Harga Kaca Per Meter Berbagai Ukuran Lengkap


Harga Kaca Per Meter – Kaca merupakan salah satu material bangunan yang biasa digunakan sebagai jendela ataupun pintu rumah. Penggunaan kaca sebagai bahan bangunan sekarang ini juga banyak dipertimbangkan untuk menambah nilai estetika rumah.



Kaca sendiri sangat beragam yang dimana dibedakan berdasarkan jenisnya. Setiap jenis kaca sudah pasti mempunyai fungsi dan karakteristik yang berbeda-beda. Nah, kali ini kami akan membahas mengenai berbagai macam jenis kaca yang tersedia di pasaran sekarang ini, fungsi, kelebihan dan kekurangan setiap jenisnya. Selain itu, kami juga akan sajikan daftar harga kaca per meter berdasarkan spesifikasi dan tingkat ketebalannya.

Harga Kaca Per Meter

Pengertian Kaca dan Fungsi

Kaca adalah benda cair yang mempunyai tingkat kepadatan cukup tinggi sehingga membentuk seperti kristal berwarna kuning (warna standard). Bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan material kaca adalah silica (SiO2), bahan campuran antara batu pasir dengan fluks, dan juga stabilisator agar kompisisinya menjadi semakin kuat dan padat.

Perlu Anda ketahui bahwa komposisi kaca bisa berbeda-beda karena hal ini tergantung dari fungsi kaca itu sendiri. Bahkan untuk kekuatan yang dihasilkan juga berbeda-beda karena tergantung dari bahan material yang membentuknya.

Pada umumnya, kaca memiliki fungsi sebagai berikut ini:



  • Memantulkan cahaya matahari yang akan masuk ke dalam suatu ruangan sehingga panasnya nanti dapat diredam.
  • Dapat memantulkan bayangan sebuah benda.
  • Membuat tampilan ruangan atau bangunan seperti rumah menjadi terlihat semakin indah dan menarik.
  • Dapat dijadikan sebagai penyekat antara satu ruangan dengan ruangan yang lainnya.
  • Biasa dijadikan sebagai pelapis jendela atau pintu ruangan.

Baca juga: Harga Aquarium Kaca Minimalis

Karakteristik Kaca

Karakteristik Kaca

Kaca mempunyai beberapa karakteristik umum. Adapun karakteristik dari material kaca adalah sebagai berikut:

  1. Mempunyai tingkat kepadatan yang cukup tinggi.
  2. Mempunyai tingkat ketebalan dan kekuatan yang sangat beragam. Hal ini tergantung dari bahan material sebagai campurannya.
  3. Dapat mempertahankan warna, kejernihan dan juga kepadatannya dalam jangka panjang.
  4. Mempunyai potensi untuk rentan sekali pecah, retak, dan bahkan hancur.
  5. Memiliki ketahanan cukup baik terhadap pengaruh gas, asam, ataupun uap.
  6. Mempunyai tingkat ketahanan yang kurang baik terhadap panas.

Jenis-Jenis Kaca

Jenis kaca yang biasa digunakan untuk bangunan dan hunian tempat tinggal memang sangat beragam. Berikut ini adalah jenis-jenis kaca berdasarkan penggunaannya:

  1. Kaca Bening

Kaca Bening



Kaca  bening biasa disebut dengan float glass. Jenis kaca ini tidak memiliki warna sama sekali yang dimana bagian permukaannya sangat bersih dan rata. Kaca bening biasa digunakan untuk keperluan pada interior ataupun eksterior bangunan, baik itu pada hunian tempat tinggal atau gedung bertingkat. Selain itu, kaca bening juga banyak digunakan sebagai perabotan rumah tangga seperti misalnya lemari kaca dan rak piring.

  1. Kaca Warna

Kaca Warna

Kaca warna biasa disebut sebagai kaca riben atau tinted glass.  Jenis kaca ini adalah kaca float yang diberi warna dan ditambahkan dengan sedikit logam pewarna. Dengan adanya warna pada kaca maka sifat tembus pandang kaca sudah pasti akan menjadi lebih rendah sehingga memberikan privasi yang lebih kepada para penghuninya. Jenis kaca yang satu ini banyak digunakan pada eksterior bangunan, baik itu untuk pintu, jendela ataupun curtain wall.

  1. Kaca Es

Kaca Es

Kaca es adalah kaca yang memiliki tekstur pola tertentu pada salah satu bagian sisinya. Karakter yang dimiliki oleh jenis kaca ini adalah dapat memberikan efek dekoratif, efek pencahayaan, efek pembayangan yang sangat menarik dan dapat mereduksi silau secara maksimal.

  1. Kaca Reflektif

Kaca Reflektif



Kaca reflektif adalah jenis kaca yang dapat memantulkan cahaya serta mereduksi sifat tembus pandang dari bagian luar. Inilah yang membuat kaca reflektif disebut dengan kaca one way. Lapisan kaca ini memiliki sifat yang dapat memantulkan panas dan cahaya, serta dapat memberikan tampilan yang terkesan sangat mewah pada bangunan.

  1. Kaca Tempered

Kaca Tempered

Secara singkat, kaca tempered merupakan salah satu jenis kaca yang mempunyai kekuatan sangat tinggi jika dibandingkan dengan jenis kaca pada umumnya. Dengan tingkat ketebalan yang sama, kekuatan kaca tempered bisa mencapai 3 hingga 5 kali lipat daripada kekuatan kaca lainnya.

Kaca ini memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap tekanan air, beban angin, benturan dan bahkan perubahan temperatur yang sangat tinggi atau thermal shock. Jenis kaca tempered ini juga jauh lebih aman. Sebab, jika kaca ini pecah maka akan menjadi butiran halus sehingga tidak akan membahayakan.

  1. Kaca Laminated

Kaca Laminated

Kaca laminated adalah jenis kaca bangunan yang memberikan keamanan dan perlindungan sangat tinggi terhadap para penghuni bangunan. Jika misalnya terjadi sesuatu yang mengakibatkan kaca ini pecah maka kaca laminated nantinya tidak akan berhamburan dan hancur. Tetapi kaca ini hanya akan mengalami retak dan sangat sulit sekali untuk bisa ditembus.

Karakteristik yang dimiliki oleh kaca laminated adalah pecahan kaca nantinya tidak akan bisa jatuh atau berhamburan, tetapi akan tetap melekat pada bagian filmnya, dan bahkan kaca masih terpasang dengan baik pada rangkanya.

Baca juga: Harga Etalase Kaca

Kelebihan Kaca

Sama dengan material bangunan yang lainnya, kaca juga memiliki banyak sekali kelebihan. Berdasarkan fungsinya, kelebihan yang dimiliki oleh material kaca adalah sebagai berikut:



Leave a Comment