak tangga yang dipijak oleh tapak kaki saat melangkah naik ataupun turun. Jadi saat menentukan lebar anak tangga ini harus disesuaikan dengan panjang tapak kaki itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *