Harga Pagar Besi Tempa Per Meter Persegi

Harga Pagar Besi Tempa Per Meter –  Pada zaman modern ini ada banyak sekali cara yang dilakukan oleh sebagian orang untuk meningkatkan keamanan dalam rumahnya. Mulai dengan memang teralis jendela atau pintu, memasang alarm, memasang pagar, dan bahkan memasang CCTV.

pagar tempa

Namun yang menjadi pilihan paling utama bagi kebanyakan orang adalah memasang pagar rumah. Pagar sendiri memiliki jenis yang sangat beragam, mulai dari pagar kayu, pagar bambu, beton, semak, batu dan lain sebagainya.

Tetapi yang paling banyak digunakan adalah pagar besi tempa. Hal ini karena pagar besi ini memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan jenis pagar yang lainnya.

Seperti yang kita tahu bahwa pagar besi sendiri terkenal akan kekuatan yang dimilikinya dan mampu tahan lama. Bahkan pagar besi sudaah digunakan lama sekali sejak zaman kolonial Belanda. Pada waktu itu hanya orang kaya saja yang hanya bisa menggunakan pagar besi tempa untuk hunian mereka.

Pagar Besi Tempa

Baca juga: Harga Rolling Door Dan Folding Gate

Namun pada tahun 1800-an, sudah banyak orang yang pandai dalam memproduksi pagar besi tempa. Pagar besi tempa ini kemudian banyak digunakan untuk memperindah ataupun untuk melindungi suatu bangunan atau rumah dari segala kemungkinan buruk.

Saat ini pagar besi tempa sudah banyak digunakan, baik itu untuk kalangan rumah elite ataupun rumah kelas menengah.

Pagar Besi Tempa

Memang ada banyak jenis pagar yang beredar di pasaran sekarang ini. Namun tetap saja jenis pagar tempa klasik sudah sejak lama digunakan dan masih bertahan sampai sekarang ini.

Besi tempa sendiri merupakan jenis logam yang dibuat dari bahan besi dengan bahan campuran produk sampingan saat proses pengolahan yaitu terak.

Pagar Besi Tempa

Tetapi bahan yang digunakan dalam pembuatan besi tempa sekarang ini tentu sudah berbeda dengan bahan besi tempa sejak awal kemunculannya dahulu. Bahan yang digunakan untuk pembuatan besi tempa sekarang ini adalah karbon baja.

Meski demikian dalam proses pembuatan pagarnya masih mengadopsi pembuatan pagar besi pada jaman dulu. Yaitu dengan cara dipanaskan cukup lama dalam suhu yang cukup tinggi dengan melalui proses peleburan untuk membuat ulir serta ornamen-ornamen khas besi tempa.

Kelebihan Pagar Besi Tempa

Memang ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh pagar besi tempa jika dibandingkan dengan jenis pagar yang lainnya. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh pagar besi tempa adalah sebagai berikut:

Kelebihan Pagar Besi Tempa

  1. Kuat

Jika dilihat dari segi keamanannya, pagar besi tempa memiliki kekuatan yang lebih baik daripada bahan kayu ataupun bahan yang lainnya. Hal ini karena besi tempa tidak akan mudah hancur.

Untuk masalah ketahanan, Anda tidak perlu khawatir karena pagar besi tempa dipastikan jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan jenis pagar yang lainnya.

  1. Awet dan Tahan Lama

Berbeda halnya dengan pagar kayu yang bisa menjadi lapuk, melengkung atau bahkan bisa mengering jika perawatannya kurang baik. Pagar besi tempa ini sangat awet dan bahkan mampu bertahan hingga bertahun-tahun lamanya.

Apalagi jika Anda rawat dengan baik maka pagar besi tempa mampu bertahan hingga seumur hidup lamanya. Bahkan besi tempa juga tahan terhadap serangan binatang pengerat dan binatang lainnya seperti rayap yang bisa merusak kayu.

  1. Terlihat Elegan

Pagar besi tempa memiliki tampilan yang sangat gagah dan elegan karena memang terlihat sangat kuat. Pagar rumah dari bahan material tempa bisa dibentuk sesuai dengan selera Anda sendiri.

Anda bisa memilih desain pagar besi tempa minimalis yang simple atau bisa juga memilih pagar besi tempa elegan yang memiliki pola meliuk-liuk klasik yang megah dan anggun.

