Harga Waterproofing Membrane Per Meter Persegi

Harga Waterproofing Membrane Per Meter – Salah satu bahan bangunan ini merupakan salah satu pelapis kedap air yang dimana cara pengaplikasiannya adalah dengan dibakar. Waterproofing membrane bisa dibilang merupakan pelapis kedap air yang sangat baik untuk digunakan pada konstruksi bangunan dengan kelembaban cukup tinggi seperti kolam renang, dinding basement, dak beton dan bahkan balkon.

Suatu bangunan yang menggunakan lapisan waterproofing membrane ini mempunyai tujuan utama supaya bangunan nantinya bisa lebih kuat. Umumnya pelindung bangunanan yang satu ini dipasang pada beberapa bagian yang tertentu seperti atap, bawah tanah (basement) dan area yang basah lainnya.

waterproofing membrane

Jenis-Jenis Waterproofing

Waterproofing sendiri memiliki jenis yang sangat beragam dan bisa Anda temukan dengan sangat mudah di pasaran. Dilihat dari sistemnya, jenis-jenis waterprofing adalah sebagai berikut:

  1. Waterproofing Coating

Waterproofing Coating

Sistem coating (pelapisan) adalah sistem perlindungan terbuat dari bahan dasar air. Memiliki bentuk yang hampir sama dengan cat tetapi lebih kental dan kenyal. Bahkan untuk masalah penggunaanya pun sama, yaitu dengan menggunakan kuas. Beberapa bidang yang paling sering menggunakan waterprofing coating adalah talang beton, atap, galvalum, dinding samping, dan tanki sebagai tempat penyimpanan air.

  1. Waterproofing Membrane

Waterproofing Membrane

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa waterproofing membrane memiliki bentuk berupa lembaran atau gulungan. Dilihat dari bahan dasar pembuatannya maka terbagi menjai dua macam, yakni bahan dasar fiber dan juga polyester. Sedangkan untuk metode pekerjaan membrane adalah dengan cara dipanasi, dibakar atau torching, dan dilaminasi menggunakan lem.

Ada tiga macam tekstur yang dimiliki oleh waterproofing membrane, yaitu dengan permukaan halus, permukaan dilapisi pasir dan dilpisi batu. Dalam penggunaan waterproofing ini Anda harus sangat berhati-hati, sebab jika salah sedikit saja maka resiko kebocoran bisa terjadi. Waterproofing membrane biasanya digunakan untuk struktur bangunan dak atau atap beton.

  1. Waterproofing Flashband Self Adhesive

Waterproofing Flashband Self Adhesive

Waterproofing Flashband Self Adhesive merupakan jenis waterproofing yang biasa digunakan sebagai perlindungan suatu bangunan dengan flashband atau lembaran. Lembaranya tidak hanya satu dilapisi oleh satu lapis saja, tetapi dua kali lapis. Satu lapis memiliki fungsi sebagai perekat sedangkan untuk lapis kedua berfungsi sebagai penahan kebocoran sehingga air dipastikan tidak akan bisa masuk ataupun merembes. Waterproofing jenis ini biasa digunakan untuk atap, lantai, dan talang beton.

  1. Waterproofing Integral

Waterproofing Integral

Waterproofing intergral merupakan salah satu jenis waterproofing yang biasanya dicampurkan dengan adukan beton sebelum dilakukan pengecoran sehingga bisa dibilang merupakan bagian dari campuran beton. Dengan adanya waterproofing jenis ini maka bak penampungan air, kolam renang, basement, dan lain sebagainya akan menjadi plastis, tidak gampang retak, kedap air, dan bahkan lebih keras dengan penghematan air sampai 30%.

  1. Waterproofing Crystallising

Waterproofing Crystallising

Waterproofing crystallising biasa digunakan pada bagian permukaan beton baik itu dengan sistem positif ataupun negatif dan biasanya juga dicampur kdalam beton yang masih belum dicor supaya dinding dan lantai nantinya bisa menjadi kedap air.

Komponen aktif yang terdapat dalam waterproofing crystallisting bisa masuk dan meresap secara langsung ke dalam pori-pori beton, hasil reaksi akan mengubah menjadi kristal pada permanen sehingga beton nantinya tidak mampu ditembus oleh air. Jenis waterproofing ini sangat cocok sekali untuk digunakan pada lantai atau dinding beton yang memiliki tekanan air tinggi, seperti misalnya tunnel, basement, waduk, ground tank dan lain sebagainya.

Baca Juga: Harga Aluminium Foil Per Meter

Kelebihan atau Keunggulan Waterproofing Membrane

Kelebihan atau Keunggulan Waterproofing Membarane

Waterproofing membrane memang bisa membuat kontruksi bangunan Anda lebih berkualitas. Berikut ini adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh waterproofing membrane jika dibandingkan dengan jenis waterproofing yang lainnya:

  • Waterproofing membarane memang sangat mudah untuk dipasang karena bentuknya berupa lembaran dan hanya cukup dibakar saja ketika ingin memasanganya.
  • Waterproofing membarane juga bisa tahan lama, apalagi ketika lapisan pelindung ini tidak terkena cahaya matahari secara langsung.
  • Lapisan karet waterproofing membaran juga memiliki ketahanan terhadapa paparan bahan kimia sehingga dipastikan akan jauh lebih awet.
  • Karet dari waterproofing membrane cukup kuat, dan bahkan tidak gampang robek karena memang kelenturannya yang tinggi.

