Harga Atap Polycarbonate Per Meter Persegi

Harga Atap Polycarbonate Bening – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan mengenai atau Polycarbonate, mulai dari pengertian, fungsinya dalam konstruksi suatu bangunan, kelebihan dan kekurangan, daftar harga polycarbonate per meter, dan bahkan tips dalam memilih atap polycarbonate yang berkualitas.

Atap Polycarbonate

Polycarbonate dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan policarbonate adalah senyawa kimia yang ada dalam kelompok polimer termoplastik. Jenis atap bening yang satu pada umumnya banyak digunakan pada industri konstruksi, khususnya menjadi alternatif atap rumah.

Dalam pembahasan kali ini kita akan mencari tahu lebih dalam mengapa atap polycarbonate ini banyak diaplikasikan pada industri konstruksi bangunan, jika dilihat dari segi karakteristik dan kelebihannya. Informasi yang kami sampaikan ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin mencari atap rumah dengan kualitas terbaik.

Baca juga: RAB Renovasi Rumah Minimalis

Pengertian Polycarbonate

Pengertian Atap Polycarbonate

Atap polycarbonate adalah salah satu bahan bangunan yang berjenis thermoplastic polymer. Material ini mempunyai sifat yang sederhana dalam proses pengerjaan, mudah untuk dicetak, dan mudah sekali dibentuk dalam panas sehingga sering digunakan pada industri kimia.

Sifatnya yang ringan, transparan, dapat tahan lama, dan memiliki ketahanan cukup baik terhadap suhu ekstrim menjadikan atap polycarbonate salah satu bahan bangunan favorit yang dapat difungsikan sebagai material pengganti kaca.

Dalam industri konstruksi bangunan, atap Polycarbonate banyak digunakan sebagai atap atau kanopi rumah dan bisa juga untuk sambungan profil. Hal ini karena memang material Polycarbonae sangat baik dalam menahan panas, kuat dan memiliki tampilan yang menarik.

Jenis-Jenis Polycarbonate

Dilihat dari segi bentuknya, terdapat 4 jenis material Polycarbonate yang tersedia di pasaran, yaitu:

Polycarbonate Multiwall

Polycarbonate Multiwall. Polycarbonate jenis ini mempunyai struktur dengan bentuk rongga-rongga yang menggabungkan antar dua macam lapisan polycarbonate dan tidak bergelombang. Jenis atap polycarbonate multiwall mempunyai ketahanan yang cukup baik terhadap benturan dan bahkan bisa dibilang tidak akan bisa dipecahkan.

Polycarbonate Solid

Polycarbonate Solid. Polycarbonate solid mempunyai sturktur yang sangat tebal sama halnya dengan lembaran akrilik dan kaca dengan kontur datar.

Polycarbonate Corrugated

Polycarbonate Corrugated. Polycarbonate corrugated mempunyai struktur bergelombang dan hanya mempunyai satu lapisan tebal. Jenis atap Polycarbonate corrugated ini mempunyai tingkat kekuatan dan keawetan yang cukup tinggi. Disamping itu, polycarbonate solid memiliki bentuk yang sangat unik dan eksentrik.

Polycarbonate Corrugated Multiwall

Polycarbonate Corrutaged Multiwall. Atap polycarbonate multiwal jenis ini mempunyai struktur dengan bentuk rongga-rongga yang menggabungkan dua macam lapisan dan mempunyai kontur yang bergelombang.

Kelebihan Material Polycarbonate

Sebagai material konstruksi, seperti untuk atap atau kanopi, material polycarbonate mempunyai beberapa kelebihan, yaitu:

Kelebihan Material Polycarbonate

  1. Memiliki Durabilitas Tinggi

Jika membahas mengenai kekuatan, atap polycarbonate mempunyai durabilitas tinggi. Atap polycarbonate tahan terhadap segala macam kerusakan meskipun atap ini terkena bola yang memiliki berat 4 kg yang terjatuh secara langsung dari ketinggian 9,5 meter bahkan selama 3 kali berturut-turut.

