Harga Exhaust Fan Plafon Dan Dinding


Exhaust Fan Plafon Dan Dinding – Salah satu ciri-ciri rumah sehat adalah adanya sirkulasi udara yang lancar dan bersih. Begitu sebaliknya, udara yang terperangkap di dalam rumah sudah pasti akan membawa banyak masalah kesehatan bagi para penghuni rumah seperti flu, alergi, asma, dan lain sebagainya.



Tidak hanya masalah kesehatan saja, sirkulasi udara yang tidak lancar juga bisa menjadi penyebab munculnya jamur dan rayap, bahkan bisa menimbulkan kerusakan pada dinding rumah dan furnitur. Untuk dapat mencegah beberapa masalah tersebut, dalam setiap rumah harus mempunyai sistem sirkulasi udara yang baik.

Exhaust Fan Plafon Dan Dinding

Untuk menciptakan sirkulasi udara yang baik bisa dilakukan dengan memberikan banyak jendela pada rumah. Tetapi jika memang kondisi sangat tidak memungkinkan untuk membuat banyak jendela, maka memasang exhaust fan di dalam rumah bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Exhaust fan akan membantu untuk menyalurkan udara yang bersih sehingga para penghuni rumah nantinya bisa menghirup udara segar setiap saat dan juga akan terhindar dari udara kotor yang terkontaminasi.

Sekilas Tentang Exhaust Fan

Exhaust fan adalah sejenis kipas angin yang tidak hanya menghasilkan udara saja, tetapi juga berfungsi untuk mengatur sirkulasi dalam ruangan supaya tetap bersih dan segar. Alat yang satu ini akan membantu untuk menyegarkan udara kotor dalam ruangan kemudian menggantinya dengan udara yang bersih.



Selain itu, jenis kipas angin yang juga biasa disebut sebagai kipas penyedot ini dapat mengusir panas dalam ruangan. Karena memang mempunyai fungsi sebagai pengusir panas, exhaust fan bahkan juga bisa membantu untuk menjaga kelembaban dalam ruangan agar selalu stabil.

Cara Kerja Exhaust Fan

Berikut ini adalah cara kerja exhaust fan:

Cara Kerja Exhaust Fan

  1. Cara kerja exhaust fan adalah dengan menyedot atau menghisap udara secara langsung. Berbeda halnya dengan kipas angin biasa yang hanya bisa menghasilkan angin saja.
  2. Setelah menyedot langsung udara dalam ruangan yang telah terkontaminasi, exhaust fan kemudian akan mengalirkan udara kotor yang telah terhisap tersebut lalu membuangnya ke luar ruangan.
  3. Dengan adanya proses penyedotan dan pembuangan udara kotor ini tentunya akan membuat kualitas udara yang berada di dalam ruangan menjadi lebih baik. Sebab, volume udara kotor di dalam ruangan sudah berkurang.
  4. Selanjutnya udara bersih yang berasal dari luar ruangan akan mulai masuk ke dalam ruangan dengan melalui lubang ventilasi serta menggantikan udara kotor yang sudah terhisap. Proses ini akan terjadi hingga berulang kali selama ruangan terpasang exhaust fan.

Baca Juga: Model Desain Plafon Minimalis

Jenis- Jenis Exhaust Fan

Exhaust fan terdiri dari beberapa macam jenis, maka dari itu sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu variasi exhaust fan agar bisa memasangnya di ruangan yang tepat.



  1. Exhaust Fan Langit-Langit

Exhaust Fan Langit-Langit

Apabila Anda mempunyai kamar yang berada di lantai atas yang membutuhkan sirkulasi udara yang lebih lancar, maka jenis exhaust fan yang terpasang di plafon merupakan pilihan yang tepat. Kipas penyedot ini biasa dipasang pada langit-langit ruangan yang dimana akan mengeluarkan udara di dalam lewat lubang di langit-langit.

  1. Exhaust Fan Dinding

Exhaust Fan Dinding

Model exhaust fan dinding paling banyak dijumpai di Indonesia, model ini memiliki proses pemasangan yang cukup sederhana. Dengan cara kerja yang sangat simple, jenis ini mampu menghilangkan udara kotor, bau dan juga pengap dengan cara membuangnya secara langsung ke luar rumah tanpa perlu memasang saluran pipa.

  1. Exhaust Fan Jendela

Exhaust Fan Jendela

Untuk selalu menjaga kesegaran udara di dalam kamar, ruangan tamu maupun ruang keluarga maka Anda bisa menggunakan jenis exhaust fan untuk dipasang di jendela rumah. Model ini bisa Anda pasangkan pada jendela kaca yang memiliki ketebalan mulai dari 3 sampai 7 mm dan menghadap ke area terbuka agar udara bau dan kotor dari dalam ruangan akan langsung dibuang keluar.



Sedangkan jika Anda memasang alat ini pada suatu ruangan yang tidak berhadapan secara langsung ke area terbuka, pastikan bahwa untuk pemasangannya harus berhadapan pada ruangan yang memiliki ukuran lebih besar.

  1. Inline Exhaust Fan

Inline Exhaust Fan

Inline exhaust fan ini berbeda dengan tipe yang lainnya karena memiliki beberapa komponen yakni saringan luar, saringan dalam, kipas penyedot, dan juga pipa. Tujuannya adalah untuk dapat menghisap uap air serta udara kotor langsung dari suatu ruangan yang tidak memiliki akses ke ruangan terbuka pada luar bangunan.

  1. Exhaust Fan dalam Cooker Hood

Exhaust Fan dalam Cooker Hood

Model exhaust fan ini bisa Anda pasangkan tepat di atas alat memasak seperti kompor. Model yang satu  ini bekerja dengan sangat kuat untuk dapat menyingkirkan uap, asap, dan bau yang dihasilkan dari kegiatan masak memasak di dalam dapur dan bisa memaksimalkan kinerja exhaust fan pada bagian dinding atau plafon agar asap yang kotor bisa lebih cepat dihilangkan.

Exhaust Fan Plafon dan Dinding : Mana yang Terbaik?

Memang ada banyak jenis exhaust fan yang beredar di pasaran. Namun jika dilihat dari tempat pemasangannya, exhaust fan memiliki dua macam yakni exhaust fan plafon (roof mounted ventilation fan) dan exhaust fan dinding (wall mounted ventilation fan).

Keduanya sudah pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jika diharuskan memilih, manakah diantaranya yang merupakan exhaust fan paling terbaik dipasang di dalam rumah? Untuk menjawabnya maka Anda harus memahami terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan dari kedua jenis exhaust fan ini.

Kelebihan dan Kekurangan Exhaust Fan Plafon

Kelebihan dan Kekurangan Exhaust Fan Plafon

Kelebihan : Memiliki tampilan yang lebih indah dan estetik, karena pemasangannya bisa disamarkan dengan bentuk plafon. Selain itu juga sangat efektif dalam mengeluarkan udara panas. Hal ini karena posisinya berada paling tinggi, sedangkan hawa panas  sendiri akan selalu bergerak ke arah atas. Sehingga udara didalam ruangan akan menjadi lebih dingin. Exhaust fan plafon bisa dipasang dalam semua ruangan.

Kekurangan : Dapat membebani struktur plafon rumah, oleh karenanya rangka plafon harus cukup kuat. Exhaust fan ini juga dianggap lebih berisik apabila pemasangannya kurang pas.



Leave a Comment