Harga Triplek HPL Taco Per Lembar Terbaru 2020

Harga HPL Taco – High Pressure Laminate merupakan sebuah papan laminasi dengan dibuat dengan menggunakan tekanan tinggi. Papan ini umumnya digunakan pada berbagai produk furniture dan bagian permukaan interior sebagai finishing.

Berbagai macam perabotan rumah tangga seperti meja, kabinet, dan juga kitchen set banyak sekali yang menggunakan papan ini. Selain mempunyai permukaan yang rapi, kebanyakan orang lebih memilih HPL karena harganya yang murah dengan stok melimpah.

Papan triplek HPL biasanya digunakan sebagai lapisan akhir dari sebuah produk. Hal ini bertujuan supaya tampilan tersebut menjadi lebih rapi. Produk ini memiliki banyak sekali kelebihan dan jenis dengan harga yang bervariasi. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini:

Keuntungan Menggunakan HPL

Triplek HPL Taco

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat mengaplikasikan HPL untuk finishing furniture ataupun dekorasi dinding, yaitu:

  • Proses pengerjaannya yang sangat praktis karena dapat dilakukan tanpa finishing yang harus melibatkan tukang semprot sehingga akan menjadi lebih mudah dan untuk proses pengerjaannya akan lebih cepat.
  • Cost dan juga biayanya cukup murah.
  • Furniture yang telah menggunakan finishing HPL tidak membutuhkan tukung yang hanya khusus finishing sehingga tukang kayu saja sudah cukup.
  • Memiliki warna dan motif furniture yang sama, sehingga hasil akhirnya nanti tidak akan menjadi belang-belang seperti menggunakan finishing cat duco.
  • Mempunyai berbagai macam jenis, mulai dari motif kayu, metalik, warna solid, sampai dengan motif seperti marmer dan granit.
  • Penggunaan HPL akan lebih cepat jika dibandingkan dengan finishing spray.
  • Sangat cocok sekali untuk furniture yang menginginkan tampilan modern dan minimalis.
  • Memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap panas, zat kimia, dan goresan.
  • Harga yang jauh lebih murah.
  • Lebih bersih dalam aplikasinya.

Triplek HPL Taco

Baca Juga: Daftar Harga Triplek

Kekurangan Menggunakan HPL

Selain memiliki banyak kelebihan, HPL juga tidak luput dari kekurangan. Adapun kekurangan menggunakan pelapis triplek ini adalah sebagai berikut :

  • Pengerjaan yang dilakukan dengan HPL akan sangat menyulitkan dan bahkan tidak mungkin sekali untuk membuat bidang lengkung yang sangat kecil. Seperti misalnya sudut lengkung yang memiliki jari-jari 5 cm. Maka dari itu, jika ada bidang-bidang lekung yang terlalu kecil seperti itu biasanya akan menggunakan paduan dengan sheet plastik.
  • Pemotongan HPL yang dilakukan dengan tidak sempurna maka akan menyebabkan terlihat adanya lapisan ketebalan HPL dan banyak sekali kasus HPL nampak tidak rapi pada bagian sudut-sudutnya.
  • Jika dilihat dari segi fisik, HPL sangatlah keras, tingkat flexibelnya sangat rendah dan mudah sekali mengalami patah sehingga jika Anda tidak hati-hati maka dapat meningkatkan biaya produksi.
  • Lapisan HPL seringkali lepas sendiri apabila proses lemnya dilakukan dengan tidak sempurna.
  • Tampilan HPL tidak sebagus tampilan Cat Duco.
  • Jika dibandingkan dengan Decosit, HPL memiliki harga yang lebih mahal.
  • Pada bagian edging perlu untu difinishing kembali.
  • Terlihat kuran natural daripada cat melamik, dimana cat melamik bisa memberikan tampilan keaslian urat kayu dari material kayu yang digunakan.

Jenis-Jenis Triplek HPL

HPL tersedia dalam berbagai macam warna dan corak yang mempunyai banyak sekali pilihan untuk dapat menentukan keindahan dari furnitur minimalis. Adapun jenis-jenisnya adalah sebagai berikut:

  1. HPL Solid Color / Warna

HPL Solid Color

HPL tersedia dalam warna-warna yang cukup kuat dan berani. Ada yang tampil glossy maupun matt/dott, yang dimana keduanya akan sangat menarik untuk diaplikasikan.

Dengan memilih warna yang kuat maka akan membuat tampilan furnitur Anda terlihat semakin bagus dan glamour. HPL jenis ini mempunyai warna yang cukup mencolok seperti apple green, apple red, blue, orange, dan juga yellow.

  1. HPL Real Wood / Motif Kayu

HPL Real Wood / Motif Kayu

Apabila Anda ingin menciptakan kesan yang alami dan natural seperti warna kayu, HPL juga mempunyai tekstur dan motif kayu yang sangat menarik. Motif ini umumnya akan sangat cocok untuk digunakan pada kitchen set, meja rias, lemari, dan lainnya.

Untuk HPL jenis real woof ini tersedia berbagai macam pilihan sangat menarik yang bisa Anda pilih sendiri seperti classic eye, tiger eye, cat eye, dan juga bird eye.