Dengan kelebihan yang dimilikinya ini, polycarbonate sekarang ini juga banyak digunakan sebagai tameng polisi, jendela pada pesawat dan juga kebutuhan lain yang membutuhkan bahan material yang kuat terhadap benturan.

  1. Pemasangan yang Mudah

Kelebihan lain yang dimiliki atap polycarbonate adalah mudah sekali dalam proses pemasangannya. Hal ini karena atap ini mudah untuk dipotong dengan menggunakan berbagai macam peralatan sederhana seperti gerindra atau gergaji tangan. Selain itu, atap polycarbonate mudah untuk dibentuk lingkungan sehingga untuk masalah pemasangan nantinya dapat disesuaikan dengan keinginan Anda.

  1. Ramah Lingkungan

Sekarang ini, tren green building sudah sangat populer karena banyak sekali orang yang semakin peduli terhadap lingkungan. Nah, bagi Anda yang kini ingin menggunakan bahan material yang ramah lingkungan maka Anda bisa menggunakan atap polycarbonate.

Penggunaan atap polycarbonate merupakan salah satu pilihan terbaik dan sudah diakui oleh Greenship dengan ranting bangunan hijau. Lebih menariknya lagi, material polycarbonate dapat didaur ulang kembali tanpa mengalami penurunan kualitas.

  1. Memiliki Banyak Varian Warna

Atap polycarbonate mempunyai pilihan warna yang sangat banyak, warna material ini ada yang gelap dan ada juga yang cerah. Untuk pemilihan warna bisa Anda sesuaikan sendiri dengan warna cat dinding rumah Anda supaya nantinya tetap terlihat indah seirama.

Kekurangan Atap Polycarbonate

Kekurangan Atap Polycarbonate

Selain memiliki beberapa kelebihan yang kami sebutkan diatas, ternyata atap polycarbonate juga memiliki kekurangan. Adapun kekurangan atap polycarbonate adalah sebagai berikut:

  1. Harga mahal

Harga jual atap polycarbonate di pasaran sekarang ini ternyata masih sangat tinggi. Apabila Anda ingin membeli material untuk atap rumah dengan budget yang menipis maka sebaiknya Anda menghindari untuk memilih atap polycarbonate ini.

  1. Sulit Dibersihkan

Jika Anda suka menanam pepohonan yang menjulang tinggi dan wilayah Anda bisa dibilang sangat padat penduduk, Anda bisa menghindari penggunaan atap polycarbonate ini. Hal ini karena daun-daun pohon tersebut jatuh dan berserakan di atap maka dapat memicu tumbuhnya jamur dan lumut. Dengan demikian atap polycarbonate akan sulit sekali untuk dibersihkan.

Baca juga: Harga Atap Seng Galvalum

Harga Polycarbonate Per Meter Twinlite, Solid, Bening Lengkap

Harga Polycarbonate Per Meter

Merk Tebal Ukuran Harga (Rp.)
Twinlite 5 mm 2,1 m x 11,8 m 2.225.000,-
6 mm 2,1 m x 11,8 m 2.495.000,-
10 mm 2,1 m x 11,8 m 3.525.000,-
Lexan Easy Clean 6 mm 2,1 m x 11,8 m 2.775.000,-
X-Lite 4,5 mm 2,1 m x 11,8 m 1.325.000,-
Duromax 4,8 mm 2,1 m x 11,8 m 1.675.000,-
Solarlite 5 mm 2,1 m x 11,8 m 1.775.000,-
GE Carboron 5 mm 2,1 m x 11,8 m 1.875.000,-
6 mm 2,1 m x 11,8 m 2.200.000,-
Polykron 5 mm 2,1 m x 11,8 m 2.000.000,-
Global 4,2 mm 2,1 m x 11,8 m 1.250.000,-
4,5 mm 2,1 m x 11,8 m  1.400.000,-
De’Light 4 mm 2,1 m x 11,8 m 1.075.000,-
Harga Polycarbonate Sambungan Profil
Spesifikasi Barang Ukuran Harga
Profil “H” warna hitam untuk sambungan 6 m 75.800,-
Profil “H” warna putih untuk sambungan 6 m 68.500,-
Profil “U” warna putih/silver untuk sambungan 6 m 24.500,-
Profil “U” warna hitam untuk sambungan 6 m 31.500,-
Profil Omega warna putih untuk sambungan 6 m 47.500.-

