Harga Rak Minimalis Berbagai Bentuk Dan Bahan

Posted on

Rak Piring Kitchen Set – Piring adalah sebuah tempat untuk menaruh makanan supaya pemakainya lebih mudah dalam mengonsumsi makanan tersebut. Umumnya piring-piring tersebut akan ditempatkan di dalam dapur karena disana memang ada tempat khusus untuk mencuci dan menyimpan piring.



Rak Piring

Tempat untuk menyimpan piring-piring tersebut biasa disebut sebagai rak piring. Meskipun sepele, ternyata perabotan rumah tangga yang satu ini memiliki peran penting dalam dapur Anda. Dengan adanya piring maka Anda dapat menyimpan piring, gelas, dan juga sendok.

Rak piring sendiri memiliki banyak model mulai dari minimalis, klasik, sampai mewah. Apabila rumah Anda menggunakan konsep minimalis maka memilih rak piring minimalis merupakan pilihan yang tepat. Hal ini karena umumnya konsep minimalis seperti rak piring minimalis ini dikhususkan untuk ruangan yang tidak terlalu luas.

Fungsi Rak Piring Minimalis

Fungsi Rak Piring

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa rak piring memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan piring dan peralatan makan lainnya. Namun selain itu masih ada fungsi lainnya dari rak piring minimalis ini, yaitu:



  • Rak piring minimalis juga bisa menjadi penambah nilai estetika ruangan dapur.
  • Dengan menggunakan rak piring maka Anda bisa menyimpan peralatan makan dengan lebih rapi.
  • Mempercepat proses pengeringan piring dan peralatan makan yang lainnya setelah dicuci.

Berkat berbagai macam fungsinya tersebut, maka tak heran jika alat yang satu memang memiliki peran penting dan akan sangat cocok sekali jika digunakan di dapur rumah untuk memudahkan Anda dalam menyimpan peralatan makanan.

Baca Juga: Desain Dapur Minimalis Berbagai Ukuran

Cara Membuat Rak Piring Minimalis dengan Mudah

Tips Cara Membuat Rak Piring Minimalis

Rak piring minimalis memang akan membuat tampilan dapur Anda terlihat lebih rapi.  Tetapi jika Anda tertarik untuk membuatnya sendiri maka ada beberapa hal yang harus diketahui. Sehingga jika sudah jadi nanti bisa Anda jadikan sebagai sarana penyimpanan yang dekoratif dan efektif. Adapun tips cara membuat rak piring minimalis adalah sebagai berikut:

  1. Penting untuk diperhatikan bahwa Anda harus mengatur tinggi rak piring yang ingin dibuat. Buatlah sebuah rak piring minimalis yang mudah dijangkau dan enak dilihat. Dengan begitu akan memudahkan Anda dalam mengambil peralatan di rak tersebut.
  2. Sesuaikan rak piring minimalis dengan barang yang ingin disimpan dalam rak tersebut. Apabila barang yang ingin disimpan merupakan benda berat, maka sebaiknya memilih rak piring yang terbuat dari bahan material cukup kuat.
  3. Atur posisi dimana rak tersebut akan Anda tempatkan. Jika Anda ingin menempatkan rak piring dengan cara menempelkannya di tembok maka pastikan dinding tembok yang ingin dijadikan sebagai sandaran kokoh dan kuat. Sehingga rak piring Anda bisa menempel dengan kokoh dan sempurna.

Inspirasi Model Rak Piring Minimalis

  1. Rak Piring Cantik dengan Penampung Air

Rak Piring Cantik dengan Penampung Air



Ketika meniriskan air sesudah mencuci, tentunya Anda ingin terhindar dari kecelakaan yang bisa saja terjadi karena butiran air yang bersebaran di area dapur. Rak piring ini mungkin terkesan klasik tetapi didesain secara praktis yang dilengkapi dengan nampan untuk dapat menampung air.

Pada bagian salah satu nampan ada jalur kecil dimana air yang sudah tertampung nantinya akan mengalir langsung ke bak wastafel cuci piring. Selain itu, rak piring minimalis multifungsi ini juga bisa digunakan untuk menampung alat dapur yang lainya seperti peralatan makan.

  1. Rak Piring Tembaga

Model Rak Piring Tembaga

Model rak piring selanjutnya adalah rak piring tembaga yang dimana jenis rak piring yang satu ini memiliki banyak sekali peminatnya. Hal ini karena rak piring tembaga akan membuat tampilan dapur Anda terlihat menjadi mewah dan megah. Desain rak dengan tembaga ini bahkan bisa meningkatkan “derajat” sehingga dapur Anda akan terlihat berkelas.

  1. Rak Piring Minimalis Tinggi untuk Dapur Kecil

Rak piring tinggi untuk dapur kecil

Memiliki dapur dengan ukuran kecil memang menjadi tantangan tersendiri. Efisiensi ruang dapur sangat penting untuk diperhatikan dengan cara memilih berbagai macam furnitur serta peralatan dapur yang tidak membutuhkan banyak ruang. Sangat disarankan untuk menempatan rak piring di ruang vertikal.



Rak piring tingkat bisa Anda letakkan di atas wastafel cuci piring. Selain akan memudahkan dalam penirisan air sesudah dicuci, model rak piring minimalis ini mempunyai fungsi tambahan sebagai tempat menggantung alat dapur yang lainnya seperti spatula dan wajan. Dengan memanfaatkan ruang vertikal maka ruang penyimpanan alat dapur bisa diminimalisir sehingga dapur mini akan terasa lebih lega.

  1. Rak Dinding dari Kayu

Rak Dinding dari Kayu

Beralih ke model rak piring minimalis yang tidak konvensional, Anda bisa memanfaatkan rak dinding yang biasanya Anda gunakan sebagai pajangan untuk diubah menjadi rak piring. Merangkap sebagai rak untuk menempatkan berbagai macam peralatan makan, rak piring minimalis yang terbuat dari bahan kayu juga akan membawa kehangatan dan nuansa ke dalam dapur.

  1. Rak Piring Stainless Steel

Rak Piring Stainless Steel

Rak piring minimalis yang dibuat dari stainless steel akan membuat dapur Anda terlihat lebih elegan. Bahan material yang memiliki ketahanan terhadap karat ini merupakan material furnitur paling ideal untuk digunakan dalam dapur yang sangat rentan terhadap kelembaban serta temperatur yang drastis ketika memasak.

Meski terkesan minimalis tetapi rak piring ini terdiri dari beberapa sekat yang dapat Anda gunakan untuk memajang piring, gelas, sendok, dan lap. Selain itu juga dilengkapi dengan kait-kait yang bisa dimanfaatkan untuk menggantung cangkir, gunting, atau alat dapur yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *