Harga Pipa PVC Berbagai Ukuran, Besar Dan Kecil

Posted on


Harga Pipa PVC Berbagai Ukuran – Pipa Polyvinyl Chloride atau yang biasa disebut dengan PVC sekarang ini memang banyak digunakan sebagai pengganti pipa besi. Hal ini dikarenakan pipa PVC terkenal sangat ringan, ekonomis, anti karat dan pastinya lebih mudah dalam hal intalasi jika dibandingkan dengan pipa besi.



Harga Pipa PVC

Pipa PVC yang dijual di pasaran tersedia dalam berbagai macam merk, seperti Wavin, Rucika, Maspion, Intilon dan lainnya. Harganya sendiri juga sangat beragam mulai dari puluhan ribu hingga mencapai jutaan rupiah, tergantung dari ukuran dan juga jenisnya.

Pengertian dan Proses Produksi Pipa PVC

Proses Produksi Pipa PVC

Pipa PVC adalah sebuah pipa yang dibuat dari bahan dasar plastik dan beberapa kombinasi bahan vinyl yang lainnya. Jenis pipa ini tak kalah bagus kualitasnya jika dibandingkan dengan pipa besi karena mempunyai sifat yang mampu tahan lama, tidak mudah rusak dan anti karat. Maka dari itu, jenis pipa PVC seringkali digunakan dalam sistem irigasi (perairan) dan juga sebagai pelindung kabel.

Proses produksi pipa PVC menggunakan cara polimerisasi monomer vinil klorida (CH2 = CHCL). Untuk 57% persen massanya adalah klor, PVC merupakan polimer yang memanfaatkan bahan dasar minyak bumi paling rendah daripada polimer yang lainnya. Pada umumnya menggunakan proses produksi polimerisasi suspensi.

Baca juga: Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik

Keunggulan Pipa PVC

Semua jenis produk pipa kini sudah semakin bertambah, begitu halnya dengan jenis thermoplastik. Namun meski sudah banyak sekali produk thermoplastik baru, masyarakat lebih cenderung untuk memilih pipa PVC. Karena menjadi pilihan utama maka sudah pasti pipa PVC mempunyai banyak keunggulan dalam penggunaannya. Adapun keunggulan yang dimiliki oleh PVC adalah sebagai berikut:

Keunggulan Pipa PVC

  1. Instalasi Mudah

Jika dibandingkan dengan pipa galvanis, pipa besi, dan jenis metal yang lainnya, pipa PVC yang dibuat dari bahan thermoplastik bisa dibilang jauh lebih mudah prosedur instalasinya. Dengan bobot yang sangat ringan dan mudah dalam pemotongan, maka pipa PVC tidak akan membutuhkan biaya yang cukup mahal ketika instalasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *