Harga Plat Bordes Galvanis Dan Aluminium


Harga Plat Bordes – Sekarang ini kehadiran produk plat baja mempunyai peran yang sangat penting dalam dunia konstruksi dan berbagai industri yang lainnya. Hal ini tak lain karena kekuatann dan tingkat ketahanan yang dimiliki oleh produk plat baja tersebut bisa dibilang cukup tinggi.



Maka tak heran jika sekarang ini banyak sekali berbagai macam produk plat baja yang diproduksi dan setiap produsen memiliki karakteristik tersendiri untuk diaplikasikan pada berbagai kebutuhan. Salah satunya adalah produk plat bordes atau yang biasa disebut dengan nama plat kembang.

 

Harga Plat Bordes

Plat bordes banyak digunakan dalam berbagai konstruksi bangunan yang membutuhkan ketahanan dan kekuatan yang tinggi. Selain untuk kebutuhan konstruksi, plat bordes juga banyak digunakan untuk kendaraan mobil, truk, dan lain sebagainya.

Perlu diketahui bahwa plat bordes ini tidak hanya dibuat dari bahan material baja saja, ternyata ada juga plat bordes yang terbuat dari bahan alumunium, galvanis, dan lainnya. Di pasaran, harga plat bordes alumunium dan galvanis sangat bervariasi tergantung dari ukurannya.



Mengenal Plat Bordes

Mengenal Plat Bordes

Plat bordes memiliki nama lain seperti Checkered Mild Steel atau Checkered Steel. Di Indonesia sendiri plat bordes biasa disebut dengan nama Plat Berlian atau Plat Kembang. Plat bordes adalah sebuah plat baja yang bagian permukaannya timbul bergelombang dan di dalamnya memiliki bentuk jajaran genjang pada salah satu bagian permukaannya sehingga hal ini bisa mengurangi resiko licin dan tergelincir.

Manfaat Penggunaan Plat Bordes

Manfaat Penggunaan Plat Bordes

Diatas sudah kami jelaskan bahwa plat bordes memiliki permukaan yang kasar (ada kembangan), tahan terhadap segala cuaca dan keausan rendah. Oleh karena itulah jenis plat yang satu ini seringkali digunakan dalam konstruksi bangunan.



Pada umumnya, plat bordes digunakan sebagai komponen lantai dan tangga. Permukaan timbul kembangan dengan bentuk jajar genjang di salah satu bagian permukaannya terbuat dari bahan baja yang anti karat atau galvanis.

Untuk itu, jika Anda ingin mendapatkan konstruksi bangunan yang awet terutama di bagian lantai dan tangga maka Anda bisa mengaplikasikan plat bordes atau plat kembang ini. Dengan begitu maka Anda bisa mendapatkan lantai dan tangga yang sudah pasti sangat kuat dengan keausan yang rendah.

Baca Juga: Harga Pipa Besi Galvanis

Bahan Baku Plat Bordes

bahan baku plat bordes

Plat bordes terbuat dari bahan dasar besi baja yang memiliki ketahanan cukup tinggi terhadap karat. Ada juga plat bordes yang terbuat dari bahan dasar alumunium, galvanis, stainless, dan lainnya dalam bentuk lembaran. Proses pembuatan plat bordes adalah dengan system hot rolling.

Namun meskipun demikian, plat bordes dibuat dengan menggunakan manufaktur modern sehingga jenis plat yang satu ini tersedia dengan berbagai macam variasi ukuran dan ketebalan.

Apabila Anda ingin membeli plat bordes, kami sarankan untuk mencari produsen plat bordes yang dapat memenuhi kebutuhan Anda baik itu untuk proyek ataupun penggunaan pribadi. Pilih juga produsen plat bordes yang melayani dalam skala besar atau banyak.



Berat Plat Bordes

Berat plat bordes

Dilihat dari bahan bakunya, plat bordes dibedakan menjadi dua macam. Tetapi secara keseluruhan plat bordes memiliki banyak sekali jenisnya, yaitu plat bordes stainless, plat bordes kembang, plat bordes galvanis, plat bordes alumunium, plat bordes lembaran. Sedangkan untuk ukuran berat plat bordes adalah sebagai berikut:

Ukuran Plat Bordes Berat Plat
2.0 mm x 4’ x 8’ 51.7 Kg
2.3 mm x 4’ x 8’ 59 Kg
3 mm x 4’ x 8’ 75 Kg
3.2 mm x 4’ x 8’ 79.6 Kg
4.5 mm x 4’ x 8’ 110 Kg
6 mm x 4’ x 8’ 145 Kg
8 mm x 4’ x 8’ 192 Kg
9 mm x 4’ x 8’ 215 Kg

Kegunaan Plat Bordes Dalam Konstruksi Bangunan dan Kendaraan

Plat bordes sebenarnya memiliki banyak sekali fungsi atau kegunaan. Kegunaan plat bordes yang paling umum adalah untuk konstruksi bangunan dan kendaraan. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

  • Plat Bordes untuk Kendaraan

Plat Bordes untuk Kendaraan

Besi yang memiliki bagian permukaan tidak rata ini seringkali kita jumpai. Namun sebagian besar orang kurang begitu mengamati atau hanya sambil lalu saja. Bagi Anda yang berpergian dengan sering menaiki bus umum, plat bordes ini selalu digunakan untuk menghiasi lantai. Jika Anda perhatikan dengan seksama, lantai bus umum terbuat dari bahan dasar besi yang tidak rata dan memiliki motif hampir menyerupai daun kecil yang tersusun berselang seling. Selain bus umum, jenis kendaraan lainnya yang menggunakan plat bordes sebagai lantai adalah pick up atau mobil angkutan barang.

Kendaraan pick up memiliki lantai yang tidak rata dengan membentuk pola kembangan. Pola ini memiliki tujuan untuk dapat membuat bagian permukaan menjadi kasar. Dengan bagian permukaan yang kasar maka sudah pasti benda yang berada di bagian atasnya tidak akan mudah tergelincir.

Itulah mengapa ketika sedang berada di dalam bus, penumpang tidak akan terjatuh walaupun bus tersebut terus bergerak dan melajut dengan cepat. Namun pada kendaraan seperti bus ini biasanya plat bordes hanya sebagai tambahan yang di instal sendiri oleh pemilik kendaraan. Sedangkan pada alat transportasi yang lebih besar seperti kereta api, plat bordes biasanya digunakan pada pemisah gerbong.



Leave a Comment