Kekurangan atau Kelemahan Waterproofing Membrane

Kekurangan atau Kelemahan Waterproofing Membrane

Meskipun memiliki banyak sekali kelebihan, waterproofing juga tak luput dari kekurangan atau kelemahan. Adapun kekurangan dari jenis waterproofing membrane adalah sebagai berikut:

  • Harga waterproofing membrane jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis waterproofing yang lainnya.
  • Waterproofing memang sangat kuat dan juga elastis, namun tingkat elastisitas tersebut bisa menjadi semakin berkurang jika terlalu sering terpapar cahaya matahari secara langsung.
  • Pada saat terjadi kebocoran akan sangat sulit untuk dideteksi karena bagian yang dilapisi telah tertutup cukup rapat oleh lapisan waterproofing membrane.

Cara Pemasangan Waterprofing Membrane

Selanjutnya kami akan menjelaskan mengenai metode cara pemasangan wakterproofing membrane. Untuk melakukan pekerjaan waterproofing ini dibutuhkan beberapa alat bantu seperti sapu, sikat, dan juga kape. Selain itu, ada beberapa bahan yang juga harus Anda siapkan dalam metode pemasangan waterproofing membrane, yaitu:

  • Waterproofing membrane
  • Bahan primer coating
  • Acian halus
  • Kawat ayam
  • Screed beton
  • Dan siapkan juga beberapa alat bantu pekerjaan waterproofing membrane lainnya yang sekiranya penting dan dibutuhkan.

Cara Pemasangan:

Cara Pemasangan Waterprofing Membrane

  • Bersihkan terlebih dahulu lokasi struktur beton yang ingin dilapisi dengan waterproofing membrane menggunakan beberapa alat yang telah Anda siapkan sebelumnya. Pastikan bahwa setiap bidang dan juga permukaan harus bersih.
  • Labur bidang atau bagian permukaan yang ingin dipasangi primer coating secara rata dan juga pada bidang dinding naik kurang lebih 20 cm dari lantai rencana.
  • Selanjutnya Anda harus melakukan pengecekan kembali pada laburan primer coating. Cek apakah sudah rapi dan menutup seluruh bagian permukaan.
  • Lakukan pemasangan waterproofing membrane ke seluruh bagian permukaan beton dengan sambungan overlap sekitar 10 cm. Pastikan bahwa pemasangan tersebut benar-benar merata.
  • Periksa dan cek kembali waterproofing membrane yang telah Anda pasang tadi.
  • Lakukan tes penggenangan, caranya adalah dengan menggunakan air selama satu hari penuh atau 24 jam.
  • Apabila ketinggian air tersebut tidak berkurang sama sekali maka dapat dipastikan bahwa tidak ada kebocoran. Namun jika masih belum maka Anda harus mencari dimanakah bagian yang bocor dan kemudian memperbaikinya.
  • Setelah itu lakukan pekerjaan screed penutup waterproofing, untuk bagian toilet bisa langsung ditutup menggunakan screed setinggi 2 sampai 5 cm. Sementara untuk wilayah gutter atau saluran air harus Anda lapisi menggunakan kawat ayam, setelah itu barulah screed 2 sampai 3 cm dan dilanjutkan finsih acian.

Harga Waterproofing Membrane Terbaru

waterproofing membrane

Type Product Detail Harga
DS 30 Sand 3.0 mm @ 1 X 10 m / Roll Rp 37.500 /m
DS 40 Sand 4.0 mm @ 1 X 10 m / Roll Rp 40.750 /m
DS 30 Plain 3.0 mm @ 1 X 10 m / Roll Rp 37.200 /m
DS 40 Plain 4.0 mm @ 1 X 10 m / Roll Rp 40.999 /m
DS 30 Mineral Grey 3.0 mm @ 1 X 10 m / Roll Rp 40.500 /m
DS 40 Mineral Grey 4.0 mm @ 1 X 10 m / Roll Rp 47.150 /m
DS 30 Mineral Green 3.0 mm @ 1 X 10 m / Roll Rp 44.500 /m
DS 40 Mineral Green 4.0 mm @ 1 X 10 m / Roll Rp 49.250 /m
ASAD 1.6 HDPE 1.6 mm @ 1 X 20 m / Roll Rp 42.800/m
ASAD 1.6 AL 1.6 mm @ 1 X 20 m / Roll Rp 52.250 /m
MS 30 3.0 mm @ 1 X 2 m / Sheet Rp 80.600/Sheet
LM 40 4.0 mm @ 1 X 10 m / Roll Rp 73.300 /m

Anti UV Acrylic Based Waterproofing
Area aplikasi : Dak Beton, Balkon, Kanopi, Dinding Samping
Perkiraan Harga terpasang +- Rp. 70.000,-/m2

Cement Based Waterproofing
Area aplikasi : Dak Beton, Balkon, Kamar Mandi, Kolam Renang, Tanki Air
Perkiraan Harga terpasang +- Rp. 45.000,-/m2

Anti UV Acrylic Based Waterproofing
Area aplikasi : Dak Beton, Balkon, Kanopi, Dinding Samping
Perkiraan Harga terpasang +- Rp. 70.000,-/m2

Cement Based Waterproofing
Area aplikasi : Dak Beton, Balkon, Kamar Mandi, Kolam Renang, Tanki Air
Perkiraan Harga terpasang +- Rp. 45.000,-/m2

Baca Juga: Harga Turbin Ventilator Rumah Tinggal

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai waterproofing membrane secara lengkap sampai dengan daftar harga dan juga metode pemasangannya. Silahkan Anda berinovasi sendiri dengan cara waterproofing yang lainnya agar bisa mendapatkan hasil akhir yang lebih baik dan efisien. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment