Harga Turbin Ventilator Atap Rumah Tinggal


Turbin Ventilator Cyclone –  Turbin ventilator merupakan sejenis ventilasi udara yang dimana fungsinya hampir sama dengan exhaust fan atau roof fan. Jadi bisa dibilang bahwa turbin ventilator adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghisap udara panas, debu dan juga sebagai ventilasi untuk melancarkan sirkulasi udara.



Dulunya turbin ventilator lebih banyak digunakan di berbagai bangunan besar seperti pabrik-pabrik dan gedung olahraga. Namun belakangan ini sudah ada turbin ventilator yang memiliki ukuran kecil yang dibuat khusus untuk bangunan rumah.

Turbin Ventilator

Bentuk turbin ini sangat mirip dengan jamur maupun bawang bombay yang memiliki sirip-sirip vertikal yang dipasang menonjol pada bagian atap rumah.

Manfaat Turbin Ventilator

  1. Mengatasi Masalah Udara

Manfaat Turbin Ventilator

Fungsi utama dari turbin ventilator atap rumah adalah untuk mengatasi berbagai macam masalah udara. Dalam kehidupan sehari-hari sudah pasti kita tidak terlepas dari berbagai macam masalah udara seperti pengap, panas dan bahkan udara kotor dalam ruangan. Berbagai masalah tersebut tentu akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan tubuh manusia.



Namun berbagai masalah tersebut memang bisa diatasi dengan sangat mudah oleh turbin ventilator. Hal ini dikarenakan turbin ventilator akan digunakan sebagai tempat sirkulasi udara sehingga akan menjadi lebih lancar dan aman. Bahkan kelembaban di setiap ruangan akan selalu stabil dan terjaga.

  1. Ramah Lingkungan

Meskipun turbin ventilator memiliki fungsi untuk dapat mengeluarkan kotoran, tetapi alat ini sangat ramah terhadap lingkungan. Sebab, sistem kerja turbin ventilator adalah mengundang angin untuk masuk ke dalam ruangan. Setelah itu, udara panas yang terdapat di dalam rumah akan dibuang dan digantikan dengan udara segar yang bisa masuk karena turbin.

Dengan demikian maka dapat dipastikan bahwa ruangan di dalam rumah akan terasa jauh leih sejuk tanpa takut mencemari lingkungan karena memang semuanya akan dilakukan senatural mungkin melalui bagian sirip-sirip turbin.

  1. Hemat Energi dan Biaya

Manfaat Turbin Ventilator Hemat Energi dan Biaya



Banyaknya manfaat yang diberikan mungkin akan membuat Anda berpikir bahwa harga turbin ventilator bisa dibilang cukup mahal. Padahal pemasangan alat turbin ventilator ini tidak akan membutuhkan biaya yang cukup mahal. Terlebih untuk pemakaiannya bisa selama 24 jam non stop.

Anda hanya perlu menyiapkan budget untuk pembelian serta proses pemasangannya saja apabila Anda tidak bisa memasangnya sendiri. Sedangkan untuk biaya perawatan nantinya biasanya bebas atau maintenance free.

Bahkan cara pengaplikasiannya juga tidak membutuhkan listrik untuk dapat menghidupkan alat. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk kenyamanan dan kesejukan ruangan.

  1. Mudah dalam Pemasangan dan Dapat Digunakan Pada Berbagai Jenis Atap

Dilihat dari fungsinya, turbin ventilator sudah jelas akan sangat membantu masyarakat. Terutama bagi masyarakat yang tinggal di wilayah tropis yang tentunya udara panas disana akan semakin meningkat. Untuk pemasangat turbin ini sendiri sangat mudah sekali dan tidak ribet.

Bahkan untuk pengaplikasiannya mudah untuk digunakan pada jenis atap rumah apapun. Begitu halnya dengan kemiringan atap yang dapat disesuaikan sehingga akan lebih mudah dan fleksibel.

Baca Juga: Harga Aluminium Foil Untuk Atap

Cara Kerja Turbin Ventilator

Cara Kerja Turbin Ventilator



Cara kerja turbin ventilator adalah berputar hanya dengan memanfaatkan hembusan angin yang bahkan lemah sekalipun, tetapi juga mampu untuk menahan angin yang berkepatan tinggi. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa turbin ventilator tidak akan membutuhkan daya listrik karena cara bekerjanya hanya menggunakan tenaga angin.

Bagian turbin akan memutar dan membuat udara yang berada di dalam rumah tersedot keluar. Turbin ventilator juga bisa berputar secara otomatis karena dorongan naik dari udara di luar, yang jauh lebih berat, terhadap udara sangat panas yang lebih ringan, dalam suatu ruangan, dengan melalui bagian sirip-sirip vertikalnya.

Sirip-sirip tersebut akan terus mengalami perputaran walaupun tiupan angin sangat lemah. Model siripnya sudah dibentuk secara khusus sehingga juga mampu untuk menghalangi air ketika hujan.

Cara Pemasangan Turbin Ventilator yang Baik dan Benar

Cara Memasang Turbin Ventilator

Pemasangan turbin ventilator harus dilakukan oleh ahlinya jika memang Anda tidak bisa memasangnya sendiri. Tetapi kami disini akan menjelaskan sedikit mengenai bagaimana cara pemasangan turbin ventilator yang cukup mudah untuk diikuti sehingga bisa Anda lakukan sendiri.

  1. Mengukur Kemiringan Atap

Mengukur Kemiringan Atap Untuk Memasang Turbin Ventilator

Penting untuk diperhatikan dalam pengukuran kemiringan atap, sebab turbin ventilator tidak diperbolehkan untuk dipasang dalam posisi yang miring. Kemiringan atap harus diukur terlebih dahulu supaya ketika pengguntingan cerobong nantinya dilakukan maka sisi cerobongnya koheren dengan kemiringan atap. Tujuannya adalah supaya tidak menimbulkan kemiringan ketika dipasang.

  1. Menggunting Cerobong Menyesuaikan Kemiringan Atap

Gunting bagian cerobong serta sesuaikan dengan sudut derajat kemiringan atap rumah. Anda harus pastikan bahwa proses penggunting dilakukan secara akurat.

  1. Buat Lubang Pada Bagian Samping Cerobong

Setelah pengguntingan sudah selesai dilakukan, buatlah lubang tepat di bagian samping cerbong. Anda bisa menggunakan paku sumbat untuk dapat menutup alas cerobong pada bagian sisi yang sudah dilubangi.

  1. Buat Lubang pada Bagian Atap

Buatlah lubang pada bagian atap bangunan sebagai tempat untuk keluar masuknya udara.

  1. Pemasangan Cerobong di Bagian Atap

Pemasangan Cerobong di Bagian Atap

Pasang cerobong pada bagian atap yang sudah diberi lubang. Berikan paku sumbat pada semua bagian sisi cerobong. Jangan sampai lupa untuk menggunakan lem sealent pada bagian sisi cerobong supaya tidak mengalami kebocoran.



Leave a Comment