  1. HPL Wood Grain / Gradasi Kayu

 HPL Wood Grain / Gradasi Kayu

Pilihan menarik untuk motif gradasi kayu ini sangat cocok sekali bagi Anda yang menginginkan interior rumah terasa harmonis dan hangat. HPL dengan corak kayu ini memiliki warna yang sangat beragam.

Berbagai macam pilihan warna HPL woof grain ini adalah warna terang, warna tua, dan juga pucat. Sedangkan untuk tipenya hadir mulai dari zebra wood, dark ebony, canadian maple, dan juga ori zebrano.

  1. HPL Spesial Features / Motif Khusus HPL

HPL Spesial Features / Motif Khusus HPL

Selain memiliki warna yang mencolok dan bermotif kayu, HPL sekarang juga hadir dalam warna-warna metal dan gradasi yang sangat berani. Apabila Anda memilih warna yang satu ini maka bisa menciptakan kesan modern dan juga futuristik.

Ada beberapa pilihan warna polos maupun bertekstur sehingga akan membuat kombinasi ini nampak lebih istimewa. Motif spesial ini seperti waveline, leather, hairline dan juga lain sebagainya.

Pengaplikasian dan Cara Pasang HPL

Pengaplikasian dan Cara Pasang HPL

HPL pada umumnya dapat diaplikasikan di hampir semua furnitur dengan bagian permukaan yang datar seperti lemari baju, kabinet kitchen, lemari TV, lemari baju, meja kantor, rak sepatu, nakas, dipan, dan juga partisi ruangan atau backrop dinding.

Selain pada permukaan datar, HPL juga dapat digunakan pada permukaan yang lengkung. Akan tetapi, jika lengkunganya terlalu kecil atau extream maka sudah pasti HPL patah. Hal ini dikarenakan sifat HPL sendiri yang sangat kaku.

Perlu Anda ketahui bahwa bahan dasar yang digunakan untuk dapat menempelkan HPL pada umumnya adalah multiplex atau blockboard. Sedangkan untuk cara menempelkannya sendiri bisa dibilang sangat mudah sekali.

Dalam hal ini, Anda hanya perlu untuk melapisi bagian permukaan HPL dan juga triplek dengan menggunakan lem kuning. Jika sudah maka tunggu selama beberapa saat sampai kedua permukaan tersebut benar-benar kering.

Setelah permukaan kering maka selanjutnya tempelkan HPL ke bagian permukaan triplek secara perlahan. Gosok dan tekan-tekan bagian permukaan HPL dengan potongan triplek kecil yang sudah dilapisi dengan menggunakan kain supaya bisa menempel secara rata.

Baca Juga: Harga Conwood

Daftar Harga HPL Berbagai Tekstur

HPL Taco

Di Indonesia ada banyak sekali merek triplek HPL yang bisa ditemukan dengan sangat mudah. Namun dari banyaknya merek tersebut, salah satu merek yang paling banyak diminati oleh pelaku interior dan juga gudang-gudang produksi adalah merek HPL TACO.

Merek yang satu ini banyak digunakan karena memiliki kualitas yang baik, pilihan motif yang cukup banyak, dan harga yang cukup murah. Adapun harga HPL Taco per lembar adalah sebagai berikut ini:

No Merk Kode Harga
1 Taco HPL Aa / B / H Putih Rp 95.000
2 Taco HPL Aa / B / H Polos Rp 115.000
3 Taco HPL Aa / B / H Warna Kayu Rp 140.000
4 Taco HPL Ad / G Dove Polos Rp 128.600
5 Taco HPL D / G Gloss Polos Rp 129.600
6 Taco HPL Solid Brush Rp 205.600
7 Taco HPL Tekture Rp 206.600
8 Taco HPL New Texture Rp 204.600
9 Taco HPL Vir Line Rp 207.600
10 Taco HPL Floral (Bu) Rp 203.600
11 Taco HPL Asian Oak – Th 262 B – Woodgrain Rp 164.600
12 Taco HPL Light Grey Gloss – Th 014 G Rp 175.350
13 Taco HPL Sagrada – Th 1241 Fc – Pattern Rp 183.750
14 Taco HPL Light Pesaro – Th 864 Jg – Woodgrain Gloss Rp 206.600
15 Taco HPL Golden Foil – Th 610 Al – Pattern Textured Rp 243.600
16 Taco HPL Chocolate Afromosia TH 852 J Rp 187.500
17 Taco HPL Elite Pear TH 102 AA Rp 155.000
18 Taco HPL Gray Leger Stone Rp 289.000
19 Taco HPL Australian Oak TH 359 H Rp 155.000
20 Taco HPL New Rhumbia TH 372 H Rp 155.000
21 Taco HPL Brown Sapeli TH 375 H Rp 155.000
22 Taco HPL Fine Bamboo TH 308 H Rp 155.000
23 Taco HPL Noble Cherry TH 215 AA Rp 155.000
24 Taco HPL Bright Mapple TH 276 B Rp 155.000
25 Taco HPL Black Dove TH 003 D Rp 165.000
26 Taco HPL Brown Deluxe TH 1218 FC Rp 187.000
27 Taco HPL Spice Cherry TH 109 AA Rp 155.000
28 Taco HPL Alumunium brush TH 602 A Rp 540.000
29 Taco HPL Crimson Maple TH 846 JG Rp 215.000
30 Taco HPL Auckland Oak TH 1202FC Rp 187.500

Leave a Comment