  1. Mudah dalam Perawatan

 Pagar besi tempa tidak membutuhkan perawatan secara khusus sehingga tidak akan menyulitkan. Tetapi meskipun demikian pagar besi tempa tetap mampu bertahan sampai bertahun-tahun lamanya.

Pada umumnya, kerusakan pagar besi tempa bisa diatasi dengan sangat mudah. Hanya dengan mengoleskan oli pada bagian roda atau melakukan cet ulang pagar maka pagar bisa terlihat baru kembali.

Kekurangan Pagar Besi Tempa

Selain mempunyai kelebihan atau keunggulan ternyata pagar besi tempa juga tak luput dari kekurangan. Meskipun demikian kekurangan pagar besi tempa ini tidak sebanding dengan keunggulan yang dimilikinya. Berikut ini adalah kekurangan pagar besi tempa:

Kekurangan Pagar Besi Tempa

Harga Pagar Besi Tempa Mahal

Dengan banyaknya kelebihan yang dimilikinya, maka tak heran jika harga pagar besi tempa sangat mahal, apalagi jika material besi tempanya dibentuk sedimikian rupa dengan desain yang terbilang sangat rumit.

Namun untuk harganya yang mahal ini sebenarnya masih sebanding dengan kualitasnya yang terbaik dan sangat awet. Bahkan Anda bisa melihat hal seperti demikian sebagai investasi dalam jangka panjang.

Harga Pagar Besi Tempa Per Meter Persegi

Harga Pagar Besi Tempa Per Meter Persegi

Setelah membahas mengenai kelebihan dan kekurangan pagar besi tempa, sekarang kami akan memberikan informasi harga besi tempa. Perlu diketahui bahwa setiap desain memiliki harga yang berbeda. Maka dari itu, kami akan memberikan informasi perkiraan harganya saja.

Harga pagar besi tempa per meter persegi tahun 2021 sekitar Rp 2.600.000 sampai dengan Rp 4.500.000. Namun harga ini bukan merupakan harga tetap karena bisa saja mengalami perubahan sewaktu-waktu dan harganya sendiri tergantung dari desain dan motif pagar serta tingkat kesulitan kerjanya.

Sedangkan untuk harga pagar besi tempa minimalis yang memiliki desain sederhana dengan material yang tidak terlalu tebal harganya per meter kurang lebih sekitar Rp 1.800.000 sampai dengan Rp 3.000.000.

Tips Memilih Pagar Rumah

Dalam pemilihan pagar rumah harus disesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih pagar rumah:

Tips Memilih Pagar Rumah

  1. Memperhitungkan Ukuran Rumah Anda

Sesuaikan ukuran pagar yang ingin dibeli dengan ukuran rumah. Jika rumah Anda mempunyai ukuran yang tidak terlalu luas maka kami sarankan untuk memilih pagar yang berukuran 1 sampai 2 meter. Hal ini bertujuan untuk kesesuaian bentuk antara pagar rumah dengan bangunan supaya ideal.

  1. Sesuaikan Desain Pagar dengan Desain Rumah

Ada beberapa desain rumah yang banyak digunakan, yaitu minimalis, tradisional, modern, atau mewah. Maka dari itu, desain rumah harus disesuaikan dengan desain pagar yang ingin digunakan. Jika rumah Anda menggunakan desain minimalis maka usahakan pula untuk menggunakan pagar yang memiliki desain minimalis atau sederhana.

  1. Pilih Bahan Dasar Pembuatan Pagar yang Berkualitas

Selain tempa, pagar minimalis pada umumnya terbuat dari bahan dasar besi cor, baja hollow, kayu, dan baja. Namun kebanyakan orang menggunakan perpaduan dari beberapa bahan dasar tersebut dengan berbagai bentuk, model, dan motif yang sangat beragam.

Baca juga: Harga Cat Besi Untuk Pagar

Demikian informasi dari kami mengenai harga pagar besi tempa per meter persegi lengkap bersama dengan pembahasannya.

Semoga informasi yang sudah kami sampaikan di website ini bisa memberikan manfaat bagi Anda semua atau setidaknya dapat Anda jadikan sebagai referensi sebelum membeli pagar besi tempa.

Leave a Comment