Model Desain Plafon Gypsum Rumah Minimalis

Desain Plafon – Plafon merupakan salah satu elemen yang memiliki peran penting dalam desain rumah, sehingga penggunaan model plafon harus sesuai dengan desain interior rumah tersebut. Ada banyak sekali jenis plafon rumah yang tersedia di pasar dengan keunggulan dan kekurangan masing.

 plafon gypsum

Salah satu jenis plafon yang biasa dijadikan sebagai pilihan utama adalah plafon gypsum. Hal ini karena plafon gypsum  memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan jenis plafon yang lainnya. Plafon gypsum sendiri merupakan semacam langit-langit rumah yang mempunyai model desain yang sangat unik dan bahkan bisa dibilang menakjubkan. Saat ini model plafon gypsum banyak digunakan pada rumah yang memiliki desain minimalis.

Manfaat Plafon Gypsum

manfaat plafon gypsum

Plafon gypsum dalam setiap tahunnya semakin mengalami perkembangan. Dulunya memang memiliki desain yang monoton dan begitu saja, tetapi sekarang ini desainnya sudah sangat bervariasi. Menariknya lagi bisa disesuaikan sendiri dengan keinginan para konsumen. Selain itu, plafon gypsum ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Adapun manfaat plafon gypsum untuk rumah minimalis adalah sebagai berikut:

  1. Merapikan Kontruksi Rumah

Kontruksi rumah akan terlihat sempurna jika langit-langit rumah dilengkapi dengan plafon gypsum. Jenis plafon ini akan memberikan efek rumah minimalis yang nyaman dan rapi. Hal ini bisa Anda lihat dengan rumah yang tidak dipasang plafon gypsum, genteng rumah akan terlihat jelas dan rumah terlihat kurang elegan. Suasana rumah pun akan terasa hambar.

  1. Rumah Bebas dari Kotoran dan Debu

Rumah yang tidak dilengkapi dengan plafon gypsum akan menjadi cepat kotor dan berdebu. Hal ini karena kotoran yang berasal dari luar akan masuk dengan mudah melalui celah-celah genteng. Selain membuat Anda capek untuk membersihkan rumah, perabotan yang lainnya pun juga akan menjadi cepat kotor seperti lemari, kursi, dan lainnya.

Sebaiknya Anda memasang plafon gypsum di rumah jika memang tidak ingin perabotan-perabotan yang lainnya menjadi kotor atau rusak. Namun jika And tidak ingin memasang plafon gypsum dalam rumah, Anda harus rajin membersihkan barang yang terkena debu supaya selalu terlihat bersih.

  1. Membuat Rumah Terlihat Elegan

Plafon Gypsum Membuat Rumah Terlihat Elegan

Rumah yang dipasangi plafon gypsum akan terlihat sangat menawan dan berbeda dengan rumah pada umumnya. Selain itu, Anda juga bisa memilih desain sendiri sesuai keinginan seperti misalnya desain yang unik. Bahkan juga bisa Anda kombinasikan warnanya sehingga akan membuat suasan dalam rumah semakin menyenangkan.

Kelebihan Plafon Gypsum

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh plafon gypsum jika dibandingkan dengan jenis plafon yang lainnya. Berikut adalah beberapa kelebihan atau keunggulan yang dimiliki oleh jenis plafon gypsum:

Kelebihan plafon gypsum

  1. Harga Terjangkau

Dalam membeli apapun, tentu yang harus dipertimbangkan pertama kali adalah masalah harga. Plafon gypsum ini memiliki harga yang sangat murah jika dibandingkan dengan jenis plafon rumah lainnya. Namun Anda tidak perlu khawatir masalah kualitasnya, meskipun murah tetapi kualitas yang diberikan oleh plafon gypsum ini super mewah.

  1. Tersedia dalam Banyak Motif

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh plafon gypsum sehingga diminati oleh banyak orang adalah karena memiliki banyak motif dan ukuran. Anda bisa memilih sendiri plafon gypsum yang memiliki motif polos sampai dengan motif mewah atau rumit. Untuk motifnya sendiri bisa Anda pesan sesuai dengan keinginan Anda sehingga akan senada dengan interior rumah.

  1. Dapat dijadikan Bentuk Bertingkat

Selain memiliki desain dan motif yang beragam, plafon gypsum juga memiliki bentuk yang sangat beragam seperti bentuk bertingkat atau yang biasa disebut dengan dorp up ceiling. Bahkan banyak juga pengguna yang mengubah jenis plafon gypsum ini untuk menjadi bentuk kubah dan banyak lagi bentuk yang lainnya.