Harga Polycarbonat Solarlite :

WARNA TEBAL 
(mm)
UKURAN 
(m2)
HARGA / LEMBAR (Rp.)
Clear 5 2.1 m x 11.8 m Rp. 2.100.000,-
Grey, Bronze, Green,
Blue, Opal
5 2.1 m x 11.8 m Rp. 1.950.000,-


Harga Polycarbonat Lexan Easy Clean :

WARNA TEBAL 
(mm)
UKURAN 
(m2)
HARGA / LEMBAR (Rp.)
Clear, Grey, Bronze,
Green, Blue
6 2.1 m x 11.8 m Rp. 3.150.000,-


Harga Polycarbonat X- Lite

WARNA TEBAL 
(mm)
UKURAN 
(m2)
HARGA / LEMBAR (Rp.)
Clear, Grey, Bronze,
Green, Blue, Opal
4.5 2.1 m x 11.8 m Rp. 1.500.000,-


Harga Polycarbonat X – Lite Crystalize :

WARNA TEBAL 
(mm)
UKURAN 
(m2)
HARGA / LEMBAR (Rp.)
Clear, Grey, Bronze,
Green, Opal
4.5 2.1 m x 11.8 m Rp. 1.650.000,-

 

 

Tips Memilih Atap Polycarbonate Berkualitas

Apabila Anda ingin membeli atap polycarbonate, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan supaya mendapatkan produk berkualitas. Berikut ini udhargabangunan.com akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat memilih atap polycarbonate.

Tips Memilih Atap Polycarbonate

  1. Kekuatan dan Daya Tahan

Untuk mengecek kekuatan dan daya tahan atap polycarbonate maka Anda bisa tekan lembaran atap tersebut dengan sangat kuat, jika misalnya terjadi penyok dan ada lendutan pada rongga Polycarbonate maka dapat dipastikan bahwa kualitas dari material polycarbonate tersebut kurang baik. Hal ini karena polycarbonate yang memiliki kualitas terbaik akan tahan terhadap benturan dan juga tekanan.

  1. Polycarbonate Sinar UV

Polycarbonate yang memiliki kualitas baik akan dilengkapi dengan lapisan UV protection. Lapisan ini dapat memantulkan panas, tetapi tetap akan menghantarkan panas. Bisa Anda cek dengan membawa lembaran polycarbonate ini dibawah panas matahari dan meletakkannya di atas kepala. Apabila terik matahari masih saja menyengat seperti tanpa menggunakan polycarbonate maka berarati kualitas material tersebut kurang bagus.

  1. Pilih Sesuai Kebutuhan dan Kesesuaian Warna

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa material polycarbonate memiliki banyak jenis dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. Maka dari itu, Anda bisa memilih jenis polycarbonate yang sesuai dengan kebutuhan.

Sama halnya dengan pemilihan warna, usahakan untuk memilih atap polycarbonate yang mempunyai warna yang senada jika dikombinasikan dengan warna dinding rumah Anda.

  1. Perhatikan Jaminan Garansi

Jaminan garansi juga penting untuk diperhatikan. Untuk kebutuhan pemakaian atap polycarbonate dalam jangka waktu yang cukup lama maka penting sekali untuk mempertimbangkan jangka waktu garansi yang diberikan apabila terjadi kerusakan yang bukan merupakan kesalahan dalam proses pemasangan. Hindari untuk melakukan pembelian lembaran polycarbonate yang tanpa dilengkapi dengan adanya garansi.

Leave a Comment