  1. Perawatan yang Sangat Mudah

Jika Anda ingin menggunakan plafon gypsum, maka Anda tidak perlu bingung lagi masalah biaya perawatan dalam jumlah besar dan cara yang cukup sulit. Jika misalnya terjadi kerusakan maka Anda tidak perlu untuk mengganti seluruh bagian, Anda cukup mengganti satu bagian yang sudah rusak saja.

Kekurangan Plafon Gypsum

Selain memiliki banyak kelebihan, ternyata plafon gypsum juga tak luput dari kekurangan. Adapun kekurangan plafon gypsum jika dibandingkan dengan jenis plafon yang lainnya adalah sebagai berikut:

Kekurangan Plafon Gypsum

  1. Tidak Anti Air

Bahan material ini tidak tahan terhadap air sehingga kurang cocok jika digunakan pada wilayah dengan curah hujan cukup tinggi. Jika Anda masih ingin menggunakannya maka gunakanlah plafon gypsum yang mempunyai label water resistance supaya daya tahannya  lebih baik.

  1. Mudah Kusam

Resiko lainnya jika plafon gypsum selalu terkena air adalah munculnya jamur. Dengan munculnya jamur ini sudah pasti akan membuat tampilan plafon terlihat kusam. Maka solusi yang tepat adalah dengan menempatkan plafon gypsum pada tempat yang tidak lembab ataupun terkena air.

  1. Sensitif Terhadap Benturan

Resiko lainnya saat menggunakan plafon gypsum adalah kerusakan yang bisa ditimbulkan nantinya cukup besar. Bahkan hanya dengan benturan kecil saja bisa membuat plafon gypsum retak dan patah.

Baca Juga: Harga Gypsum Board Per Lembar

Model Plafon Gypsum Rumah

  1. Plafon Gypsum Mewah untuk Rumah Kontomeporer

Plafon Gypsum Mewah untuk Rumah Kontomeporer

Sebuah rumah dengan desain kontemporer umumnya mempunyai atmosfer hangat dan dingin sekaligus. Untuk tone warna yang digunakan juga seragam dan netral. Dengan adanya tampilan yang sleek, hampir tidak pernah dijumpai ornamen dekoratif pada ruangan dengan konsep kontemporer. Kehadiran plafon gypsum dengan pola elegan akan memberikan sentuhan yang artistik pada rumah kontemporer Anda.

  1. Model Plafon Gypsum Elegan untuk Rumah Minimalis

Model Plafon Gypsum Elegan untuk Rumah Minimalis

Siapa bilang rumah dengan desain minimalis hanya akan cocok jika tampil polos? Tidak selalu demikian, Anda bisa memberikan sentuhan artistik melalui kehadiran model plafon gypsum elegan ini. Plafon ini memiliki motif dengan ukuran sederhana yang dikombinasikan dengan lighting pada beberapa area sehingga menciptakan kesan yang hanya, apalagi jika perabotan di ruangan tidak begitu banyak.

  1. Model Plafon Gypsum untuk Ruangan Berdesain Vintage

Model Plafon Gypsum untuk Ruangan Berdesain Vintage

Konsep desain vintage umumnya dilengkapi dengan perabotan klasik yang mempunyai nilai artistik. Sebagian besar perabotannya memiliki warna perak atau sedikit keemasan untuk sedikit menonjolkan kesan klasik.

Model plafon gypsum dengan corak ukiran berwarna abu pada sisi-sisinya akan semakin mempertegas kesan vintage yang ada di dalam rumah Anda. Anda bisa menambahkan lampu kristal dengan nuansa kuno supaya langit-langi ruangan terlihat lebih berkarakter.

  1. Plafon Gypsum Elegan untuk Rumah Minimalis berdesain Rustic

Plafon Gypsum Elegan untuk Rumah Minimalis berdesain Rustic

Desain rustic sangat identik dengan kesan alami serta tradisional. Konsep desain yang satu ini diambil dari rumah-rumah yang berada di wilayah pedesaan Eropa. Biasanya perabotan dan flooring rumah dengan desain rustic didominasi dengan material kayu.

Tetapi Anda juga bisa menambahkan sedikit sentuhan mewah dengan adana model plafon gypsum elegan. Anda bisa memadukannya dengan sentuhan ukiran yang memiliki warna alai untuk membuat ruangan dalam rumah terlihat lebih serasi.

Leave a Comment